Monday, June 11, 2018

It's a wrap....

Dear Students,

Terimakasih untuk karya karya kreatif yang sudah kalian unggah di Blog. Saya menikmati membaca setiap tulisan dan melihat semua karya kalian yang sangat bervariasi. I’m so proud to be your teacher. Sekarang adalah bagian terberat bagi saya – mengevaluasi dan memberi nilai atas karya yang sudah dibuat.
*
Sulit... suatu saat kalian pun (mungkin) akan merasakan kesulitan itu. Semua yang kalian kerjakan telah melalui proses kreatif yang tidak dapat dihargai sekedar dengan angka dan huruf. Apalagi saya hanya dapat melihat hasil, tanpa mengalami prosesnya bersama dengan kalian. Sebagian dari kalian memang sempat “curcol” cerita ini dan itu dalam proses pembuatan tugas-tugas ini, tapi saya yakin, kata-kata tak bisa mewakili apa yang kalian alami.
*
Untuk itu, dalam tulisan ini saya ingin mengapresiasi hasil kerja kalian. Terima kasih untuk tidak mengeluh ketika kalian diberi tugas-tugas yang sebenarnya cukup berat. Dan saya selalu “surprised” ketika melihat hasil kerja kalian yang tidak pernah asal-asalan. Empat hal yang ingin saya angkat dari proses belajar yang telah kalian lewati…:

1) Creative Thinking
Berpikir Kreatif. Semua tugas yang saya berikan telah menuntut kalian untuk berpikir kreatif. Dari mulai memilih alat teknologi yang akan digunakan, mencari relevansi antara alat teknologi dengan kurikulum PAUD, memilih topic yang tepat, merancang pemanfaatan teknologi tsb, dll. Proses berpikir kreatif tidak sama bagi masing masing orang, ada yang bisa dengan mudah mendapatkan ini, namun ada yang membutuhkan waktu berhari hari untuk mencari inspirasi apalagi mengambil keputusan. Terkadang inspirasi pun muncul tidak pada waktu yang kita tentukan. Hal ini pun terjadi pada para konten creator dan kreatif desainer dimana mana, mereka memerlukan waktu dan energy untuk mencari sumber inspirasi, bagi yang sudah terbiasa, mereka mungkin sudah memiliki strategi yang dapat memudahkan proses berpikir kreatif. Dibutuhkan pembiasaan dan latihan untuk menemukan strategi yang tepat dalam berpikir kreatif. Keterampilan seperti ini yang akan kalian butuhkan dimasa datang

2) Hard Working & Problem Solving
Kerja keras. Tidak ada kesuksesan tanpa diiringi kerja keras. Masing-masing dari kalian tentunya menghadapi rintangan yang berbeda beda, baik teknis maupun non-teknis. Proses berpikir kreatif jika tidak dibarengi dengan kerja keras, tidak akan membawa hasil yang baik, karena kreatifitas baru pada tahap imajinasi saja, sementara kerja keras berada pada tahap eksekusi. Yang mebuat VLog misalnya. Mungkin pada awalnya kalian hanya berpikir, akan mudah karena tinggal membacakan buku dan merekamnya menggunakan HP. Namun ternyata prosesnya tidak semudah itu. Membutuhkan kerja keras tingkat tinggi. Membacakan dongeng ternyata tidak mudah, memastikan tidak ada kesalahan baca, intonasi yang benar, tidak ada suara lain yang masuk dalam rekaman, tidak batuk & bersin, videonya tidak goyang goyang, dll…semua itu tantangan dan kerja keras yang kalian lewati, dan kalian berhasil mendapatkan solusi dari semua tantangan itu. BRAVO!

3) Patience
Kesabaran. Banyak yang menyebutkan proses pengerjaan tugas-tugas ini benar benar menguji kesabaran. Ide yang tidak kunjung datang, Internet yang tidak bersahabat, file yang tiba tiba hilang, hasil kerjaan yang tidak tersimpan karena internetnya mati, proses upload yang lama, belum lagi, ketika semua selesai, kalian masih harus mempelajari bagaimana mengunggah semua hasil karya kalian di blog… Terimakasih untuk kesabarannya ya…

4) Persistence
Tidak mudah menyerah alias Keukeuh. Setelah melihat hasil karya yang kalian unggah, saya melihat kesungguhan pada diri kalian semua dalam mengerjakan tugas tugas yang saya berikan. Ketika mengumpulkan media visual, misalnya, kalian masih sempatkan untuk merevisi media yang sebelumnya saya komentari. Dan ini cukup mencengangkan bagi saya. Yang membuat ide penelitian pun hasil kerjanya tidak main main, kalian benar benar merencanakan dengan matang dan menunjukan bahwa kalian memang memiliki ketertarikan disitu. Two Thumbs Up untuk semua…
*
Terakhir, saya pesankan, angka dan huruf yang kalian terima hanya sekedar mengapresiasi 2 pekerjaan yang kalian unggah di blog ini, namun saya sangat berharap pengalaman belajar semester ini dapat bermanfaat lebih dari sekadar angka dan huruf yang kalian terima. Karena hidup bukan sekedar mengejar IPK….

Its been great working with you through out this semester. Thank you indeed...

Salam Kreatif…!

NOTE:
- Kompilasi semua karya media visual dapat di akses di pinterest melalui link ini--> Pinterest PGPAUD UPI PWK
- Kompilasi semua VLog dapat diakses di Youtube melalui link ini: YouTube Vlog Dongeng


Rizkia Febriani_6B PGPAUD_1504223




Rizkia Febriani_6B PGPAUD_1504223

Nama               : Rizkia Febriani
Kelas/NIM      : 6B PGPAUD/1504223



2 Project Terbaik :
  • Mengevaluasi website 
  • Membuat vlog dongeng untuk AUD

Deskripsi Project


Project yang pertama yaitu tugas mengevaluasi website. Evaluasi website adalah mengevaluasi suatu website yang di dalamnya terdapat banyak game untuk anak, sesuai dengan tema – tema yang ada di sekolah. Game yang dievaluasi yaitu  “Peg’s Pizza Place”



Game tersebut cocok untuk dimainkan anak, karena game tersebut sangat sederhana untuk dimainkan bagi anak. Selain itu ada juga kekurangan pada game ini yaitu tidak adanya pilihan untuk bahasa, jadi game tersebut menggunakan bahasa Inggris. Pada game ini anak dapat belajar matematika



Cara bermain game “Peg’s Pizza Place” yaitu :
  • Buka website : pbskids.Org/peg/games
  • Cari game “Peg’s Pizza Place”
  •  Setelah dibuka ikuti intruksi yang ada, klik play
  • Ambil topping pizza sesuai dengan jumlah yang disebutkan dalam intruksi
  • Setelah selesai hitung kembali jumlah topping
  • Klik done


Project yang kedua yaiu membuat vlog dongeng unuk AUD. Membuat vlog dongeng unuk AUD dengan judul “Raja Hutan dan Si Kelinci” penerbit Sandro Jaya (2016). Pada dongeng ini berisi tentang Singa yang suka berburu di dalam hutan dan membuat hewan – hewan lain yang tinggal di hutan merasa takut, akhirnya hewan – hewan di hutan setuju bahwa singa akan menjadi raja hutan. Kemudian ada seekor kelinci yang membuat singa tidak bisa berburu lagi karena tercebur ke sumur.

Alasan memilih buku cerita ini karena anak – anak sangat suka tema – tema binatang jadi saya memilih tema yang sesuai untuk di PAUD. Alasan memilih project ini karena di sini dapat belajar cara mendongeng yang benar, mengedit video, membuat video.
Kesan membuat vlog dongeng karena pada era modern ini anak minat membacanya berkurang maka dalam vlog dongeng akan dapat menumbuhkan minat baca anak, karena melihat vlog dongeng anak menjadi tertarik untuk membaca dongeng – dongeng lainnya. Dapat belajar mendongeng dengan intonasi yang benar, mengedit video, dll. 





Rizky dwi cahyani_1506740_6b pgpaud_pembelajaran komputer untuk AUD

https://youtu.be/4s0rKxFyxdY

Nama                           : Rizky Dwi Cahyani
NIM                            : 1506740
Kelas                           : 6B PGPAUD
Mata Kuliah                : Pembelajaran TIK untuk AUD


2 project terbaik :
1.      Poster
2.      Membuat vlog dongeng

·         Poster yang saya dan teman saya buat yaitu tentang cara merawat kebersihan tubuh. Saya membuat poster itu bekerjasama dengan teman saya. Kami membuat poster itu menggunakan Canva. Menggunakan canva itu lumayan mudah tetapi tools untuk mengeditnya terbatas.
Vlog yang saya buat yaitu tentang seorang anak yang awalnya dia tidak mau memotong kuku, tetapi akhirnya dia rajin memotong kuku. Ceritanya sangat cocok untuk anak.

·         Saya memilih kedua project ini karena menurut saya poster dan membuat vlog itu sangat menarik dan mudah membuatnya.

·         Kesan saya setelah membuat project tersebut yaitu bangga dan senang. Karena awalnya saya kira membuat vlog dan poster itu susah, tetapi setelah saya coba ternyata saya bisa membuatnya.

·         Kesan saya setelah mengikuti matkul ini yaitu sangat senang. Karena saya dapat menemukan hal-hal baru dan hal tersebut dapat diterapkan di PAUD nantinya.

·         Saya masih ingin mempelajari tentang membuat dongeng digital menggunakan ppt dan dengan aplikasi yang lain.

Sunday, June 10, 2018


PEMBELAJARAN KOMPUTER UNTUK AUD

Hello  teman- teman ,,, sepertinya saya adalah orang yang ngepost blog terakhir deh... haha semoga saja masih ada yang belum selesai ya jadi ada temannya… hehehe

Oiya lupa untuk berkenalan, perkenalkan nama saya Eva Astri Rahayu. dan kebanyakan orang memanggil saya dengan nama depan yaitu ’’eva’’.  So, saya sering dipanggil eva. Dan saya kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia kampus purwakarta, jurusan PGPAUD. Sekarang sudah semester 6. And than, Semester 6 ini banyak sekali pembelajaran yang saya ambil . contohnya seperti di mata kuliah PEMBELAJARAN KOMPUTER UNTUK AUD.. 

kenapaaa????

Karena, saya dapat membuat berbagai macam project seperti membuat game, mereview game;  https://www.youtube.com/watch?v=IsbYt-Kk2co , membuat poster, membuat dongeng digital membuat Vlog dongeng untuk AUD . Dan bahkan ini adalah salah satu blog pertama kali yang saya buat.  So, saya bertrimakasi sekali kepada dosen saya yaitu Bapak Suprih Widodo dan Miss. Finita Dewi. Beliau adalah dosen di UPI Purwakarta.. sangat asik, tidak membosankan ketika jam matakuliah berlangsung  Dan beliau sangat di nanti-nantikan oleh fansnya. ( saya salah satu fans miss finita lho J ) hehe. saya juga dapat pengetahuan banyak dari beliau tentang teknologi...

 Oiya… Tadi sangat luar biasa bukan jurusan pgpaud ?  bisa apa saja yah.. jadi sedikit eksis akan menambah teman, banyak eksis akan menambah beribu teman dan fans.hahaha.  Kembali lagi ke topic project saya. Yang saya suka di antara project ini adalah ketika saya membuat poster menggunakan aplikasi canva. aplikasi canva itu memudahkan kalian untuk membuat seperti poster, mengedit foto untuk di instagram dan sebagainya,  Yaahhh walaupun harus membutuhkan kesabaran yang luar biasa ketika jaringan kalian lemot.. hehe

Bisa kalian lihat di bawah ini contoh poster yang saya buat.. poster ini sangat cocok untuk anak usia dini. Karena menjelaskan apasaja peralatan yang dibawa pada saat berenang.



Dan project untuk tugas akhir ini adalah membuat Media Ajar Untuk AUD Berbasis Teknologi Digital… saya membuat video pembelajaran untuk anak usia dini memakai aplikasi powtoon. Waahhh sepertinya saya tidak sama dengan teman-teman yang lain yang kebanyakan membuat Vlog.. oiya Vlog mereka bangus-bagus lho.. bisa kalian liat di youtube dengan clue (dongeng untuk anak usia dini).

Naahhh…. Kalo saya awalnya ingin membuat Vlog juga seperti teman saya tapi kali ini ingin mencoba hal yang baru, karena ekspetasi saya akan bagus.. 

namun… jreng …..jreeenggggggggggg… bagaus gak yaa. Hahahah

Oiya sebelumnya ada yang tau gak aplikasi powtoon itu apa?

Jadi, Powtoon  merupakan Aplikasi untuk membuat video Animasi secara sederhana namun bukan untuk sejenis filem, akan tetapi lebih kepada ‘mempresentasikan’ materi dengan cara yang lebih variatif, unik, dan menyenangkan sesuai dengan tingkat imajinasi, daya komunikasi, substansi, kreasi, serta Software, Aplikasi.

Nah… bagus bukan? Mudah ko mudah, tapi kebanyakan gambar atau animasinya berbayar L. Huhuhu..kalau canva ada yang berbayar juga namun banyak juga yang free nya dan awalnya saya membuat dengan menggunakan aplikasi powtoon hanya mencoba-coba saja karena ekspetasi saya di video ini gambar bisa gerak dan mempresentasikan atau menjelaskan ke anak lebih mudah….. it will be easy,  if we want to learn.. 

Kebanyakan powtoon berisi tentang pengetahuan dan di presentasikanya.. nah.. bedanya kalau saya di ceritakan dengan contoh dua ekor anak panda. Tujuannya bisa digunakan untuk media pembelajaran, cara ini mengenalkan anak mengenai teknologi seperti video diputar melalui laptop dan proyektor atau di lihat di youtube dengan panduan orang dewasa, agar menarik  anak, melatih kemandirian anak dan menumbuhkan rasa tanggung jawab usai anak menonton video ini..

Kesan membuat video ini, teman-teman  mau tau??? Hahahha

Kesannya adalah masing –masing kedua project diatas dibuat dengan kesabaran yang cukup ekstra dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Paling lama adalah dengan aplikasi powtoon.  Selain itu membutuhkan jaringan internet yang kuat, dan kuota yang tidak sedikit. Hahaha J  dan ekspetasi saya berbeda dengan realita saya L. Gambar tidak bisa bergerak L. Kebanyakan karakter harus bayar, dan mahal harganya bisa seratus ribu lebih. Hehe. Dan  Bisa di lihat yang laki-laki di dalam video, saya baru kepikiran seharusnya cewe yah.. Tapi kenapa saya bisa pilih orang yang menjelaskannya cowo padahal suara saya. Kan saya wanita. Hahaha ( harap maklum yah sedikit kurang jeli,,,, masih belajar. Hehe ). Karakter laki- laki itu sebagai pencerita dan seharusnya bisa gerak dan bicara seperti orang-orang yang membuat memakai aplikasi ini. Menurut saya Belum perfect project ini saya buat... 

Eeiittttttssssss.... 

Tidak sampai disini.. saya masih ingin mempelajari aplikasi powtoon ini.. will not give up … hahaha J.  dan saya senang karena mendapat pengalaman baru lagi dengan menggunakan aplikasi powtoon. 

Setelah ini saya jadi ingin membuat Vlog dongeng untuk anak usia juga. So, jangan lupa di tonton, di like dan di subscribe video kali ini.. dan selanjutnya yaa.. 



Trimakasih kepada Bapak Suprih Widodo dan Miss Finita Dewi serta  teman-teman yang  sudah membaca cerita saya, semoga banyak pengetahuan yang di dapat serta inspirasi untuk mengembangkan berbagai macam teknologi khususnya untuk anak usia dini.. see you J....

Nama : Eva Astri Rahayu
Kelas  : 6B-PGPAUD
Nim    : 1505913




Rizki Dita Fawziah_6B PGPAUD_1507343

Nama               : Rizki Dita Fawziah  
NIM                : 1507343
Kelas               : 6B PGPAUD
Mata kuliah     : Pembelajaran Komputer Untuk AUD
Dosen              : Finita Dewi, S.S., M.A.

1. Dua project terbaik :
1.      Media ajar visual menggunakan aplikasi https://www.canva.com/  (pada pertemuan ke lima)
2.      Membuat vlog dongeng untuk AUD (pada project UAS)
2. Deskripsi project yang dikumpulkan :Media ajar visual menggunakan aplikasi https://www.canva.com/
A. Pada pertemuan ke lima merupakan materi pembuatan media ajar visual yang dibantu oleh aplikasi canva, dimana mahasiwa diberikan tugas untuk membuat media ajar visual dan mahasiswa diberikan kesempatan untuk memilih beberapa konten yang terdapat pada canva untuk dijadiakn sebagai hasil pembuatan media ajar visual bagi anak usia dini, media yang terdapat pada canva, salah satu diantaranya yaitu membuat poster yang berkenaan dengan anak usia dini guna dijadikan media edukasi.

B. Membuat vlog dongeng untuk AUD
Pada pertemuan ke enam merupakan pertemuan terakhir, mahasiswa diberikan tugas UAS dengan tiga pilihan project, salah satunya yaitu membuat vlog dongeng untuk anak usia dini. Saya memilih project membuat vlog dongeng untuk anak usia dini,  dimana pada tugas ini mahasiswa membuat video dirinya sedang mendongeng dengan buku cerita yang dipilihnya, dan dalam teknik penilaiannya Dosen memberikan kriteria-kriteria seperti pemilihan buku, isi buku, kejelasan intonasi, dan kreativitas membuat vlog.

3. Alasan saya memilih tugas :
     A. Media ajar visual menggunakan aplikasi https://www.canva.com/  (pada pertemuan ke lima). Dari beberapa materi yang diberikan yang sangat saya sukai ialah saat membuatmedia jar visual dari canva, karena ketika mencoba mengundang perasaan ingin mencoba yang lainnya, dan mengundang rasa penasaran untuk mencoba, selain itu saya memilih tugas tersebut karena ketika menggunakan canva dan akan membuat sebuah produk, dalam pembuatannya terdapat pilohan-pilihan untuk dijadikan sebagai referensi dalam membuat poster, dan jika kita berada diposisi sebagai pemula dan  belum begitu faham, dengan menggunakan canva kita dapat memilih beberapa contoh poster yang sudah disediakan dan hanya mengeditnya saja atau mengganti isi dari poster yang sudah ada dengan kebutuhan yang kita inginkan. Hal ini membuat saya tertarik untuk melakukan eksplorasi dalam penggunaan canva. Selain itu menurut saya canva merupakan tutorial untuk membuat desain visual dengan mudah dn praktis, sehingga tidak memakan waktu lama dalam proses pembuatan. Hal ini mendukung bagi para pendidik anak usia dini dalam memberikan media ajar berupa visual, yang didukung oleh fitur yang menarik perhatian ank usia dini.  Adapun manfaat yang dapat dirasakan saya ketika saya menggunakan canva yaitu :
·         Memudahkan saya jika saya akan membuat sebuah poster karena didalam canva terdapat berbagai konten yang telah disediakan dan telah dikelompokkan sesuai jenisnya
·         Tidak memakan waktu saat proses pembuatan
·         Dapat menambahkan gambar yang tidak ada didalam canva
·         Cara pemakaian aplikasi web ini sangat mudah
·         Dapat memilih konten sesuai keinginan
·         Terdapat berbagai jenis huruf, warna, background, gambar, dan jenis template
Selain itu, saya memilih project ini karena dapat dimanfaatkan dengan mudah baik dimana saja dan kapan saja dengan catatan terkoneksi dengan internet.
Adapun manfaat bagi anak usia dini yaitu :
·         Kognitif, anak akan mudah menganailisa karena hasil produk canva sudah dipastikan memiliki fitur-fitur yang menarik perhatian anak, Anak yang belum dapat membaca setidaknya dapat menganalisis dibantu dengan gambar-gambar symbol pada poster
·         Bahasa , dengan dibuatnya poster dari canva tidak menutup kemungkinan akan menambah kosa kata anak atau anak dapat mengkomunikasikannya kepada orang lain dengan bahasanya sendiri
·         Didalam poster dapat mengajarkan hal-hal positif bagi anak, seperti pembelajaran akademik secara dasar, nilai dan norma, dan sebagainya
·         Dapat mengenalkan kepada anak kecanggihan teknologi dijaman ini melalui hasil karya yang dibuat dari canva
·         Dapat dijadikan sumber belajar bagi anak



https://padlet-uploads.storage.googleapis.com/290590219/3b1d5d5088c02b14a2503aa9ab7e6e84/RAMBU_RAMINTBU_LALU_LINTAS.png

B.  Vlog dongeng untuk AUD
Membuat vlog dongeng untuk AUD
Alasannya karena menurut saya membuat vlog dongeng untuk anak usia dini belum banyak dilakukan oleh orang dewasa, karena saya belum pernah mencoba membuat vlog dongeng maka dari itu saya ingin mencobanya untuk mencari pengalaman dan wawasan baru dibidang teknologi, sehingga membuat saya tertarik untuk membuat project tersebut, selain itu vlog dongeng memiliki beberapa manfaat yang dapat dinikmati oleh orang lain jika pembuatan vlognya sempurna. Seperti memberikan edukasi terhadap anak dari mendongeng memlalui perantara teknologi, memperkenalkan anak pada canggihnya teknologi saat ini, orangtua dapat memanfaatkan vlog dongeng untuk didengarkan dan dilihat oleh anaknya, dapat menambah wawasan pengetahuan baru anak, merangsang anak untuk belajar bicara, menambah kosakata, memberikan sensasi baru pada anak, merangsang pendengaran anak dalam menyimak, melatih komunikasi verbal anak, menstimulus imajinasi anak, mengundang kreativitas anak karena melihat visual dari gambar buku, dan dapat menambah keakraban anak dengan orang dewasa.





4. Kesan pesan dalam mengikuti mata kuliah Pembelajaran Komputer untuk AUD
Kesannya adalah saya merasa senang karena banyak ilmu teknologi yang sebelumnya saya tidak ketahui, karena dijadikan tugas, mau tidak mau saya harus melaksanakan tugas tersebut sehingga bnayak hal-hal baru yang saya pelajari, adapun perasaan yang semula tidak bisa lalu menjadi bisa karena belajar
Pesannya adalah semoga saya dapat mengaplikasikan ilmu baru dalam hal keteknologian ini khususnya ketika saya sudah mengajar nanti. Dan untuk Dosen Pengampu mata kuliah tersebut semoga ilmu-ilmu yang sudah diberikan dapat menjadi berkah dan manfaat, serta Ibu diberi kemudahan dalam mengajar mahasiwa selanjutnya. Pada pembuatan vlog saya sangat merasakan hal baru dimana membuat vlog itu bagi saya susah-susah gampang dan pemula bagi saya diharuskan mempelajari dari berbagai segi baik segi dongeng maupn teknik editing video.

5. pelajaran yang ingin masih dipelajari dari mata kuliah ini
Untuk saya pribadi ingin mempelajari semua materi yang sudah diajarkan, karena ada beberapa yang belum saya pahami, sehingga diperlukannya belajar sendiri diluar jam mata kuliah ini. Agar kedepannya saya dapat mengaplikasikannya ketika mengajar nanti.






































































Yufi Najiah_6B PGPAUD_1406319

Nur Siti Hasanah_6B PGPAUD_1502057

Nama              : Nur Siti Hasanah
NIM                : 1502057
Kelas               : 6B PGPAUD
Mata kuliah     : Pembelajaran Komputer Untuk AUD
Dosen              : Finita Dewi, S.S., M.A.
  • .      2 project Pilihan
·         Eksplorasi dan Evaluasi website
·         Project UAS ( Membuat Vlog dongeng untuk anak Usia dini)

  • .      Tuliskan cerita sebagai pengantar kedua project ters     
  • Deskripsi project
  • -        Tugas pertama yaitu eksplorasi dan evaluasi website yaitu mengeskplor permainan yang ada di website ada ecosystem games,decompose, PBS Peg Games. Dicari kekurangan dan kelebihan yang ada didalam games tersebut. Dimana saya mendapatkan games tentang mencari harta karun dengan memaminkan dadu saat dadu angka mainkan maka anak akan menjalankan tokoh yang menjadi bajak lautnya. Namun ada beberapa kekurangan yang terdapat pada games ini yaitu tidak adanya punishment yang berlaku ketika anak melakukan kesalahan seharusnya reward dan punishment itu berlaku didunia anak karena setiap perbuatan dimuka bumi ini pasti ada balasannya. Saat kita berbuat baik maka kita akan mendapatkan kabaikan saat kita salah akan mendapatkan hukuman. Mengajarkan tanggung jawab. Dan pada permainan ini juga mengajarakn konsep menghitung dan mengajrkan bahas inggris juga kerena games ini berasal dari laur negeri. Dan games ini juga kurang menantang bagi anak anak karena setiap level seperti itu itu saja.
-          Membuat vlog dongen untuk anak usia dini yaitu berisi video buku dongen dimana kita mendongeng kemudian direkam dengan buku cerita   sebagai tampilannya. Saya mengambil dongen berjudul “ Bola Epan Hilang” disana diceritakan bahwa hewan bersahabat yaitu gajah, lebah, anjing, musang dan kancil. Mereka senang main bersama namun saat mereka bermain epan sigajah kehilangan bola kesayangannya pemberian dari ayah semua sahabatnya membantu mencari bola epan namun tidak juga ketemu ternyata bola itu diambil oleh sahabtnya sendiri yaitu musmus simusang . dan akhirnya musmuspun mengakui kesalahanya dan meminta maaf kepada epan dan kawan-kawannya. Akhirnya mereka bersama bermain kembali. Cerita yang dapat diambil yaitu kejujur itu sangat penting dalam kehidupan walaupun pait diawal tapi akhirnya selalu manis. Mengajarkan kita harus selalu bersikap jujur dimanapun kapanpun dan kepada siapapun.
  • ·         Mengapa memilih kedua project tersebut
-          Eksplorasi dan Evaluasi website


Mengapa saya memilih mengeksplorasi dan evaluasi website karena menurut saya dapat pembelajaran yang dapat diambil dari mengeeksplorasi website ini. Walaupun dari 6 kali pertemuan banyak yang saya sukai namun saya memilih ini untuk dinilai. Karena saat saat mencoba mengeekspolasi website dalam satu website terdapat beberapa permainan yang dapat digunakan jadi dari bebrapa permainan tersebut saya dapat mengambil inti sari dari permainan itu. Disamping permainan yang mengandung banyak manfaat seperti mengajarkan konsep matematika, konsep teknologi , bahasa, kognitif, motoric halus dan lainnya. Jadi kita bisa memilah dan memilih permainan mana yang dapat dimainn kan oleh anak jadi kita tidak khawatir saat memberi website ini pada anak karena skita sudah mengetahui permainan apa yang baik untuk digunakan untuk anak. dan yang membuat saya tertarik dengan website ini yaitu selain banyaknya permainan yang dapat digunakan oleh anak adalah kita dapat mengambil ide dari permainan tersebut untuk dapat dijadikan referensi untuk mengajar pada anak terkadang guru Paud sering kesulitan untuk menentukan bahan ajar saat kita melihat games ini kita mendapat ide untuk dijadikan referensi. Hal yang tidak terpikir dapat diajdikan media pembelajaran namun. Seperti halnya games yang saya evaluasi yaitu mencari harta karun walaupun ada kekurangan dalam games tersebut tapi kita dapat mengambil  idenya saat mengajarkan konsep berhitung dengan cara baru yaitu mencari harta karun anak belajar menghitung langkah dan mengetahui macam macam bahasa inggris.


-          Project UAS ( Membuat Vlog dongeng untuk anak Usia dini
Mengapa saya memilih ini untuk uas karena benar kata mis fin untuk mengajarkan anak untuk suka membaca yaitu salah satunya dengan video dongen ini yang ternyata isinya yaitu membaca dari buku. Dimana saat jaman ini anak anak lebihbtertarik menonton video dari pada membaca buku karena anak jaman milineal lebih cenderung pada gadgetnya. Maka dari itu saya memilih itu untuk mencoba agar anak anak lebih terarik membaca bukunya langsung dari pada menonton dan bermain gadget. Karena mendongeng mendapat banyak manfaat selain anak belajaar mecari hikmah dari setiap kejadian anak juga dapat menjalin hubungan dekat dengan orang tuanya. Karena saat anak membiasakan suka membaca akan mudah dikemudian harinya karena banyak ilmu yang diperoleh dengan membaca.
  



·         Kesan membuat project
Sangat berkesan banget karena jujur ini baru pertama kali bisa melakukan hal hal yang menurut saya canggih tau bermacam website permainan anak juga bisa belajar dari web tersebut ternyata banyak banget cara yang dapat digunakan untuk memberikan pembelajaran pada anak usia dini dari hal yang sangat sederhana hingga hal yang kompleks sekalipun. Mungkin sayanya yang kurang uptudate terkait teknologi namun setelah saya mendapat project ini saya lebih tau banyak hal. Project yang kedua yaitu mendongen ini juga baru pertama kali saya mendongeng lalu direkam dan share diyoutube, walaupun masih diprivasi. Ini menjadi pengalaman yang berharga sekali. Dengan saya melakukan project ini saya lebih termotivasi untuk bisa mendongeng lebih baik dan bisa ditonton oleh orang lain.
·         Kesan mengikuti mata kuliah ini
Berkesan banget banyak hal yang baru saya ketahui mengenai teknologi ternyata teknologi sekarang banyak memberikan manfaat selain ada pula dampak negative ada juga dampak positif yang diberikan. Aku suka pelajaran ini karena sesuai dengan jaman saat ini membuat kita tidak ketinggalan jaman dan mampu mengelola informasi lebih maksimal.
·         Yang ingin dipelajari dari matkul ini
-          Membuat games yang dapat digunakan oleh banyak orang
-          Membuat channel youtube yang dapat menghasilkan uang agar itu dapat dijadikan modal untuk membangunpaud yang bagus.
-          Mampu mengenalkan telnologi pada anak anak yang mungkintertinggal dalam hal teknologi.