Tuesday, June 5, 2018

Indri Rachma Sari_6B PGPAUD_1506738

    Nama                           : Indri Rachma Sari
    Kelas/NIM                    : 6B PGPAUD/1506738
·         2 Project terbaik          :
1.      Flashcard Memory Game Maker
2.      Vlog Dongeng
·         Deskripsi Project
1.      FlashCard Memory Game Maker
FlashCard memory game maker adalah membuat game untuk anak-anak, bisa menggunakan tema di sekolah seperti : Binatang, Tumbuhan, Kendaraan, dan lain-lain. Bisa memilih 6 sampai 18 kartu untuk di permainan, dan bisa menggunakan gambar, suara, dan text. Cara bermainnya yaitu dengan menebak dari suara, gambar, atau text dengan benar.
Alasan saya memilih FlashCard Memory Game Maker sebagai project terbaik di mata kuliah ini, karena saya membuatnya dengan menggunakan suara saya. Dapat memilih gambar, teks, dan suara sesuai dengan keinginan. Dan menurut saya menggunakan nya pun cukup mudah, FlashCard ini sangat bermanfaat untuk media pembelajaran di zaman yang serba menggunakan teknologi. Berguna dalam media pembelajaran di TK/PAUD sesuai tema, dan dengan menggunakan Flascard Memory Game Maker ini membantu anak dalam perkembangan kognitif anak.
Kesan :
Saya sangat antusias saat menggunakan aplikasi tersebut. Karena ini hal baru, dan sangat membantu saya sebagai guru untuk media pembelajaran. Dengan menggunakan Flascard Memory Game Maker ini membantu guru dalam proses pembelajaran untuk menarik perhatian anak, dapat mengembangkan perkembangan kognitif dan menstimulus rasa ingin tahu anak.

2.      Vlog Dongeng
Vlog Dongeng saya pilih menjadi salah satu project akhir. Vlog dongeng adalah mendongeng dalam bentuk video dengan menggunakan sumber buku dongeng yang kemudian nanti di upload di Youtube. Dongeng yang saya pilih yang berjudul “Kecerdikan sang Kancil”. Dongeng ini berisikan mengenai binatang-binatang yang dapat dikenali kepada anak.
                        Judul dongeng : Kecerdasan Sang Kancil
                        Oleh                : Dhany Larito
Penerbit           : Daffa Media Jakarta
      Alasan saya memilih project Vlog dongeng karena pada saat ini Vlog sangat berkembang dikalangan masyarakat sampai anak-anak. Dengan saya membuat Vlog dongeng saya dapat memberi manfaat untuk anak-anak yang menonton youtube. Vlog Dongeng ini membantu anak dalam perkembangan Bahasa dan minat baca anak, mengembangkan imajinasi, sosial emosional, dan mengenalkan nilai moral kepada anak.
      Kesan  :
Saat saya memilih membuat project dongeng ini, saya rasa ini mudah. Ternyata saat proses pembuatan nya saya merasa banyak kesulitan yang dihadapi. Yang pertama, saya perlu memilih cerita apa yang sesuai dengan anak usia dini, dalam proses video saya sangat kesulitan karena saya mengerjakannya sendiri, di bantu dengan tripod yang jadi penyangga HP. Namun saya sangat senang karena dapat menambah pengalaman.

·         Kesan setelah mengikuti Matkul Pendidikan Komputer untuk AUD
Sangat bermanfaat untuk bekal saya nanti menjadi seorang guru di kemudian hari. Ilmu yang sangat berguna dan mudah di aplikasikan di Pendidikan Anak Usia Dini. Dengan belajar matakuliah Pendidikan Komputer ini memudahkan saya nanti sebagai guru untuk membuat media pembelajaran yang lebih kreatif.
·         Hal yang masih ingin di pelajari
Masih banyak hal yang masih ingin saya pelajari, karena pastinya masih banyak aplikasi dan sesuatu yang belum saya pelajari, dan pastinya hal tersebut akan berguna untuk di gunakan dikemudian hari. Karena semakin berkembangnya zaman, dalam proses pembalajaran perlu ada perubahaan sesuai dengan zamannya.
(Link FlashCard Digital Memory Game Maker)
https://drive.google.com/drive/folders/1TBaOoecV4WGgnIWlkEAq-_S7fEpi9NKd?usp=sharing

https://drive.google.com/drive/folders/1YkhHX6jN3g7jkFaRP4neEi9Qaf69uKJ6?usp=sharing



https://youtu.be/D924dsZQtQQ

3 comments:

  1. Refleksi: 90

    Tugas
    Relevansi media ajar dengan kurikulum PAUD: 70
    Kesesuaian media ajar dengan karakteristik AUD: 85
    Kreativitas pembuatan media ajar: 85

    UAS
    Pemilihan Cerita/ Buku yang sesuai dengan karakteristik AUD: 90
    Kejelasan Suara/Intonasi dalam dongeng: 85
    Kreativitas pembuatan Vlog/Dongeng Digital: 90

    ReplyDelete