UJIAN AKHIR SEMESTER
Diajukan Untuk
Memenuhi Tugas Akhir Mata Kuliah Pembelajaran Komputer Untuk AUD
Dosen Pengampu : Finita Dewi M.A
Dosen Pengampu : Finita Dewi M.A
Oleh :
Tia Meilia (1500194)
6A PG-PAUD
PENDIDIKAN GURU
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
UNIVERSITAS
PENDIDIKAN INDONESIA
KAMPUS PURWAKARTA
2018
Pemanfaatan teknologi komputer sangat
penting diterapkan dalam proses pembelajaran untuk anak usia dini. Tekhnologi
dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran yang dapat berupa media visual,
media audio visual,permainan edukatif yang bervariatif, dll. Pemanfaatan
tekhnologi dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang akan memberikan
pengalaman pembelajaran yang menyenangkan untuk anak usia dini, tampilan
tekhnologi yang modern memberikan kesan menarik untuk anak, sehingga anak lebih
antusias dalam proses pembelajaran.
Mata kuliah pembelajaran komputer
untuk anak usia dini sangat bermanfaat untuk dipelajari bagi calon
pendidik/guru. Mata kuliah ini memaparkan tentang pemanfaatan tekhnologi yang
dapat digunakan dan dimanfaatkan di dalam ranah pendidikan sebagai media pembelajaran
untuk anak usia dini. Dalam hal ini guru menjadi lebih kreatif dan inovatif
dalam proses pembelajaran. Selain manfaat yang akan dirasakan oleh calon
pendidik, manfaat lain juga dirasakan oleh anak usia dini, anak menjadi lebih
aktif dalam melangsungkan proses pembelajaran.
Materi pembelajaran komputer untuk
anak usia dini membahas tentang pembuatan game dengan menggunakan Power Point, membuat
Memory Game, Matchimng Game, Analisis Website Games dan media visual. Pembuatan
setiap tugas memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda dan membutuhkan waktu
untuk mengerjakannya, pemilihan tema yang disesuaikan dengan ranah pendidikan
anak usia dini sangat penting dalam pembuatan media pembelajaran tersebut.
Pembelajaran tentang tekhnologi yang masih ingin dipelajari adalah jenis-jenis
media audio visual yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran anak usia dini.
Pemanfaatan tekhnologi dalam
proses pembelajaran untuk anak usia dini harus mendapatkan pengawasan dan bimbingan
dari orang tua dan guru. Selain memiliki dampat yang positif rang tua dan guru
harus memahami bahwa teknologi pula memiliki dampak yang negatif. Penggunaan
tekhnologi harus digunakan kebutuhan yang diperlukan tidak boleh digunakan
secara berlebihan nkarena akan memiliki dampak negatif untuk kesehatan.
A.
TUGAS AKHIR
Tugas akhir yang dipilih berupa
media visual dan Membuat video ide penelitian (skripsi) – Pemanfaatan teknologi
digital untuk pembelajaran di PAUD. Pemilihan yang pertama berupa media visual
berlandaskan karena media visual dengan menggunakan Canva sangat menarik untuk
digunakan di dalam kelas, karena memiliki gambar yang menarik, rapih dan
memiliki warna yang cerah dan jelas, sehingga tampilan gambar dari media visual
tersebut terlihat sangat menarik. Pemilihan tugas yang kedua berupa Membuat
video ide penelitian (skripsi) – Pemanfaatan teknologi digital untuk
pembelajaran di PAUD berlandaskan alasan karena fenomena yang terjadi di
lingkungan pendidikan anak usia dini yaitu masih dirasa kurangnya media
pembelajaran yang berbasis tekhnologi yang akan menghambat perkembangan
aspek-aspek perkembangan yang harus dicapai oleh anak. Hal ini memotivasi saya
untuk mengembangkan dan memanfaatkan media tekhnologi sebagai media
pembelajaran untuk anak usia dini. Pengumpulan tugas yang kedua berupa ide
skripsi dikirimkan via email kepada Dosen Pengampu Mata Kuliah : Finita Dewi
M.A @finita@upi.edu
Video Ide Penelitian (PENGARUH MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF BERFIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN)
https://youtu.be/Im6hdnmSpq4
Video Ide Penelitian (PENGARUH MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF BERFIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN)
https://youtu.be/Im6hdnmSpq4
Gambar
1.1
(Media Visual Jadwal Sentra Pembelajaran)
(Media Visual Jadwal Sentra Pembelajaran)
Refleksi : 90
ReplyDeleteTugas:
Relevansi media ajar dengan kurikulum PAUD: 80
Kesesuaian media ajar dengan karakteristik AUD: 75
Kreativitas pembuatan media ajar: 80
UAS: 50 - (File tidak bisa diakses)