Sunday, June 3, 2018


Project pertama yang menurut saya terbaik adalah project membuat media visual. Bukan karena media visual saya paling bagus, tapi menurut saya pengalaman yang saya dapat bisa saya bagikan kepada yang lain. Kebanyakan TK yang pernah saya observasi poster atau media visual yang ditempelkan di dinding kelas adalah poster yang banyak dijual di toko buku bukan yang guru buat, dengan membuat sendiri media visual ini, guru bisa lebih kreatif serta anak-anak dikelas diharapkan  lebih tertarik untuk membaca ataupun melihat poster yang ditempelkan di dinding kelas.

Media visual yang saya buat tentang “Aturan Makan Siang” (1) cuci tangan , 2) duduk, 3) berdo’a sebelum makan, 4) pakai tangan kanan, 5) habiskan makanan, 6) berdo’a sesudah makan, 7) cuci tangan. Media visual ini memberikan informasi tata cara atau adab apa yang harus dilakukan anak saat makan. Kenapa aturan saat makan ? karena biasanya makan yang dilakukan anak-anak disekolah adalah makan siang, jadi diharapkan dengan anak mengetahui aturan makan siang disekolah, anak bisa menerapkannya di rumah, di kehidupan sehari-harinya kemudian akan menerapkan kebiasaan ini disetiap kali ia akan makan.

Project kedua yang saya pilih adalah project vlog dongeng. Kenapa dengan vlog dongeng ? dongeng menurut saya adalah media terbaik untuk mengajarkan nilai-nilai kepada anak sejak dini, dengan memberikan dia modelling lewat tokoh-tokoh yang ada di cerita. Diharapkan anak bisa mengambil nilai-nilai positif yang ada di dongeng dan menerapkannya di kehidupannya. Dongeng yang saya pilih berjudul “Gajah Si Besar Berbelalai Panjang”, dongeng ini menceritakan tentang seekor anak gajah yang berwarna hijau. Kenapa memilih buku ini? karena menurut saya dongeng yang disajikan sederhana namun banyak makna dibalik beberapa kejadian yang terjadi. Di dalam dongeng ini mama gajah memberikan beberapa nasihat, jika ingin menjadi anak yang kuat harus makan yang banyak, jika ingin badan yang bersih maka harus mandi dan selalu berhati-hati saat bermain.


Mata kuliah ini memberikan pengalaman yang sangat mengesankan untuk saya, mata kuliah ini mengajarkan banyak hal yang bisa dilakukan guru dengan komputer untuk membuat pembelajaran yang bermakna untuk anak, memang sekarang ini masih sangat minim guru yang menggunakan media komputer karena keterbatasan yang dimiliki sekolah ataupun keterbatasan yang dimilki guru, diharapkan generasi saya bisa membantu mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan media teknologi saat ini walaupun masih harus banyak belajar. Sebenarnya masih banyak sekali yang harus saya pelajari di mata kuliah ini, salah satunya membuat media pembelajaran berbasis komputer yang bisa mengembangkan aspek sosial anak , semoga bisa mempelajarinya di mata kuliah yang lain.

(Windi Khaerun Nikmah - 6B PGPAUD - NIM. 1503915)

1 comment:

  1. Refleksi: 90

    Tugas
    Relevansi media ajar dengan kurikulum PAUD: 90
    Kesesuaian media ajar dengan karakteristik AUD: 90
    Kreativitas pembuatan media ajar: 85

    UAS
    Pemilihan Cerita/ Buku yang sesuai dengan karakteristik AUD: 90
    Kejelasan Suara/Intonasi dalam dongeng: 90
    Kreativitas pembuatan Vlog/Dongeng Digital: 90

    ReplyDelete