Nama :
Indri Rachma Sari
Kelas/NIM : 6B PGPAUD/1506738
·
2 Project terbaik :
1. Flashcard
Memory Game Maker
2. Vlog
Dongeng
·
Deskripsi Project
1. FlashCard
Memory Game Maker
FlashCard
memory game maker adalah membuat game untuk anak-anak, bisa menggunakan tema di
sekolah seperti : Binatang, Tumbuhan, Kendaraan, dan lain-lain. Bisa memilih 6
sampai 18 kartu untuk di permainan, dan bisa menggunakan gambar, suara, dan
text. Cara bermainnya yaitu dengan menebak dari suara, gambar, atau text dengan
benar.
Alasan
saya memilih FlashCard Memory Game Maker sebagai project terbaik di mata kuliah
ini, karena saya membuatnya dengan menggunakan suara saya. Dapat memilih gambar, teks, dan suara sesuai dengan keinginan. Dan menurut saya
menggunakan nya pun cukup mudah, FlashCard ini sangat bermanfaat untuk media
pembelajaran di zaman yang serba menggunakan teknologi. Berguna dalam media
pembelajaran di TK/PAUD sesuai tema, dan dengan menggunakan Flascard Memory
Game Maker ini membantu anak dalam perkembangan kognitif anak.
Kesan
:
Saya
sangat antusias saat menggunakan aplikasi tersebut. Karena ini hal baru, dan
sangat membantu saya sebagai guru untuk media pembelajaran. Dengan menggunakan
Flascard Memory Game Maker ini membantu guru dalam proses pembelajaran untuk menarik perhatian anak, dapat mengembangkan perkembangan kognitif dan
menstimulus rasa ingin tahu anak.
2. Vlog
Dongeng
Vlog Dongeng saya pilih menjadi salah
satu project akhir. Vlog dongeng adalah mendongeng dalam bentuk video dengan
menggunakan sumber buku dongeng yang kemudian nanti di upload di Youtube.
Dongeng yang saya pilih yang berjudul “Kecerdikan sang Kancil”. Dongeng ini
berisikan mengenai binatang-binatang yang dapat dikenali kepada anak.
Judul dongeng : Kecerdasan Sang Kancil
Oleh : Dhany Larito
Penerbit :
Daffa Media Jakarta
Alasan saya memilih project Vlog dongeng
karena pada saat ini Vlog sangat berkembang dikalangan masyarakat sampai
anak-anak. Dengan saya membuat Vlog dongeng saya dapat memberi manfaat untuk
anak-anak yang menonton youtube. Vlog Dongeng ini membantu anak dalam
perkembangan Bahasa dan minat baca anak, mengembangkan imajinasi, sosial
emosional, dan mengenalkan nilai moral kepada anak.
Kesan :
Saat saya memilih membuat project
dongeng ini, saya rasa ini mudah. Ternyata saat proses pembuatan nya saya
merasa banyak kesulitan yang dihadapi. Yang pertama, saya perlu memilih cerita
apa yang sesuai dengan anak usia dini, dalam proses video saya sangat kesulitan
karena saya mengerjakannya sendiri, di bantu dengan tripod yang jadi penyangga
HP. Namun saya sangat senang karena dapat menambah pengalaman.
·
Kesan setelah mengikuti Matkul
Pendidikan Komputer untuk AUD
Sangat bermanfaat untuk bekal saya nanti
menjadi seorang guru di kemudian hari. Ilmu yang sangat berguna dan mudah di
aplikasikan di Pendidikan Anak Usia Dini. Dengan belajar matakuliah Pendidikan
Komputer ini memudahkan saya nanti sebagai guru untuk membuat media
pembelajaran yang lebih kreatif.
·
Hal yang masih ingin di pelajari
Masih
banyak hal yang masih ingin saya pelajari, karena pastinya masih banyak
aplikasi dan sesuatu yang belum saya pelajari, dan pastinya hal tersebut akan
berguna untuk di gunakan dikemudian hari. Karena semakin berkembangnya zaman, dalam
proses pembalajaran perlu ada perubahaan sesuai dengan zamannya.
(Link FlashCard Digital Memory Game Maker)
https://drive.google.com/drive/folders/1TBaOoecV4WGgnIWlkEAq-_S7fEpi9NKd?usp=sharing(Link FlashCard Digital Memory Game Maker)
https://drive.google.com/drive/folders/1YkhHX6jN3g7jkFaRP4neEi9Qaf69uKJ6?usp=sharing
https://youtu.be/D924dsZQtQQ
Refleksi: 90
ReplyDeleteTugas
Relevansi media ajar dengan kurikulum PAUD: 70
Kesesuaian media ajar dengan karakteristik AUD: 85
Kreativitas pembuatan media ajar: 85
UAS
Pemilihan Cerita/ Buku yang sesuai dengan karakteristik AUD: 90
Kejelasan Suara/Intonasi dalam dongeng: 85
Kreativitas pembuatan Vlog/Dongeng Digital: 90
Terima kasih mrs 😊
ReplyDeleteTerima kasih mrs 😊
ReplyDelete