Sundari Triswaningsih_1503659_6A PGPAUD_UAS Pembelajaran
Komputer Untuk AUD
1. Tugas Media Visual (Canva)
Untuk project dalam mengumpulkan
tugas UAS saya memilih tugas media visual dengan menggunakan aplikasi Canva. Saya
membuat poster yang berjudul “Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini”. Didalamnya
mengenalkan pada anak bagian-bagian tubuh pribadi yang tidak boleh disentuh
oleh sembarang orang dan siapa saja yang boleh menyentuhnya. Alasan saya
memilih tugas ini karena saya tertarik untuk membuat media visual seperti
poster ini.
2. Tugas UAS Media Ajar Untuk
Anak Usia Dini Berbasis Teknologi Digital
Project UAS mata kuliah
pembelajaran komputer untuk anak usia dini saya membuat media ajar berbasis
teknologi menggunakan power point. Sebelumnya
saya ingin membuat vlog dongeng, namun kerena beberapa kendala akhirnya saya
memilih untuk membuat media ajar untuk AUD. Media ajar yang saya buat bertemakan
binatang ternak. Selain mengenalkan apa saja binatang ternak kepada anak, media
ajar ini juga mengenalkan huruf-huruf yang ada didalam nama-nama binatang
tersebut. Media yang saya buat ini juga dikemas dengan gambar-gambar kartun dan gambar asli sehingga dapat dengan mudah dimengerti oleh anak. Warna-warna yang digunakan pun merupakan warna yang cerah agar anak tertarik.
Cerita anakdengan judul
"BURUNG HANTU KECIL DAN KUPU-KUPU" ini merupakan cerita anak
sederhana yang di dalamnya terdapat banyak pelajaran yang dapat di petik.Cerita ini menceritakan
persahabatan burung hantu kecil dan kupu-kupu. Persahabatan mereka hampir
berakhir karena sebuah konflik. Konflik yang ada dapat terpecahkan akhirnya
burung hantu kecil dan kupu-kupupun berbaikan dan bersahabat baik untuk
selamanya.
Link: https://youtu.be/TKWJ1Uou5Ks
Project Tugas
Membuat media visual
Dalam project 3 tugas membuat media visual ini
saya mencoba mengenalkan pada anak proses metamorphosis kupu-kupu. Proses metamorphosis
kupu-kupu ini dapat dikenalkan kepada anak melalui kegiatan mendongeng ataupun
bercakap-cakap dimana guru menjelaskan kembali proses metamorphosis dengan
media visual yang ada. Meskipun anak belum mampu untuk membaca, tetapi anak
mampu mengartikan tulisan melalui apa yang anak lihat dan apa yang dia dengar
melalui gurunya.
Saya memilih kedua projec di atas karena menurut
saya, kedua projek di atas sangat menarik jika di ajarkan pada anak untuk menambah
pengetahuannya.
Kesan setelah membuat projek di atas membuat
saya ingin membuat next project yang baru dan mungkin belum saya ketahui.
Saya merasa sangat senang mengikuti matakuliah
ini karena, pengetahuan dan referensi saya semakin bertambah mengenai teknology
dan semoga bermanfaat untuk bahan ajar ketika sudah mengajar nanti.
Setelah matkul ini selesai sayang masih ingin
terus melatih kemampuan saya di bidang teknology yang sudah di pelajari dan
ingin mencari sesuatu yang baru, yang belum saya ketahui sebelumnya dan dapat
dimanfaatkan sebagai bahan ajar.
Project yang saya kumpulkan yaitu media ajar visual (Poster) dan
Vlog dongeng untuk AUD. Media ajar visual yaitu poster yang dibuat menggunakan
aplikasi canva , poster tersebut berisi ajakan kepada anak agar mau makan sayur
serta mengenalkan macam-macam sayur dan manfaatnya. Vlog dongeng untuk anak
usia dini, dongeng tersebut berjudul “ Kanguru hewan berkantung dari Australia”.
Menurut saya dongeng tersebut untuk anak usia dini karena untuk mengenalkan
hewan kanguru yang berasal dari negara lain. Dongeng tersebut memiliki pesan
moral yang dapat diambil untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Saya memilih kedua project tersebut karena unik dan simple serta membuat
inovasi baru tentang vlog dongeng yang menggunakan bahasa indonesia.
Kesan setelah membuat project tersebut banyak sekali manfaat yang
didapat diantaranya jadi bisa membuat poster dan menggunakan aplikasi canva,
dapat belajar cara mengedit video, serta memberikan pengetahuan baru.
Kesan setelah mengikuti mata kuliah ini, saya bersyukur sekali
karena di mata kuliah ini saya dapat menemukan ide-ide terbaru dan ter-update
untuk membuat media pembelajaran baru untuk diterapkan di PAUD serta memberikan
wawasan yang luas tentang teknologi yang terkini.
Nama : Arrum Legia Zachrani
NIM: 1503841
Kelas : 6A PGPAUD
1.Tugas Media Visual (Canva)
Untuk project dalam mengumpulkan tugas UAS saya memilih tugas media visual dengan menggunakan aplikasi Canva. Dalam media visual tersebut menggambarkan bagaimana cara merawat binatang (kucing) dimulai dari memandikan, menyisir bulunya, menggunting kuku, memberinya makan, membawanya ke dokter hewan dan yang terakhir harus diberi vaksin agar terhindar dari penyakit. Media visual dinilai cocok sebagai salah satu pembelajaran untuk AUD asalkan materi yang digunakan harus sesuai dengan tema dan kebutuhan anak. Kesan setelah membuat project ini tentu sangat berguna ketika nanti setelah menjadi guru bisa mengaplikasikan pembelajaran menggunakan Canva tersebut. Terlebih lagi dalam menggunakan aplikasi Canva lebih mudah dan tanpa menggunakan biaya berlebih, cukup menyediakan kuota internet.
2.Vlog Dongeng Untuk AUD
Dalam project UAS yang dipilih adalah membuat vlog dongeng untuk AUD. Dongeng yang dipilih adalah “Permen Karet Yang Lengket” karya Imam Kr. Moncol. Dongeng ini menceritakan mengenai petualang permen karet yang ingin sekali dikunyah oleh seorang gadis kecil agar bisa menajdi balon yang lebih besar lagi kemudian meletus. Setelah rasa manisnya hilang, permen karetpun biasanya di buang ke dalam tempat sampah. Namun yang ditakutkan oleh permen karet adalah ketika sudah tidak dikunyah lagi tetapi malah dijadikan sebagai bahan untuk menjahili. Selain itu, menceritakan sejarah permen karet dan manfaat permen karet.
Kesan dalam membuat project ini sungguh sangat menyenangkan dan pastinya akan berguna kelak jika menjadi seorang guru bahkan menjadi termotivasi untuk membuat vlog dongeng yang lainnya tentunya dengan pembaharuan yang lebih bagus lagi. Karena minat baca anak untuk saat ini berkurang dengan adanya vlog dongeng ini diharapkan anak lebih menggemari dongeng-dongeng dengan menggunakan Bahasa Indonesia dan minat baca anak terhadap dongeng dapat naik kembali. Dan dengan vlog dongeng ini pula anak dengan mudah mengaksesnya dalam youtube. Kemudian vlog dongeng ini cocok untuk AUD karena bahasa yang digunakan tentu sesuai dengan AUD, ceritanya ringan, dan dapat digunakan dalam pembelajaran PAUD.
Vlog dongeng dapat diakses melalui link: https://www.youtube.com/watch?v=_baeoJ_Ofic&t=98s
3.Kesan setelah mengikuti Mata Kuliah Pembelajaran Komputer Untuk AUD
Tentu tak disangka mahasiswa dengan jurusan PGPAUD ternyata mampu dalam membuat pembelajaran berbasis teknologi untuk AUD sendiri. Meskipun menggunakan aplikasi yang seadanya dan kebanyakan tanpa menggunakan biaya berlebih. Begitu menyenangkan serta setiap pembelajaran pada setiap minggunya memiliki keistimewaan masing-masing. Seru, sudah jelas karena mendapatkan pengetahuan baru pada setiap minggunya. Pembelajaan yang mudah dimengerti oleh mahasiswa dan mudah juga untuk mengoperasikan setiap aplikasi yang digunakan.
Hai
teman – teman, Saya mahasiswi jurusan PG PAUD di UPI Purwakarta. Kali ini Saya
akan membagikan dua project untuk memenuhi uas mata kuliah Pembelajaran
Komputer untuk Anak Usia Dini ( AUD ).
Project pertama
adalah membuat media visual untuk AUD. Media visual yang Saya buat berupa
poster dengan judul Cara Menjaga Kebersihan Tubuh. Poster ini berisi kumpulan
gambar dan keterangan dari gambar tersebut, dimana gambarnya mewakili hal – hal
apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan tubuh.
Inilah
poster yang saya buat. Untuk lebih jelasnya, silahkan akses link berikut ini :
Project yang kedua
adalah membuat Vlog dongeng untuk Anak Usia Dini. Kali ini Saya mendongeng
dengan judul Suara Kecil Petit karya Remon dan Arrahmanrendi ( ilustrator).
Dongeng ini menceritakan tentang seekor anak ayam yang kagum dengan suara dari binatang
– binatang yang dijumpainya ketika berkeliling hutan dan dia merasa suaranya
tidak seindah binatang – binatang yang dijumpainya itu.
Berikut
link yang harus diakses untuk melihat video yang saya buat :
Saya memilih kedua project diatas karena keduanya cukup menarik jika digunakan dalam pembelajaran di PAUD. Poster bisa kita tempel di kelas, sehingga bisa dilihat dan dibaca anak setiap hari. Sedangkan Vlog mendongeng bisa digunakan untuk media pembelajaran, cara ini merupakan alternatif lain dari mendongeng secara langsung sekaligus mengenalkan anak mengenai teknologi ( video diputar melalui laptop dan proyektor ).
Kedua project diatas dibuat dengan kesabaran yang cukup ekstra dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, untuk membuat poster ini, membutuhkan kuota yang tidak sedikit juga bensin karena Saya harus berkunjung ke rumah teman untuk membuat poster ini ( dikarenakan jaringan internet di daerah saya tidak memadai ). Untuk Vlog dongeng sendiri, dibutuhkan berkali – kali pengambilan video hingga mendapatkan video yang layak dipublikasi. Setelah selesai membuat kedua project itu, Saya merasa puas atas hasil kerja keras yang telah dilakukan.
Kedua project diatas tidak akan saya buat bila tidak ada mata kuliah Pembelajaran Komputer untuk Anak Usia Dini. Mata kuliah ini mengajarkan banyak hal mengenai teknologi yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Materi yang diajarkan selalu menarik dan tidak monoton. Oleh karena itu, mata kuliah ini dibutuhkan ntuk calon guru, khususnya guru PAUD yang dituntuk untu membuat media pembelajaran yang tepat dan menarik bagi anak.
Hal yang ingin dipelajari lebih dalam adalah game flashcard, karena Saya masih kesulitan dalam membuat ini.
Setelah membaca blog ini, diharapkan pembaca dapat memberikan saran atau kritik yang membangun untuk kedepannya. Terima kasih.
Nama : Elwa Nurwafikoh
Nim : 1500258
Kelas : 6A PGPAUD
UAS Pembelajaran Komputer Untuk AUD_Elwa Nurwafikoh_6A PGPAUD_1500258
1.Vlog dongeng untuk AUD
Saya memilih vlog dongeng untuk project UAS karena menurut saya lebih menarik dan lebih mudah membuatnya. Vlog dongeng ini sangat cocok sekali dipakai untuk pembelajaran di PAUD, selain mudah di pahami oleh anak-anak juga mudah untuk di tayangkan tidak hanya dengan menggunakan projector, melalui handphone pun bisa untuk menayangkan video dongeng tersebut karena sudah di upload di youtube sehingga anak mudah untuk mengakses nya.
Dongeng yang saya pilih adalah tentang capung yang sombong, capung tersebut tidak pernah mau mendengarkan nasihat orangtua nya hingga suatu ketika capung bermain sangat jauh dan akhirnya ia terbawa oleh angin besar dan hampir saja di makan oleh ular, tetapi akhirnya si capung di tolong oleh angin dan di tiup nya sampai ke rumah. Lalu capung pun berjanji tidak akan nakal dan akan mendengarkan nasihat orangtua nya. Vlog ini dapat diakses melalui :
2.Memory games
Memory games yang saya buat adalah tentang Serangga, cara memainkannya adalah mencocokan suara dan gambar serangga. Games ini sangat cocok dipakai di PAUD karena mudah dan tingkat kesulitannya memang untuk anak usia dini.
Games ini dapat diakses melalui : https://drive.google.com/open?id=1doMPev8UvkB9CO4cfyq0xKYIOAzkHaah
Setelah mengampu mata kuliah ini saya semakin mengerti dan bisa membuat suatu project dengan aplikasi yang ada di komputer yang tadinya saya tidak tahu bahwa dengan hanya menggunakan power point ternyata bisa membuat games, dan ketika saya sudah mengajar nanti di PAUD akan mengaplikasikan nya supaya pembelajaran semakin menarik dan anak-anak pun semakin semangat untuk mengikuti pembelajaran di sekolah.
Nama : nindi purbaning
Kelas : 6b pgpaud
NIM : 1504859
Bismillah
Hay, saya disini akan menceritakan bagaimana alasan saya memilih analisis web, mengapa sebab didalam web tersebut terdapat berbagai macam game. dimana salah satu game yang salah pilih dengan teman saya yaitu game jungle ranger, dimana dari awal permainan game ini kita ditantang untuk berburu sesuai ke ingin si plum (si plum bertugas untuk meninstruksikan kitan untuk membidik apa) seperti menembak hewan dan tumbuhan. Tantanganya membuat kita berpikir keras dimana perintah-perintahnya terasa asing didengar. Seperti si plum mememrintahkan untuk membidik hewen-hewn yang hidup di hutan hujan, ketika kita membidik hewan yang menurut kita hidup di hutan hujan ternyata salah, disitu jadi menambah wawasan kita tentang hewan dan tumbuhan.
https://youtu.be/_F9uofnrgbA
Yang selanjutnya alasan saya membuat vlog mendongeng dengan judul “petualangan frogy dan nila”. Dimana dongeng seri binatang ini menceritakan tentang persahabatan katak bernama frogy dan nila si ikan kecil, mereka selalui Bersama-sama dalam menghadapi hal apapapun seperti ketika badai menerpa,, dan saling menolong ketika kesusahan, kala itu ikan kecil nila ingin meraih bunga dan dengan senang hati frogy menolong nila untuk mencium harum aroma bunga lily. tentunya dongeng ini sangat cocok di gunakan pada saat tema pembelajaran binatang dan sub temanya binatang laut.
https://youtu.be/iWx2ivqbSDg
Terus yah kesan saya dalam membuat project ini, yuhuuuu menyenangkan, sekali sebab ketika dalam mengerjakan project dengan teman kita, kita di tangtang untuk saling bekerjasama walaupun banyak perbedaan dalam pemikirkan kita tapi yah, yippiii karena sudah mepet deadline kita bisa menyatukan ide pemikiran kita, dan alhamdulilah tugas project selesai dengan tepat waktu dan sesuai keinginan kita Bersama.
Hemmm, kalo kesan saya dalam mengikuti mata kuliah ini luar biasa yang menambah wawasan banget, dari yang tidak tau menjadi tau, wow ternyata pembelajaran computer untuk anak usia dini luas banget dan banyak banget nggak hanya ape-ape saja.
Mungkin hal yang ingin di pelajari setelah mengikuti mata kuliah ini ialah bagaimana caranya membuat media pembelajaran computer berbasis permainan untuk anak-anak atau sekolah-sekolah yang ada di pedesaan yang masih awam menggunakan teknologi computer misalnya.
Matching games yaitu games berupa
kartu untuk mencocokan gambar bisa antara suara dan gambar atau gambar dan tulisan.
Hanya dengan memasukkan suara- suara atau gambar yang sudah di unduh atau
bahkan yang diambil sendiri. Saya memilih
ini karena sebelumnya saya membuat matching games dengan menggunakan power
point dan agak ribet setelah saya membuatmatching games dengan aplikasinya rasanya sangat menyenangkan dan mudah
membuatnya.Setelah saya membuat matching
games saya merasa puas karena ternyata teknologi itu benar-benar memudahkan
manusia. Selain itu saya juga merasa prihatin karena ternyata selama ini saya
gaptek yang saya tau hanyalah sebagian kecil dari teknologi itu sendiri.
Project UAS yang saya buat adalah ide penelitian yang
berjudul menumbuhkan ekoliterasi padaanak usia dini menggunakan aplikasi decompose games-outdoor
adventures dimana desainpenelitiannya
adalah PTK . Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah decompose
gamesoutdoor adventures apakah dapat menumbuhkan kesadaran akan lingkungan pada
anak usia dini.Alasan
dari pemilihan project ini karena sejak lama saya menyukai ide tentang
melestarikan alamdan
ketika ada tugas untuk menganalisis games saya pikir melestarikan alam juga
dapat dilakukan dengan
menumbuhkan kesadaran terhadap generasi mendatang.Kesan setelah membuat project ini saya merasa puas karena
ide tersebut dapat saya salurkan dan tentunya saya berharap semoga dapat
dikembangkan.
Mata kuliah TIK untuk anak usia
dini diluar ekspektasi saya pribadi , materi yang disampaikan tidak terlalu
banyak sehingga kami mahasiswa diberikan berbagai proyek yang berguna untuk
kami saat nanti proses belajar mengajar. Saat itu yang saya pikirkan TIK untuk
anak usia dini hanyalah penggunaan komputer oleh anak usia dini dan guru hanya
sebagai konsumen.akan tetapi berbagai
macam permainan dan cerita digital juga dapat kita produksi sendiri sehingga
memungkinkan guru menjadi lebih kreatif dan imajinatif. Secara keseluruhan mata
kuliah ini juga jauh dari kata membosankan, karena selain belajar kita juga
turut bermain dan WOW walaupun kita melakukan berbagai proyek tapi tidak terasa
membebani.
Alasan
saya memilih Poster dan mengusung
tentang 5 langkah mencuci tangan, yaitu agar dapat membiasakan anak-anak
maupun orang dewasa membiasakan mencuci tangan sebelum makan, minum dan
lainnya. Gerakan mencuci tangan ini juga bertujuan agar tangan menjadi bersih dan
terhindar dari kuman.
Kesan dalam materi membuat media visual ini sangat
menyenangkan terlebih lagi di bantu memakai aplikasi canva, ini sangat
mempermudah untuk para pemula dalam pembuatan design.
Alasan
saya ingin membuat Vlog Dongeng yaitu salah satu cara untuk mengedukasi anak
usia dini melalui cerita-cerita yang dapat menjadikan pengalaman belajar secara
tidak langsung.
Kenapa
ya dapat dikatakan bisa mengedukasi anak-anak? Nah ini jawabannya.. Pada saat
kita membuat blog dongeng, secara tidak langsung kita dapat menyelipkan nilai-nilai
edukasi untuk anak melalui cerita dongeng yang di angkat. Ini merupakan salah
satu cara yang dapat membuat menarik perhatian anak, melalui karakter tokoh
yang terdapat di dalam dongeng juga kita dapat memberitahukan tentang karakter
baik, jahat, buruk jahil, dan melalui
karakter-karakter ini juga dapat memberi pengertian kepada anak dampak dari
sifat baik, buruk dan lainnya.Kesan
dalam pembuatan blog dongeng ini sangat menyenangkan, karena dapat membuat
media pembelajaran yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.
Wahh tak terasa semeter 6 sudah berlalu,
dengan ditandai oleh UAS tepatnya matakuliah Pembelajaran Komputer Untuk Anak
Usia Dini. Kali ini saya akan memberikan apa yaa....???
Dari semua project tugas yang saya suka
hampir semuanya..tapi hanya ada satu yang paling saya suka yaitu..Mengevaluasi
website (Analisis Website).
1. Mengevaluasi Website (Analisis Website)
Kenapa saya pilih website
ini, karena saya suka dengan game. Sebenarnya kurang begiru suka yangonlinetapi untuk website games ini lebih
mengarah ke anak-anak. Awalnya saya bingung cara memainkannya, setelah lebih
dalam memperhatikan ternyata menyenangkan. Dasarnya saya memang suka games
anak-anak. Saat ditugaskan untuk menganalisis website ini, saya antusias bahkan
saya yang memainkan walaupun tugas kelompok. Kelompok saya mendapat
website
Disuruh menganalis satu website, tapi saya
memainkan website yang lain karena penasaran..Buat teman-teman yang belum
berpetualang di website nya, silakan klik link di atas. Berikut adalah hasil
analisis ppt kelompok saya, buat yang ingin tahu yaaa.....
Untuk Project saya
memilih Video Ide Penelitian, yang sudah saya kirimkan melalui email pribadi.
Penasaran.........Rahasia..masih ide mentah dan harapan yang besar dapat
terlaksa, amiin
3. Kesan dan Pesan
Seru,
menyenangkan, dan banyak pengetahuan terbaru dari matakuliah Pembelajaran
Komputer Untuk Anak Usia Dini. Intinya tidak terucap oleh kata-kata.. Pesannya
semoga akan ada pembaharuan projek dari matakuliah ini.
Semoga postingan ini bemanfaat..jika ada
kalimat yang tidak berkenan, harap di maklumi..
Memori game yang saya buat tentang tanaman bunga, bunga
yang saya kenalkan yaitu bunga teratai, bunga melati, bunga sakura, bunga
anggrek, bunga mawar, dan bunga melati.
Namun
dalam pembuatan memory game saya melewati berbagai rintangan dimana saya harus
merekam suara dan tidak menemukan tempat yang sepi, akhirnya saya berpikiran
untuk merekam suara di taman teater terbuka meskipun tetap disana juga terdapat
suara bising, dan saat itu cuaca lumayan panas. Jsetelah merekam suara lalu kami langsung membuat projek
tersebut sampai selesai. Ketika mau dimaikan game tersebut tidak bisa
dimainkan, dan terlihat tampilannya seperti kami sudah selesai memainkannya
padahal belum dimainkan sama sekali. Terus kami membuat ulang game tersebut dan
hasilnya masih tetap sama seperti yang pertama. Setelah itu kami membuat ulang
dilaptop yang berbeda dibarengi dek-dekan akhirnya game tersebut selesai dan
bisa dimainkan.
2.Vlog
dongeng untuk AUD
Dongeng yang saya bacakan bukunya berjudul “Si Monyet
& Lumba-lumba”, pengarang buku ini Chandra Imam Dausyah. Dongen tersebut
menceritakan seorang pelayar yang pergi berlayar dan membaewa monyet
peliharaannya, dipertengahan jalan ada ombak besar yang menghampiri kapal
tersebut semua orang tenggelam dan monyetpun berfikiran akan tenggelam juga.
ternya tidak, monyet tersebut ditolong sama lumba-lumba dan dibawa ke sebuah
pulau singkat cerita karna disana tidak ada penghuninya selain monyet tersebut
akhirnya monyet tersebut menjari raja di pulau itu.
Pelajaran
yang dapat diambil makhluk ciptaan tuhan kita harus saling tolong menolong.
Karena kedua projek tersebut
cocok di gunakan dalam pembelajaran anak usia dini untuk melatih motorik anak, kognitif anak , bahasa dan imajinasi anak. selain itu juga ini salah satu cara mengenalkan teknologi pada AUD.
Senang sekali Bisa membuat vlog dongeng yang tadinya tidak bisa
mendongeng dan sekarang harus bisa mendongeng karena memang lewat mendongeng
itu anak dapat memahaminya. Selain itu juga saya seneng bisa membuat game, yang
nantinya bisa dugunakan dan diaplikasikan ketika saya ngajar di salahsatu
lembaga pendidikan yang sarana prasananya cukup.
Seneng banget jadi agak terbuka
mengenai teknologi, apalangi untuk anak usia dini yang tadinya
kebingungan bagaimana mengenalkan teknologi untuk AUD dan sekarang lumayan ada
penceraha hehe mudah-mudahan dengan belajar ini nanti saya kedepannya
bisa membuat TK yang canggih serba teknologi aamiin. Pokoknya terimakasih kepada mis fin yang selalu membimbing mahasiswanya
untuk melek teknologi banyak banget yang bisa diambil setelah mengikuti
matakuliah ini.
Uuhhh masih banyak sekali mis. Saya ingin belajar membuat game yang
tidak menggunakan internet. Dan tidak bisa saya
sebutkan satu-satu karna memang saya masih banyak yang ingin saya pelajari.
Nama : Isma Khoerunisa NIM : 1507337 Kelas : 6B PGPAUD Hai Semua.....
Saya akan memaparkan mengenai Project UAS Mata kuliah Pembelajaran Komputer untuk AUD. Project
yang saya kumpulkan yaitu hasil analisis game “Mega Mall”. Game tersebut
mengenai berbelanja barang-barang yang sudah ditentukan. Melalui game tersebut
juga anak dapat mengenal angka, mengenal bentuk serta berbelanja barang-barang
yang telah ditentukan dan anak bisa memecahkan masalahnya. Serta project yang
kedua yaitu Media ajar untuk Anak Usia Dini Berbasis Teknologi. Saya mengambil
tema mengenai Mengenal Angka, mulai dari simbol, pengucapan angka serta mengenalkan
angka melalui permainan yang sederhana.
Kenapa
yaa saya memilih kedua project tersebut ? yang pertama memilih project “Mega
Mall” tuh karena saya rasa game yang saya dan teman saya analisis dan yang
dikenalkan melalui game tersebut jarang ditemui di game yang lainnya. Serta kenapa
saya juga memilih project media ajar untuk Anak Usia Dini berbasis teknologi
mengenai mengenal angka, karena kebanyakan di TK lebih menekankan kepada anak
mengenai Calistung (Baca Menulis Menghitung) secara langsung, menghitungnya itu
seperti penambahan dan pengurangan. Sebaiknya di jenjang TK itu mengenalkan
angka, dan dpat digunakan dengan mudah.
Kesannya
setelah membuat kedua project tuh ternyata, teknologi bisa memudahkan dan
mewujudkan imajinasi sendiri. Hehehe. Kenapa ? karena ketika membuat project
media ajar untuk Anak Usia Dini berbasis teknologi mengenai mengenal angka
melalui aplikasi Microsoft PowerPoint, ternyata melalui aplikasi tersebut bisa
membuat game yang sederhana. Sebelumnya saya tidak mengira bisa membuat game
melalui aplikasi Microsoft Powerpoint. Teknologi itu Keren yaa. Hehe
Rasanya
senang dan beruntung sekali bisa belajar mengenai teknologi melalui mata kuliah
Pembelajaran Komputer untuk Anak Usia Dini. Karena saat ini semua kalangan
manusia tidak bisa lepas dari namanya teknologi. Serta kita sebagai aktivis di
dunia pendidikan harus bisa memanfaatkan teknologi dengan baik dan
mengaplikasikan teknologi dalam proses pembelajaran supaya anak didik semakin
bermotivasi dalam belajar. Dan ternyata belajar teknologi tuh tidak telalu
susah seperti yang dipikirkan sebelum mengetahuinya.
Masih
banyak yang ingin pelajari mengenai teknologi. Namun saya lebih menginginkan mempelajari
aplikasi untuk pembuatan game yang mudah dimudahkan. Supaya lebih bisa
mewujudkan imajinasi melalui game untuk Anak Usia Dini.