Friday, June 1, 2018

TUGAS AKHIR



UJIAN AKHIR SEMESTER

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Akhir Mata Kuliah Pembelajaran Komputer Untuk AUD
Dosen Pengampu : Finita Dewi M.A



Oleh :
      Tia Meilia                    (1500194)
                     6A PG-PAUD





PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA  DINI
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
KAMPUS PURWAKARTA
2018


Pemanfaatan teknologi komputer sangat penting diterapkan dalam proses pembelajaran untuk anak usia dini. Tekhnologi dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran yang dapat berupa media visual, media audio visual,permainan edukatif yang bervariatif, dll. Pemanfaatan tekhnologi dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang akan memberikan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan untuk anak usia dini, tampilan tekhnologi yang modern memberikan kesan menarik untuk anak, sehingga anak lebih antusias dalam proses pembelajaran.

Mata kuliah pembelajaran komputer untuk anak usia dini sangat bermanfaat untuk dipelajari bagi calon pendidik/guru. Mata kuliah ini memaparkan tentang pemanfaatan tekhnologi yang dapat digunakan dan dimanfaatkan di dalam ranah pendidikan sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini. Dalam hal ini guru menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran. Selain manfaat yang akan dirasakan oleh calon pendidik, manfaat lain juga dirasakan oleh anak usia dini, anak menjadi lebih aktif dalam melangsungkan proses pembelajaran.

Materi pembelajaran komputer untuk anak usia dini membahas tentang pembuatan game dengan menggunakan Power Point, membuat Memory Game, Matchimng Game, Analisis Website Games dan media visual. Pembuatan setiap tugas memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda dan membutuhkan waktu untuk mengerjakannya, pemilihan tema yang disesuaikan dengan ranah pendidikan anak usia dini sangat penting dalam pembuatan media pembelajaran tersebut. Pembelajaran tentang tekhnologi yang masih ingin dipelajari adalah jenis-jenis media audio visual yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran anak usia dini.

Pemanfaatan tekhnologi dalam proses pembelajaran untuk anak usia dini harus mendapatkan pengawasan dan bimbingan dari orang tua dan guru. Selain memiliki dampat yang positif rang tua dan guru harus memahami bahwa teknologi pula memiliki dampak yang negatif. Penggunaan tekhnologi harus digunakan kebutuhan yang diperlukan tidak boleh digunakan secara berlebihan nkarena akan memiliki dampak negatif untuk kesehatan.

A.    TUGAS AKHIR

Tugas akhir yang dipilih berupa media visual dan Membuat video ide penelitian (skripsi) – Pemanfaatan teknologi digital untuk pembelajaran di PAUD. Pemilihan yang pertama berupa media visual berlandaskan karena media visual dengan menggunakan Canva sangat menarik untuk digunakan di dalam kelas, karena memiliki gambar yang menarik, rapih dan memiliki warna yang cerah dan jelas, sehingga tampilan gambar dari media visual tersebut terlihat sangat menarik. Pemilihan tugas yang kedua berupa Membuat video ide penelitian (skripsi) – Pemanfaatan teknologi digital untuk pembelajaran di PAUD berlandaskan alasan karena fenomena yang terjadi di lingkungan pendidikan anak usia dini yaitu masih dirasa kurangnya media pembelajaran yang berbasis tekhnologi yang akan menghambat perkembangan aspek-aspek perkembangan yang harus dicapai oleh anak. Hal ini memotivasi saya untuk mengembangkan dan memanfaatkan media tekhnologi sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini. Pengumpulan tugas yang kedua berupa ide skripsi dikirimkan via email kepada Dosen Pengampu Mata Kuliah : Finita Dewi M.A @finita@upi.edu
Video Ide Penelitian (PENGARUH MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF BERFIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN) 
https://youtu.be/Im6hdnmSpq4




Gambar 1.1
(Media Visual Jadwal Sentra Pembelajaran)

Tuesday, May 29, 2018

Nama  : Di Via Delvia
Kelas  : 6A PGPAUD
NIM   : 1507331

Untuk projek yang saya kumpulkan adalah projek media ajar visual untuk anak usia dini yang berisi tentang mengenalkan bagian-bagian pohon. Dan untuk projek UAS saya juga memilih media ajar visual.
Kenapa saya memilih ke dua projek tersebut, yang pertama karena media ajar visual sangan penting  dalam proses belajar, media visual dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan. Visual dapat pula menumbuhkan minat siswa dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata. Media visual juga berguna untuk memperjelas lambang verbal memungkinkan para siswa lebih mudah memahami makna pesan yang dibicarakan dalam proses pengajaran. Adapun keuntungan yang lain dalam media ajar visual ini ialah menarik, variatif, dan dapat melibatkan anak untuk membuat ataupun menggunakannya.
Kesan saya mengikuti mata kuliah ini ialah kuliah ini sangat menarik, sangat membantu untuk membuat sebuah media belajar berbasis computer, dosennya sangan enjoy, ramah, dan baik. Adapun untuk pesan ialah kalau bisa mata kuliah ini diperbanyak sks nya karena seiring dengan perkembangan zaman bahwa tekhnologi semakin canggih.
Setelah mendapatkan mata kuliah ini, kedepannya saya ingin mengeksplore aplikasi canva, ingin mengeksplore aplikasi-aplikasi yang membantu untuk membat media belajar khususnya anak usia dini, ingin membuat vlog mengenai pendidikan anak usia dini.







Projek Pertaman ( Tugas ) :
           
Projek Kedua ( UAS )
- Sampah Organik
             
Link : https://drive.google.com/file/d/1ax-H40Is8OyyInE1GjLxUDrpI3XzCbqV/view?usp=sharing


- Sampah An – Organik


Link : https://drive.google.com/file/d/12FR3VIc3ZZwsTH1XsABldXXWPmc0om2N/view?usp=sharing


















Jika disatukan :


Link  : https://drive.google.com/file/d/10ZYErQ_5Z5jh9b6W46U_nJt_eM2R1X68/view?usp=sharing