Sunday, June 10, 2018

Rizki Dita Fawziah_6B PGPAUD_1507343

Nama               : Rizki Dita Fawziah  
NIM                : 1507343
Kelas               : 6B PGPAUD
Mata kuliah     : Pembelajaran Komputer Untuk AUD
Dosen              : Finita Dewi, S.S., M.A.

1. Dua project terbaik :
1.      Media ajar visual menggunakan aplikasi https://www.canva.com/  (pada pertemuan ke lima)
2.      Membuat vlog dongeng untuk AUD (pada project UAS)
2. Deskripsi project yang dikumpulkan :Media ajar visual menggunakan aplikasi https://www.canva.com/
A. Pada pertemuan ke lima merupakan materi pembuatan media ajar visual yang dibantu oleh aplikasi canva, dimana mahasiwa diberikan tugas untuk membuat media ajar visual dan mahasiswa diberikan kesempatan untuk memilih beberapa konten yang terdapat pada canva untuk dijadiakn sebagai hasil pembuatan media ajar visual bagi anak usia dini, media yang terdapat pada canva, salah satu diantaranya yaitu membuat poster yang berkenaan dengan anak usia dini guna dijadikan media edukasi.

B. Membuat vlog dongeng untuk AUD
Pada pertemuan ke enam merupakan pertemuan terakhir, mahasiswa diberikan tugas UAS dengan tiga pilihan project, salah satunya yaitu membuat vlog dongeng untuk anak usia dini. Saya memilih project membuat vlog dongeng untuk anak usia dini,  dimana pada tugas ini mahasiswa membuat video dirinya sedang mendongeng dengan buku cerita yang dipilihnya, dan dalam teknik penilaiannya Dosen memberikan kriteria-kriteria seperti pemilihan buku, isi buku, kejelasan intonasi, dan kreativitas membuat vlog.

3. Alasan saya memilih tugas :
     A. Media ajar visual menggunakan aplikasi https://www.canva.com/  (pada pertemuan ke lima). Dari beberapa materi yang diberikan yang sangat saya sukai ialah saat membuatmedia jar visual dari canva, karena ketika mencoba mengundang perasaan ingin mencoba yang lainnya, dan mengundang rasa penasaran untuk mencoba, selain itu saya memilih tugas tersebut karena ketika menggunakan canva dan akan membuat sebuah produk, dalam pembuatannya terdapat pilohan-pilihan untuk dijadikan sebagai referensi dalam membuat poster, dan jika kita berada diposisi sebagai pemula dan  belum begitu faham, dengan menggunakan canva kita dapat memilih beberapa contoh poster yang sudah disediakan dan hanya mengeditnya saja atau mengganti isi dari poster yang sudah ada dengan kebutuhan yang kita inginkan. Hal ini membuat saya tertarik untuk melakukan eksplorasi dalam penggunaan canva. Selain itu menurut saya canva merupakan tutorial untuk membuat desain visual dengan mudah dn praktis, sehingga tidak memakan waktu lama dalam proses pembuatan. Hal ini mendukung bagi para pendidik anak usia dini dalam memberikan media ajar berupa visual, yang didukung oleh fitur yang menarik perhatian ank usia dini.  Adapun manfaat yang dapat dirasakan saya ketika saya menggunakan canva yaitu :
·         Memudahkan saya jika saya akan membuat sebuah poster karena didalam canva terdapat berbagai konten yang telah disediakan dan telah dikelompokkan sesuai jenisnya
·         Tidak memakan waktu saat proses pembuatan
·         Dapat menambahkan gambar yang tidak ada didalam canva
·         Cara pemakaian aplikasi web ini sangat mudah
·         Dapat memilih konten sesuai keinginan
·         Terdapat berbagai jenis huruf, warna, background, gambar, dan jenis template
Selain itu, saya memilih project ini karena dapat dimanfaatkan dengan mudah baik dimana saja dan kapan saja dengan catatan terkoneksi dengan internet.
Adapun manfaat bagi anak usia dini yaitu :
·         Kognitif, anak akan mudah menganailisa karena hasil produk canva sudah dipastikan memiliki fitur-fitur yang menarik perhatian anak, Anak yang belum dapat membaca setidaknya dapat menganalisis dibantu dengan gambar-gambar symbol pada poster
·         Bahasa , dengan dibuatnya poster dari canva tidak menutup kemungkinan akan menambah kosa kata anak atau anak dapat mengkomunikasikannya kepada orang lain dengan bahasanya sendiri
·         Didalam poster dapat mengajarkan hal-hal positif bagi anak, seperti pembelajaran akademik secara dasar, nilai dan norma, dan sebagainya
·         Dapat mengenalkan kepada anak kecanggihan teknologi dijaman ini melalui hasil karya yang dibuat dari canva
·         Dapat dijadikan sumber belajar bagi anak



https://padlet-uploads.storage.googleapis.com/290590219/3b1d5d5088c02b14a2503aa9ab7e6e84/RAMBU_RAMINTBU_LALU_LINTAS.png

B.  Vlog dongeng untuk AUD
Membuat vlog dongeng untuk AUD
Alasannya karena menurut saya membuat vlog dongeng untuk anak usia dini belum banyak dilakukan oleh orang dewasa, karena saya belum pernah mencoba membuat vlog dongeng maka dari itu saya ingin mencobanya untuk mencari pengalaman dan wawasan baru dibidang teknologi, sehingga membuat saya tertarik untuk membuat project tersebut, selain itu vlog dongeng memiliki beberapa manfaat yang dapat dinikmati oleh orang lain jika pembuatan vlognya sempurna. Seperti memberikan edukasi terhadap anak dari mendongeng memlalui perantara teknologi, memperkenalkan anak pada canggihnya teknologi saat ini, orangtua dapat memanfaatkan vlog dongeng untuk didengarkan dan dilihat oleh anaknya, dapat menambah wawasan pengetahuan baru anak, merangsang anak untuk belajar bicara, menambah kosakata, memberikan sensasi baru pada anak, merangsang pendengaran anak dalam menyimak, melatih komunikasi verbal anak, menstimulus imajinasi anak, mengundang kreativitas anak karena melihat visual dari gambar buku, dan dapat menambah keakraban anak dengan orang dewasa.





4. Kesan pesan dalam mengikuti mata kuliah Pembelajaran Komputer untuk AUD
Kesannya adalah saya merasa senang karena banyak ilmu teknologi yang sebelumnya saya tidak ketahui, karena dijadikan tugas, mau tidak mau saya harus melaksanakan tugas tersebut sehingga bnayak hal-hal baru yang saya pelajari, adapun perasaan yang semula tidak bisa lalu menjadi bisa karena belajar
Pesannya adalah semoga saya dapat mengaplikasikan ilmu baru dalam hal keteknologian ini khususnya ketika saya sudah mengajar nanti. Dan untuk Dosen Pengampu mata kuliah tersebut semoga ilmu-ilmu yang sudah diberikan dapat menjadi berkah dan manfaat, serta Ibu diberi kemudahan dalam mengajar mahasiwa selanjutnya. Pada pembuatan vlog saya sangat merasakan hal baru dimana membuat vlog itu bagi saya susah-susah gampang dan pemula bagi saya diharuskan mempelajari dari berbagai segi baik segi dongeng maupn teknik editing video.

5. pelajaran yang ingin masih dipelajari dari mata kuliah ini
Untuk saya pribadi ingin mempelajari semua materi yang sudah diajarkan, karena ada beberapa yang belum saya pahami, sehingga diperlukannya belajar sendiri diluar jam mata kuliah ini. Agar kedepannya saya dapat mengaplikasikannya ketika mengajar nanti.






































































1 comment:

  1. Refleksi 95

    Tugas
    Relevansi media ajar dengan kurikulum PAUD:90
    Kesesuaian media ajar dengan karakteristik AUD:90
    Kreativitas pembuatan media ajar:90

    UAS
    Pemilihan Cerita/ Buku yang sesuai dengan karakteristik AUD:90
    Kejelasan Suara/Intonasi dalam dongeng:100
    Kreativitas pembuatan Vlog/Dongeng Digital:80

    ReplyDelete