Sunday, June 10, 2018


PEMBELAJARAN KOMPUTER UNTUK AUD

Hello  teman- teman ,,, sepertinya saya adalah orang yang ngepost blog terakhir deh... haha semoga saja masih ada yang belum selesai ya jadi ada temannya… hehehe

Oiya lupa untuk berkenalan, perkenalkan nama saya Eva Astri Rahayu. dan kebanyakan orang memanggil saya dengan nama depan yaitu ’’eva’’.  So, saya sering dipanggil eva. Dan saya kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia kampus purwakarta, jurusan PGPAUD. Sekarang sudah semester 6. And than, Semester 6 ini banyak sekali pembelajaran yang saya ambil . contohnya seperti di mata kuliah PEMBELAJARAN KOMPUTER UNTUK AUD.. 

kenapaaa????

Karena, saya dapat membuat berbagai macam project seperti membuat game, mereview game;  https://www.youtube.com/watch?v=IsbYt-Kk2co , membuat poster, membuat dongeng digital membuat Vlog dongeng untuk AUD . Dan bahkan ini adalah salah satu blog pertama kali yang saya buat.  So, saya bertrimakasi sekali kepada dosen saya yaitu Bapak Suprih Widodo dan Miss. Finita Dewi. Beliau adalah dosen di UPI Purwakarta.. sangat asik, tidak membosankan ketika jam matakuliah berlangsung  Dan beliau sangat di nanti-nantikan oleh fansnya. ( saya salah satu fans miss finita lho J ) hehe. saya juga dapat pengetahuan banyak dari beliau tentang teknologi...

 Oiya… Tadi sangat luar biasa bukan jurusan pgpaud ?  bisa apa saja yah.. jadi sedikit eksis akan menambah teman, banyak eksis akan menambah beribu teman dan fans.hahaha.  Kembali lagi ke topic project saya. Yang saya suka di antara project ini adalah ketika saya membuat poster menggunakan aplikasi canva. aplikasi canva itu memudahkan kalian untuk membuat seperti poster, mengedit foto untuk di instagram dan sebagainya,  Yaahhh walaupun harus membutuhkan kesabaran yang luar biasa ketika jaringan kalian lemot.. hehe

Bisa kalian lihat di bawah ini contoh poster yang saya buat.. poster ini sangat cocok untuk anak usia dini. Karena menjelaskan apasaja peralatan yang dibawa pada saat berenang.



Dan project untuk tugas akhir ini adalah membuat Media Ajar Untuk AUD Berbasis Teknologi Digital… saya membuat video pembelajaran untuk anak usia dini memakai aplikasi powtoon. Waahhh sepertinya saya tidak sama dengan teman-teman yang lain yang kebanyakan membuat Vlog.. oiya Vlog mereka bangus-bagus lho.. bisa kalian liat di youtube dengan clue (dongeng untuk anak usia dini).

Naahhh…. Kalo saya awalnya ingin membuat Vlog juga seperti teman saya tapi kali ini ingin mencoba hal yang baru, karena ekspetasi saya akan bagus.. 

namun… jreng …..jreeenggggggggggg… bagaus gak yaa. Hahahah

Oiya sebelumnya ada yang tau gak aplikasi powtoon itu apa?

Jadi, Powtoon  merupakan Aplikasi untuk membuat video Animasi secara sederhana namun bukan untuk sejenis filem, akan tetapi lebih kepada ‘mempresentasikan’ materi dengan cara yang lebih variatif, unik, dan menyenangkan sesuai dengan tingkat imajinasi, daya komunikasi, substansi, kreasi, serta Software, Aplikasi.

Nah… bagus bukan? Mudah ko mudah, tapi kebanyakan gambar atau animasinya berbayar L. Huhuhu..kalau canva ada yang berbayar juga namun banyak juga yang free nya dan awalnya saya membuat dengan menggunakan aplikasi powtoon hanya mencoba-coba saja karena ekspetasi saya di video ini gambar bisa gerak dan mempresentasikan atau menjelaskan ke anak lebih mudah….. it will be easy,  if we want to learn.. 

Kebanyakan powtoon berisi tentang pengetahuan dan di presentasikanya.. nah.. bedanya kalau saya di ceritakan dengan contoh dua ekor anak panda. Tujuannya bisa digunakan untuk media pembelajaran, cara ini mengenalkan anak mengenai teknologi seperti video diputar melalui laptop dan proyektor atau di lihat di youtube dengan panduan orang dewasa, agar menarik  anak, melatih kemandirian anak dan menumbuhkan rasa tanggung jawab usai anak menonton video ini..

Kesan membuat video ini, teman-teman  mau tau??? Hahahha

Kesannya adalah masing –masing kedua project diatas dibuat dengan kesabaran yang cukup ekstra dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Paling lama adalah dengan aplikasi powtoon.  Selain itu membutuhkan jaringan internet yang kuat, dan kuota yang tidak sedikit. Hahaha J  dan ekspetasi saya berbeda dengan realita saya L. Gambar tidak bisa bergerak L. Kebanyakan karakter harus bayar, dan mahal harganya bisa seratus ribu lebih. Hehe. Dan  Bisa di lihat yang laki-laki di dalam video, saya baru kepikiran seharusnya cewe yah.. Tapi kenapa saya bisa pilih orang yang menjelaskannya cowo padahal suara saya. Kan saya wanita. Hahaha ( harap maklum yah sedikit kurang jeli,,,, masih belajar. Hehe ). Karakter laki- laki itu sebagai pencerita dan seharusnya bisa gerak dan bicara seperti orang-orang yang membuat memakai aplikasi ini. Menurut saya Belum perfect project ini saya buat... 

Eeiittttttssssss.... 

Tidak sampai disini.. saya masih ingin mempelajari aplikasi powtoon ini.. will not give up … hahaha J.  dan saya senang karena mendapat pengalaman baru lagi dengan menggunakan aplikasi powtoon. 

Setelah ini saya jadi ingin membuat Vlog dongeng untuk anak usia juga. So, jangan lupa di tonton, di like dan di subscribe video kali ini.. dan selanjutnya yaa.. 



Trimakasih kepada Bapak Suprih Widodo dan Miss Finita Dewi serta  teman-teman yang  sudah membaca cerita saya, semoga banyak pengetahuan yang di dapat serta inspirasi untuk mengembangkan berbagai macam teknologi khususnya untuk anak usia dini.. see you J....

Nama : Eva Astri Rahayu
Kelas  : 6B-PGPAUD
Nim    : 1505913




2 comments:

  1. Refleksi 90

    Tugas
    Relevansi media ajar dengan kurikulum PAUD:85
    Kesesuaian media ajar dengan karakteristik AUD:90
    Kreativitas pembuatan media ajar:90

    UAS
    Pemilihan Cerita/ Buku yang sesuai dengan karakteristik AUD:90
    Kejelasan Suara/Intonasi dalam dongeng:95
    Kreativitas pembuatan Vlog/Dongeng Digital:100

    ReplyDelete
  2. thank you very much miss :))))))...
    atas nilai yang diberikan, dan ilmunya juga yang telah diberikan untuk mahasiswa PGPAUD UPI kampus purwakarta :). sekali lagi terimakasih banyak mis.finita

    ReplyDelete