Saturday, June 9, 2018


Sundari Triswaningsih_1503659_6A PGPAUD_UAS Pembelajaran Komputer Untuk AUD


1. Tugas Media Visual (Canva)
Untuk project dalam mengumpulkan tugas UAS saya memilih tugas media visual dengan menggunakan aplikasi Canva. Saya membuat poster yang berjudul “Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini”. Didalamnya mengenalkan pada anak bagian-bagian tubuh pribadi yang tidak boleh disentuh oleh sembarang orang dan siapa saja yang boleh menyentuhnya. Alasan saya memilih tugas ini karena saya tertarik untuk membuat media visual seperti poster ini.


2. Tugas UAS Media Ajar Untuk Anak Usia Dini Berbasis Teknologi Digital
Project UAS mata kuliah pembelajaran komputer untuk anak usia dini saya membuat media ajar berbasis teknologi menggunakan power point. Sebelumnya saya ingin membuat vlog dongeng, namun kerena beberapa kendala akhirnya saya memilih untuk membuat media ajar untuk AUD. Media ajar yang saya buat bertemakan binatang ternak. Selain mengenalkan apa saja binatang ternak kepada anak, media ajar ini juga mengenalkan huruf-huruf yang ada didalam nama-nama binatang tersebut. Media yang saya buat ini juga dikemas dengan gambar-gambar kartun dan gambar asli sehingga dapat dengan mudah dimengerti oleh anak. Warna-warna yang digunakan pun merupakan warna yang cerah agar anak tertarik.


TUGAS UAS SITI JUBAEDAH_6B PG PAUD_1507344

            Project 1 UAS
Cerita anak  dengan judul "BURUNG HANTU KECIL DAN KUPU-KUPU" ini merupakan cerita anak sederhana yang di dalamnya terdapat banyak pelajaran yang dapat di petik. Cerita ini menceritakan persahabatan burung hantu kecil dan kupu-kupu. Persahabatan mereka hampir berakhir karena sebuah konflik. Konflik yang ada dapat terpecahkan akhirnya burung hantu kecil dan kupu-kupupun berbaikan dan bersahabat baik untuk selamanya. 

Link:  https://youtu.be/TKWJ1Uou5Ks

            Project Tugas
Membuat media visual
Dalam project 3 tugas membuat media visual ini saya mencoba mengenalkan pada anak proses metamorphosis kupu-kupu. Proses metamorphosis kupu-kupu ini dapat dikenalkan kepada anak melalui kegiatan mendongeng ataupun bercakap-cakap dimana guru menjelaskan kembali proses metamorphosis dengan media visual yang ada. Meskipun anak belum mampu untuk membaca, tetapi anak mampu mengartikan tulisan melalui apa yang anak lihat dan apa yang dia dengar melalui gurunya.



Link: https://drive.google.com/file/d/1bfGkvV5_D96xoF2KPjxtnLWFbHQoLc-x/view

Saya  memilih kedua projec di atas karena menurut saya, kedua projek di atas sangat menarik jika di ajarkan pada anak untuk menambah pengetahuannya.
Kesan setelah membuat projek di atas membuat saya ingin membuat next project yang baru dan mungkin belum saya ketahui.
Saya merasa sangat senang mengikuti matakuliah ini karena, pengetahuan dan referensi saya semakin bertambah mengenai teknology dan semoga bermanfaat untuk bahan ajar ketika sudah mengajar nanti.
        Setelah matkul ini selesai sayang masih ingin terus melatih kemampuan saya di bidang teknology yang sudah di pelajari dan ingin mencari sesuatu yang baru, yang belum saya ketahui sebelumnya dan dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar.

PEMBELAJARAN KOMPUTER UNTUK AUD_WINDY CHYNDIANA_1506278_6A PGPAUD


Windy Chyndiana_1506728_6A PGPAUD


https://drive.google.com/file/d/1IoFYbiJ8-A5pXDJM4PNecx9Sd5u3NRiG/view?usp=sharing

Project yang saya kumpulkan yaitu media ajar visual (Poster) dan Vlog dongeng untuk AUD. Media ajar visual yaitu poster yang dibuat menggunakan aplikasi canva , poster tersebut berisi ajakan kepada anak agar mau makan sayur serta mengenalkan macam-macam sayur dan manfaatnya. Vlog dongeng untuk anak usia dini, dongeng tersebut berjudul “ Kanguru hewan berkantung dari Australia”. Menurut saya dongeng tersebut untuk anak usia dini karena untuk mengenalkan hewan kanguru yang berasal dari negara lain. Dongeng tersebut memiliki pesan moral yang dapat diambil untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.


Saya memilih kedua project tersebut karena unik dan simple serta membuat inovasi baru tentang vlog dongeng yang menggunakan bahasa indonesia.
Kesan setelah membuat project tersebut banyak sekali manfaat yang didapat diantaranya jadi bisa membuat poster dan menggunakan aplikasi canva, dapat belajar cara mengedit video, serta memberikan pengetahuan baru.
Kesan setelah mengikuti mata kuliah ini, saya bersyukur sekali karena di mata kuliah ini saya dapat menemukan ide-ide terbaru dan ter-update untuk membuat media pembelajaran baru untuk diterapkan di PAUD serta memberikan wawasan yang luas tentang teknologi yang terkini.


Arrum Legia Zachrani_1503841_6A PGPAUD_UAS Pembelajaran Komputer Untuk AUD

Nama : Arrum Legia Zachrani
NIM : 1503841
Kelas : 6A PGPAUD


1. Tugas Media Visual (Canva)
Untuk project dalam mengumpulkan tugas UAS saya memilih tugas media visual dengan menggunakan aplikasi Canva. Dalam media visual tersebut menggambarkan bagaimana cara merawat binatang (kucing) dimulai dari memandikan, menyisir bulunya, menggunting kuku, memberinya makan, membawanya ke dokter hewan dan yang terakhir harus diberi vaksin agar terhindar dari penyakit. Media visual dinilai cocok sebagai salah satu pembelajaran untuk AUD asalkan materi yang digunakan harus sesuai dengan tema dan kebutuhan anak. Kesan setelah membuat project ini tentu sangat berguna ketika nanti setelah menjadi guru bisa mengaplikasikan pembelajaran menggunakan Canva tersebut. Terlebih lagi dalam menggunakan aplikasi Canva lebih mudah dan tanpa menggunakan biaya berlebih, cukup menyediakan kuota internet.


Media Visual (Canva) dapat diakses melalui link: https://drive.google.com/open?id=1bK8RXJKK7_bm2yZz-oK_cfYphQkflJA9

2. Vlog Dongeng Untuk AUD
Dalam project UAS yang dipilih adalah membuat vlog dongeng untuk AUD. Dongeng yang dipilih adalah “Permen Karet Yang Lengket” karya Imam Kr. Moncol. Dongeng ini menceritakan mengenai petualang permen karet yang ingin sekali dikunyah oleh seorang gadis kecil agar bisa menajdi balon yang lebih besar lagi kemudian meletus. Setelah rasa manisnya hilang, permen karetpun biasanya di buang ke dalam tempat sampah. Namun yang ditakutkan oleh permen karet adalah ketika sudah tidak dikunyah lagi tetapi malah dijadikan sebagai bahan untuk menjahili. Selain itu, menceritakan sejarah permen karet dan manfaat permen karet.
Kesan dalam membuat project ini sungguh sangat menyenangkan dan pastinya akan berguna kelak jika menjadi seorang guru bahkan menjadi termotivasi untuk membuat vlog dongeng yang lainnya tentunya dengan pembaharuan yang lebih bagus lagi. Karena minat baca anak untuk saat ini berkurang dengan adanya vlog dongeng ini diharapkan anak lebih menggemari dongeng-dongeng dengan menggunakan Bahasa Indonesia dan minat baca anak terhadap dongeng dapat naik kembali. Dan dengan vlog dongeng ini pula anak dengan mudah mengaksesnya dalam youtube. Kemudian vlog dongeng ini cocok untuk AUD karena bahasa yang digunakan tentu sesuai dengan AUD, ceritanya ringan, dan dapat digunakan dalam pembelajaran PAUD.
Vlog dongeng dapat diakses melalui link: https://www.youtube.com/watch?v=_baeoJ_Ofic&t=98s 



3. Kesan setelah mengikuti Mata Kuliah Pembelajaran Komputer Untuk AUD
Tentu tak disangka mahasiswa dengan jurusan PGPAUD ternyata mampu dalam membuat pembelajaran berbasis teknologi untuk AUD sendiri. Meskipun menggunakan aplikasi yang seadanya dan kebanyakan tanpa menggunakan biaya berlebih. Begitu menyenangkan serta setiap pembelajaran pada setiap minggunya memiliki keistimewaan masing-masing. Seru, sudah jelas karena mendapatkan pengetahuan baru pada setiap minggunya. Pembelajaan yang mudah dimengerti oleh mahasiswa dan mudah juga untuk mengoperasikan setiap aplikasi yang digunakan.

SITIAISYAHLUTFIA_1501223_6BPGPAUD_UASPEMBELAJARANKOMPUTERUNTUKAUD


Nama   : Siti Aisyah Lutfia
NIM    : 1501223
Kelas   : 6B PGPAUD

Hai teman – teman, Saya mahasiswi jurusan PG PAUD di UPI Purwakarta. Kali ini Saya akan membagikan dua project untuk memenuhi uas mata kuliah Pembelajaran Komputer untuk Anak Usia Dini ( AUD ).

Project pertama adalah membuat media visual untuk AUD. Media visual yang Saya buat berupa poster dengan judul Cara Menjaga Kebersihan Tubuh. Poster ini berisi kumpulan gambar dan keterangan dari gambar tersebut, dimana gambarnya mewakili hal – hal apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan tubuh.


Inilah poster yang saya buat. Untuk lebih jelasnya, silahkan akses link berikut ini :







Project yang kedua adalah membuat Vlog dongeng untuk Anak Usia Dini. Kali ini Saya mendongeng dengan judul Suara Kecil Petit karya Remon dan Arrahmanrendi ( ilustrator). Dongeng ini menceritakan tentang seekor anak ayam yang kagum dengan suara dari binatang – binatang yang dijumpainya ketika berkeliling hutan dan dia merasa suaranya tidak seindah binatang – binatang yang dijumpainya itu.

Berikut link yang harus diakses untuk melihat video yang saya buat :






Saya memilih kedua project diatas karena keduanya cukup menarik jika digunakan dalam pembelajaran di PAUD. Poster bisa kita tempel di kelas, sehingga bisa dilihat dan dibaca anak setiap hari. Sedangkan Vlog mendongeng bisa digunakan untuk media pembelajaran, cara ini merupakan alternatif lain dari mendongeng secara langsung sekaligus mengenalkan anak mengenai teknologi ( video diputar melalui laptop dan proyektor ).

Kedua project diatas dibuat dengan kesabaran yang cukup ekstra dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, untuk membuat poster ini, membutuhkan kuota yang tidak sedikit juga bensin karena Saya harus berkunjung ke rumah teman untuk membuat poster ini ( dikarenakan jaringan internet di daerah saya tidak memadai ). Untuk Vlog dongeng sendiri, dibutuhkan berkali – kali pengambilan video hingga mendapatkan video yang layak dipublikasi. Setelah selesai membuat kedua project itu, Saya merasa puas atas hasil kerja keras yang telah dilakukan.

Kedua project diatas tidak akan saya buat bila tidak ada mata kuliah Pembelajaran Komputer untuk Anak Usia Dini. Mata kuliah ini mengajarkan banyak hal mengenai teknologi yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Materi yang diajarkan selalu menarik dan tidak monoton. Oleh karena itu, mata kuliah ini dibutuhkan ntuk calon guru, khususnya guru PAUD yang dituntuk untu membuat media pembelajaran yang tepat dan menarik bagi anak.

Hal yang ingin dipelajari lebih dalam adalah game flashcard, karena Saya masih kesulitan dalam membuat ini.

            Setelah membaca blog ini, diharapkan pembaca dapat memberikan saran atau kritik yang membangun untuk kedepannya. Terima kasih.


ELWA NURWAFIKOH_1500258_6A PGPAUD_UAS MATA KULIAH PEMBELAJARAN UNTUK AUD

Nama : Elwa Nurwafikoh
Nim : 1500258
Kelas : 6A PGPAUD
UAS Pembelajaran Komputer Untuk AUD_Elwa Nurwafikoh_6A PGPAUD_1500258
1. Vlog dongeng untuk AUD
Saya memilih vlog dongeng untuk project UAS karena menurut saya lebih menarik dan lebih mudah membuatnya. Vlog dongeng ini sangat cocok sekali dipakai untuk pembelajaran di PAUD, selain mudah di pahami oleh anak-anak juga mudah untuk di tayangkan tidak hanya dengan menggunakan projector, melalui handphone pun bisa untuk menayangkan video dongeng tersebut karena sudah di upload di youtube sehingga anak mudah untuk mengakses nya.
Dongeng yang saya pilih adalah tentang capung yang sombong, capung tersebut tidak pernah mau mendengarkan nasihat orangtua nya hingga suatu ketika capung bermain sangat jauh dan akhirnya ia terbawa oleh angin besar dan hampir saja di makan oleh ular, tetapi akhirnya si capung di tolong oleh angin dan di tiup nya sampai ke rumah. Lalu capung pun berjanji tidak akan nakal dan akan mendengarkan nasihat orangtua nya. Vlog ini dapat diakses melalui :

2. Memory games
Memory games yang saya buat adalah tentang Serangga, cara memainkannya adalah mencocokan suara dan gambar serangga. Games ini sangat cocok dipakai di PAUD karena mudah dan tingkat kesulitannya memang untuk anak usia dini.
Games ini dapat diakses melalui : https://drive.google.com/open?id=1doMPev8UvkB9CO4cfyq0xKYIOAzkHaah
Setelah mengampu mata kuliah ini saya semakin mengerti dan bisa membuat suatu project dengan aplikasi yang ada di komputer yang tadinya saya tidak tahu bahwa dengan hanya menggunakan power point ternyata bisa membuat games, dan ketika saya sudah mengajar nanti di PAUD akan mengaplikasikan nya supaya pembelajaran semakin menarik dan anak-anak pun semakin semangat untuk mengikuti pembelajaran di sekolah.



 Nama : nindi purbaning

 Kelas : 6b pgpaud

 NIM : 1504859


Bismillah 
 Hay, saya disini akan menceritakan bagaimana alasan saya memilih analisis web, mengapa sebab didalam web tersebut terdapat berbagai macam game. dimana salah satu game yang salah pilih dengan teman saya yaitu game jungle ranger, dimana dari awal permainan game ini kita ditantang untuk berburu sesuai ke ingin si plum (si plum bertugas untuk meninstruksikan kitan untuk membidik apa) seperti menembak hewan dan tumbuhan. Tantanganya membuat kita berpikir keras dimana perintah-perintahnya terasa asing didengar. Seperti si plum mememrintahkan untuk membidik hewen-hewn yang hidup di hutan hujan, ketika kita membidik hewan yang menurut kita hidup di hutan hujan ternyata salah, disitu jadi menambah wawasan kita tentang hewan dan tumbuhan.

https://youtu.be/_F9uofnrgbA



 Yang selanjutnya alasan saya membuat vlog mendongeng dengan judul “petualangan frogy dan nila”. Dimana dongeng seri binatang ini menceritakan tentang persahabatan katak bernama frogy dan nila si ikan kecil, mereka selalui Bersama-sama dalam menghadapi hal apapapun seperti ketika badai menerpa,, dan saling menolong ketika kesusahan, kala itu ikan kecil nila ingin meraih bunga dan dengan senang hati frogy menolong nila untuk mencium harum aroma bunga lily. tentunya dongeng ini sangat cocok di gunakan pada saat tema pembelajaran binatang dan sub temanya binatang  laut.
https://youtu.be/iWx2ivqbSDg



 Terus yah kesan saya dalam membuat project ini, yuhuuuu menyenangkan, sekali sebab ketika dalam mengerjakan project dengan teman kita, kita di tangtang untuk saling bekerjasama walaupun banyak perbedaan dalam pemikirkan kita tapi yah, yippiii karena sudah mepet deadline kita bisa menyatukan ide pemikiran kita, dan alhamdulilah tugas project selesai dengan tepat waktu dan sesuai keinginan kita Bersama.
 Hemmm, kalo kesan saya dalam mengikuti mata kuliah ini luar biasa yang menambah wawasan banget, dari yang tidak tau menjadi tau, wow ternyata pembelajaran computer untuk anak usia dini luas banget dan banyak banget nggak hanya ape-ape saja. Mungkin hal yang ingin di pelajari setelah mengikuti mata kuliah ini ialah bagaimana caranya membuat media pembelajaran computer berbasis permainan untuk anak-anak atau sekolah-sekolah yang ada di pedesaan yang masih awam menggunakan teknologi computer misalnya.

Tugas Akhir Pembelajaran Komputer Untuk AUD Yoan Amelia S


 Nama : Yoan Amelia Syanti
NIM : 1504174
Kelas  : 6B PGPAUD
Matching games yaitu games berupa kartu untuk mencocokan gambar bisa antara suara dan gambar atau gambar dan tulisan. Hanya dengan memasukkan suara- suara atau gambar yang sudah di unduh atau bahkan yang diambil sendiri.  Saya memilih ini karena sebelumnya saya membuat matching games dengan menggunakan power point dan agak ribet setelah saya membuat  matching games dengan aplikasinya rasanya sangat menyenangkan dan mudah membuatnya.  Setelah saya membuat matching games saya merasa puas karena ternyata teknologi itu benar-benar memudahkan manusia. Selain itu saya juga merasa prihatin karena ternyata selama ini saya gaptek yang saya tau hanyalah sebagian kecil dari teknologi itu sendiri.
Tugas Matcihng games

Project UAS yang saya buat adalah ide penelitian yang berjudul menumbuhkan ekoliterasi pada anak usia dini menggunakan aplikasi decompose games-outdoor adventures dimana desain penelitiannya adalah PTK . Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah decompose gamesoutdoor adventures apakah dapat menumbuhkan kesadaran akan lingkungan pada anak usia dini. Alasan dari pemilihan project ini karena sejak lama saya menyukai ide tentang melestarikan alam dan ketika ada tugas untuk menganalisis games saya pikir melestarikan alam juga dapat dilakukan
dengan menumbuhkan kesadaran terhadap generasi mendatang. Kesan setelah membuat project ini saya merasa puas karena ide tersebut dapat saya salurkan dan tentunya saya berharap semoga dapat dikembangkan.

Tugas Ide Penelitian



Mata kuliah TIK untuk anak usia dini diluar ekspektasi saya pribadi , materi yang disampaikan tidak terlalu banyak sehingga kami mahasiswa diberikan berbagai proyek yang berguna untuk kami saat nanti proses belajar mengajar. Saat itu yang saya pikirkan TIK untuk anak usia dini hanyalah penggunaan komputer oleh anak usia dini dan guru hanya sebagai konsumen.  akan tetapi berbagai macam permainan dan cerita digital juga dapat kita produksi sendiri sehingga memungkinkan guru menjadi lebih kreatif dan imajinatif. Secara keseluruhan mata kuliah ini juga jauh dari kata membosankan, karena selain belajar kita juga turut bermain dan WOW walaupun kita melakukan berbagai proyek tapi tidak terasa membebani.

Friday, June 8, 2018

Tugas Akhir (Hanika Isnaeni_1506727_6A PGPAUD)

Membuat Poster



Alasan saya memilih Poster dan mengusung  tentang 5 langkah mencuci tangan, yaitu agar dapat membiasakan anak-anak maupun orang dewasa membiasakan mencuci tangan sebelum makan, minum dan lainnya. Gerakan mencuci tangan ini juga bertujuan agar tangan menjadi bersih dan terhindar dari kuman.
Kesan dalam materi membuat media visual ini sangat menyenangkan terlebih lagi di bantu memakai aplikasi canva, ini sangat mempermudah untuk para pemula dalam pembuatan design.


Membuat Vlog Dongeng


Alasan saya ingin membuat Vlog Dongeng yaitu salah satu cara untuk mengedukasi anak usia dini melalui cerita-cerita yang dapat menjadikan pengalaman belajar secara tidak langsung.

Kenapa ya dapat dikatakan bisa mengedukasi anak-anak? Nah ini jawabannya.. Pada saat kita membuat blog dongeng, secara tidak langsung kita dapat menyelipkan nilai-nilai edukasi untuk anak melalui cerita dongeng yang di angkat. Ini merupakan salah satu cara yang dapat membuat menarik perhatian anak, melalui karakter tokoh yang terdapat di dalam dongeng juga kita dapat memberitahukan tentang karakter baik, jahat, buruk  jahil, dan melalui karakter-karakter ini juga dapat memberi pengertian kepada anak dampak dari sifat baik, buruk dan lainnya. Kesan dalam pembuatan blog dongeng ini sangat menyenangkan, karena dapat membuat media pembelajaran yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

UAS Pembelajaran Komputer Untuk AUD_Agya Kumala Asri_6A PGPAUD_1507328

Assalamu'alaykum Wr.Wb.
Wahh tak terasa semeter 6 sudah berlalu, dengan ditandai oleh UAS tepatnya matakuliah Pembelajaran Komputer Untuk Anak Usia Dini. Kali ini saya akan memberikan apa yaa....???
Dari semua project tugas yang saya suka hampir semuanya..tapi hanya ada satu yang paling saya suka yaitu..Mengevaluasi website (Analisis Website).

1. Mengevaluasi Website (Analisis Website)
    Kenapa saya pilih website ini, karena saya suka dengan game. Sebenarnya kurang begiru suka yang online tapi untuk website games ini lebih mengarah ke anak-anak. Awalnya saya bingung cara memainkannya, setelah lebih dalam memperhatikan ternyata menyenangkan. Dasarnya saya memang suka games anak-anak. Saat ditugaskan untuk menganalisis website ini, saya antusias bahkan saya yang memainkan walaupun tugas kelompok. Kelompok saya mendapat website 
Disuruh menganalis satu website, tapi saya memainkan website yang lain karena penasaran..Buat teman-teman yang belum berpetualang di website nya, silakan klik link di atas. Berikut adalah hasil analisis ppt kelompok saya, buat yang ingin tahu yaaa.....

2. Project UAS
      Untuk Project saya memilih Video Ide Penelitian, yang sudah saya kirimkan melalui email pribadi. Penasaran.........Rahasia..masih ide mentah dan harapan yang besar dapat terlaksa, amiin

3. Kesan dan Pesan
          Seru, menyenangkan, dan banyak pengetahuan terbaru dari matakuliah Pembelajaran Komputer Untuk Anak Usia Dini. Intinya tidak terucap oleh kata-kata.. Pesannya semoga akan ada pembaharuan projek dari matakuliah ini.

Semoga postingan ini bemanfaat..jika ada kalimat yang tidak berkenan, harap di maklumi..
Wassalamu’alaykum Wr.Wb.


Tita Trisnawati_1506217_6B PGPAUD_UAS Mata Kuliah Pembelajaran Komputer untuk AUD

Tita Trisnawati
1506217
6B PGPAUD

1.      Memory game
Memori game yang saya buat tentang tanaman bunga, bunga yang saya kenalkan yaitu bunga teratai, bunga melati, bunga sakura, bunga anggrek, bunga mawar, dan bunga melati. 
Namun dalam pembuatan memory game saya melewati berbagai rintangan dimana saya harus merekam suara dan tidak menemukan tempat yang sepi, akhirnya saya berpikiran untuk merekam suara di taman teater terbuka meskipun tetap disana juga terdapat suara bising, dan saat itu cuaca lumayan panas. J setelah merekam suara lalu kami langsung membuat projek tersebut sampai selesai. Ketika mau dimaikan game tersebut tidak bisa dimainkan, dan terlihat tampilannya seperti kami sudah selesai memainkannya padahal belum dimainkan sama sekali. Terus kami membuat ulang game tersebut dan hasilnya masih tetap sama seperti yang pertama. Setelah itu kami membuat ulang dilaptop yang berbeda dibarengi dek-dekan akhirnya game tersebut selesai dan bisa dimainkan.
2.      Vlog dongeng untuk AUD

Dongeng yang saya bacakan bukunya berjudul “Si Monyet & Lumba-lumba”, pengarang buku ini Chandra Imam Dausyah. Dongen tersebut menceritakan seorang pelayar yang pergi berlayar dan membaewa monyet peliharaannya, dipertengahan jalan ada ombak besar yang menghampiri kapal tersebut semua orang tenggelam dan monyetpun berfikiran akan tenggelam juga. ternya tidak, monyet tersebut ditolong sama lumba-lumba dan dibawa ke sebuah pulau singkat cerita karna disana tidak ada penghuninya selain monyet tersebut akhirnya monyet tersebut menjari raja di pulau itu.
Pelajaran yang dapat diambil makhluk ciptaan tuhan kita harus saling tolong menolong.
Karena kedua projek tersebut cocok di gunakan dalam pembelajaran anak usia dini untuk melatih motorik anak, kognitif anak , bahasa dan imajinasi anak. selain itu juga ini salah satu cara mengenalkan teknologi pada AUD.
Senang sekali Bisa membuat vlog dongeng yang tadinya tidak bisa mendongeng dan sekarang harus bisa mendongeng karena memang lewat mendongeng itu anak dapat memahaminya. Selain itu juga saya seneng bisa membuat game, yang nantinya bisa dugunakan dan diaplikasikan ketika saya ngajar di salahsatu lembaga pendidikan yang sarana prasananya cukup.
Seneng banget jadi agak terbuka mengenai teknologi, apalangi untuk anak usia dini yang tadinya kebingungan bagaimana mengenalkan teknologi untuk AUD dan sekarang lumayan ada penceraha hehe mudah-mudahan dengan belajar ini nanti saya kedepannya bisa membuat TK yang canggih serba teknologi aamiin. Pokoknya terimakasih kepada mis fin yang selalu membimbing mahasiswanya untuk melek teknologi banyak banget yang bisa diambil setelah mengikuti matakuliah ini.
Uuhhh masih banyak sekali mis. Saya ingin belajar membuat game yang tidak menggunakan internet. Dan tidak bisa saya sebutkan satu-satu karna memang saya masih banyak yang ingin saya pelajari.

 1. Vlog Dongeng
                    2. Memory Games


Isma Khoerunisa_1507337_6B PGPAUD_UAS Mata Kuliah Pembelajaran Komputer untuk AUD


Nama : Isma Khoerunisa
NIM  : 1507337
Kelas : 6B PGPAUD

Hai Semua.....
Saya akan memaparkan mengenai Project UAS Mata kuliah Pembelajaran Komputer untuk AUD. Project yang saya kumpulkan yaitu hasil analisis game “Mega Mall”. Game tersebut mengenai berbelanja barang-barang yang sudah ditentukan. Melalui game tersebut juga anak dapat mengenal angka, mengenal bentuk serta berbelanja barang-barang yang telah ditentukan dan anak bisa memecahkan masalahnya. Serta project yang kedua yaitu Media ajar untuk Anak Usia Dini Berbasis Teknologi. Saya mengambil tema mengenai Mengenal Angka, mulai dari simbol, pengucapan angka serta mengenalkan angka melalui permainan yang sederhana.
Kenapa yaa saya memilih kedua project tersebut ? yang pertama memilih project “Mega Mall” tuh karena saya rasa game yang saya dan teman saya analisis dan yang dikenalkan melalui game tersebut jarang ditemui di game yang lainnya. Serta kenapa saya juga memilih project media ajar untuk Anak Usia Dini berbasis teknologi mengenai mengenal angka, karena kebanyakan di TK lebih menekankan kepada anak mengenai Calistung (Baca Menulis Menghitung) secara langsung, menghitungnya itu seperti penambahan dan pengurangan. Sebaiknya di jenjang TK itu mengenalkan angka, dan dpat digunakan dengan mudah.
Kesannya setelah membuat kedua project tuh ternyata, teknologi bisa memudahkan dan mewujudkan imajinasi sendiri. Hehehe. Kenapa ? karena ketika membuat project media ajar untuk Anak Usia Dini berbasis teknologi mengenai mengenal angka melalui aplikasi Microsoft PowerPoint, ternyata melalui aplikasi tersebut bisa membuat game yang sederhana. Sebelumnya saya tidak mengira bisa membuat game melalui aplikasi Microsoft Powerpoint. Teknologi itu Keren yaa. Hehe
Rasanya senang dan beruntung sekali bisa belajar mengenai teknologi melalui mata kuliah Pembelajaran Komputer untuk Anak Usia Dini. Karena saat ini semua kalangan manusia tidak bisa lepas dari namanya teknologi. Serta kita sebagai aktivis di dunia pendidikan harus bisa memanfaatkan teknologi dengan baik dan mengaplikasikan teknologi dalam proses pembelajaran supaya anak didik semakin bermotivasi dalam belajar. Dan ternyata belajar teknologi tuh tidak telalu susah seperti yang dipikirkan sebelum mengetahuinya.
Masih banyak yang ingin pelajari mengenai teknologi. Namun saya lebih menginginkan mempelajari aplikasi untuk pembuatan game yang mudah dimudahkan. Supaya lebih bisa mewujudkan imajinasi melalui game untuk Anak Usia Dini.

file Hasil Analisis dan Media Ajar untuk Anak Usia Dini Berbasis teknologi tentang Mengenal Angka :
https://drive.google.com/drive/folders/1pRm-FL_TCfF9A0fK2_Da_oB8Gtznsf4E