Sunday, June 10, 2018


Anggita Aprilia_6B PGPAUD_1504556
Nama               : Anggita Aprilia
Kelas/Nim       : 6B PGPAUD / 1504556

Pilihan 2 Project Terbaik :
1.      Project Review Game
2.      Vlog Dongeng

Deskripsi Project
1.      Project mereview game PBS KIDS (PEG + CAT) Paint a Long
Review game ini membuat saya menjadi tahu bahwa banyak sekali permainan berbasis computer yang beredukasi baik dan sesuai dengan anak usia dini. Pada game PBS KIDS (PEG+CAT) Paint a Long yang dimana kegiatan game ini adalah belajar melukis dan menggambar. Game ini sangat cocok di mainkan oleh anak,  karna game ini memiliki petunjuk yang mudah untuk dimengerti.
Pada layar awal kegiatan, game tersebut langsung menuju pada pemilhan permainan atau pemilihan gambar yang akan di pilih oleh anak sesuai dengan kemauannya. Kebetulan pada game ini saya memilih kegiatan kotak yang paling akhir di antara ketiga kotak yang tersedia pada game (Paint a Long). Ketika kita mengklik kotak yang sudah dipilih maka akan ada gambar dengan background anak perempuan yang sedang melukis.
Kegiatan-kegiatan pada game ini juga banyak sekali yang dapat dipilih oleh anak, seperti kegiatan menggambar bidang datar, melukis objek, dan melukis bebas. Game ini sangat bagus karena game ini dapat melatih kreativitas dan motoric halus anak.
Alasan saya memilih project ini adalah karena saya merasa tugas ini yang paling baik dibandingkan dengan tugas-tugas lain yang pernah saya kerjakan. Permainan-permainan yang ada juga sangat baik jika diaplikasikan langsung kepada anak. Sebelumnya, selain mereview game saya juga dapat pembelajaran dari game edukasi yang terdapat pada permainan tersebut.
Ini adalah link review games yang telah saya buat : https://youtu.be/NKt2EFOVhsI

2.      Project Vlog Dongeng
Pada vlog dongeng yang saya buat kali ini terlebih saya khususkan untuk menarik minat anak dalam memperhatikan dan mendengarkan, Saya berharap dengan pembuatan vlog dongeng ini dapat meningkatkan kemauan anak dalam mendengarkan cerita atau dongeng. Dengan kemajuan teknologi, kini kita bisa melakukan kegiatan mendongeng tanpa harus bertatap muka secara langsung. Kegiatan ini dapat memudahkan para orang tua yang ingin memberikan tontonan-tontonan yang bersifat edukatif dan cocok untuk ditonton oleh anak sesuai dengan umurnya tanpa perlu menghawatirkan efek samping yang buruk pada anak.
Alasan saya memilih project dalam pembuatan vlog dongeng ini adalah karena kita hidup di zaman milenial yang dimana anak sudah sangat dekat dan tidak asing lagi dengan teknologi. Alasan inilah yang menjadikan saya membuat pilihan untuk membuat vlog dongeng tersebut, karena sekarang anak sudah dapat mengakses yputube diamanpun dan kapanpun dia inginkan. Media youtube juga sangat membantu dalam mengaplikasikan pembelajaran dengan mudah dan disukai oleh anak-anak.
Ini adalah link project youtube vlog dongeng yang telah saya buat: https://www.youtube.com/watch?v=7VYP8uMDty8&t=237s



3.      Kesan dan pesan setelah mengikuti Mata Kuliah ini

Setelah mengampu mata kuliah ini saya semakin tahu dan mengerti serta bisa membuat suatu project dengan aplokasi yang berbasis computer, yang tadinya saya tidak bisa dan dan tidak mengerti kalau ternyata bisa membuat game hanya dengan menggunakan Microsoft power point sekarang saya menjadi bisa membuat dan  mengerjakannya. Ketika kelak saya akan mengajar di PAUD maka saya akan mengaplikasikan ilmu yang sudah saya dapatkan dari mata kuliah ini.

1 comment:

  1. Refleksi 85

    Tugas
    Kemampuan mendeskripsikan Web:90
    Kemampuan menganalisa web:90
    Kemampuan merancang implementasi web:90


    UAS
    Pemilihan Cerita/ Buku yang sesuai dengan karakteristik AUD:90
    Kejelasan Suara/Intonasi dalam dongeng:95
    Kreativitas pembuatan Vlog/Dongeng Digital: 100

    ReplyDelete