Wednesday, June 6, 2018

Tugas Ujian Akhir Semester_Agisty Fitriani_1503605_6A PGPAUD




Nama    : Agisty Fitriani
NIM      : 1503605
Kelas    : 6A PGPAUD

Saya memilih Media Visual sebagai project tugas yang saya ajukan dalam mata kuliah Pembelajaran Komputer untuk Anak Usia Dini, dengan membuat poster yang berjudul “aturan makan”. Poster ini menjelaskan tentang aturan makan yang diawali dengan mencuci tangan menggunakan sabun sebelum dan sesudah makan, kemudian mengeringkan tangan dengan menggunakan tisu atau kain, selanjutnya berdo’a sebelum dan sesudah makan, setelah itu makan dengan menggunakan tangan kanan, dan yang terakhir adalah membereskan tempat makan.
Alasan saya memilih poster aturan makan yang dibuat di website canva adalah penggunaan canva memudahkan pembuatan poster aturan makan ini, selain itu pembuatan poster pun dapat dibuat lebih menarik lagi oleh sang pembuat yang disesuaikan dengan anak usia dini. Poster aturan makan ini pun dapat memberikan pesan kepada anak usia dini bahwa: Pertama, yang harus dilakukan sebelum dan sesudah makan itu adalah mencuci tangan menggunakan sabun agar tangan bersih. Kedua, mengeringkan tangan dengan menggunakan tisu atau kain. Ketiga, anak harus berdo’a sebelum dan sesudah makan. Keempat, makan dengan menggunakan tangan kanan, tidak terburu-buru, dan tidak sambil berbicara agar anak tidak tersedak. Dan kelima, setelah selesai makan anak harus membereskan tempat makanannya serta membersihkannya.
Kesan saya setelah membuat poster aturan makan adalah sangat menyenangkan. Saya meminta tolong kepada adik saya untuk menjadi model memperagakan langkah-langkah yang ada di dalam poster aturan makan. Tantangan yang saya hadapi adalah ketika adik saya sedang tidak ingin difoto misal dia sedang ingin membuat perahu dari kertas origami, jadi saya harus menemaninya terlebih dahulu untuk membuat perahu tapi setelah itu adik saya bersedia kembali untuk difoto :D. Dan ketika jaringan sinyal tidak mendukung.



Link Poster Aturan Makan: 


Selanjutnya adalah tugas ujian akhir semester (UAS). Saya memilih vlog dongeng sebagai project UAS yang saya ajukan dalam mata kuliah Pembelajaran Komputer untuk Anak Usia Dini, dengan dongeng yang berjudul “Panda Si Gendut yang Lucu dan Imut” karya Arfan Alfayyad. Dongeng ini menceritakan seekor panda yang sedang menceritakan tentang dirinya dan keluarganya. Panda bercerita bahwa ia berasal dari China selain itu juga ia menceritakan mengenai ciri-ciri tubuhnya, hobinya, dan makanan kesukaannya serta ia menjelaskan bahwa dirinya dan keluarganya terancam punah karena banyak manusia yang ingin memburunya tetapi masih ada yang sayang padanya, ia dan keluarganya dipelihara di kebun binatang di seluruh dunia dengan baik.
Saya memilih vlog dongeng yang berjudul “Panda Si Gendut yang Lucu dan Imut” ini karena menurut saya isi cerita ini cocok untuk dijadikan salah satu pembelajaran bagi anak usia dini. Dengan mendengarkan dongeng ini anak mendapatkan pengetahuan mengenai panda. Selain itu pesan yang dapat diambil dari dongeng ini adalah kita harus menyayangi dan melindungi hewan termasuk panda agar mereka tidak punah. Dalam pemilihan buku dongeng yang akan digunakan untuk pembelajaran anak usia dini pun harus diperhatikan. Tulisan dalam buku usahakan jangan terlalu banyak dan harus mudah dipahami oleh anak, sebaliknya untuk gambar harus lebih banyak dan menarik bagi anak serta sesuai dengan anak usia dini.
Kesan saya setelah membuat project ini adalah sangat menyenangkan. Banyak tantangan yang saya lalui ketika membuat vlog yaitu ketika membuat vlog mengalami beberapa kali kesalahan dalam membaca dan karena saya merekam video menggunakan kamera handphone jadi video sering kali bergerak karena tangan saya gemetar dan saya meminta bantuan kepada teman saya untuk memindahkan halaman demi halaman buku dongeng tersebut. Untuk yang kedua kalinya saya meminta bantuan kepada teman saya yang lain untuk merekam video dan saya yang membalikkan halaman demi halaman buku dongeng, akhirnya saya menggunakan video yang dibantu oleh teman saya untuk merekamnya. Tantangan yang lain adalah suara bising ketika merekam video. 




Link Vlog Dongeng: 


Setelah mengikuti mata kuliah Pembelajaran Komputer untuk Anak Usia Dini kesan yang saya dapat adalah sangat menyenangkan, selain itu banyak sekali ilmu dan pengalaman yang didapatkan. Penggunaan teknologi untuk pembelajaran anak usia dini sangatlah disarankan, seperti salah satunya membuat games dengan menggunakan aplikasi Matching Game Maker atau Memory Game Maker dan atau mencari bahan ajar di website untuk pembelajaran anak usia dini seperti yang sudah diajarkan dalam mata kuliah ini serta masih banyak lagi manfaat teknologi untuk bahan pembelajaran anak usia dini yang dikenalkan dalam mata kuliah ini. Setelah selesai mata kuliah ini masih banyak sekali yang saya ingin pelajari mengenai teknologi, salah satunya dalam pembuatan bahan pembelajaran untuk anak usia dini dengan menggunakan teknologi dan mengedit video. Ilmu yang didapatkan dalam mata kuliah ini sangatlah bermanfaat, Terimakasih banyak Mrs Finita dan Pak Suprih :)

3 comments:

  1. Refleksi: 90

    Tugas
    Relevansi media ajar dengan kurikulum PAUD: 100
    Kesesuaian media ajar dengan karakteristik AUD: 95
    Kreativitas pembuatan media ajar: 100


    UAS
    Pemilihan Cerita/ Buku yang sesuai dengan karakteristik AUD: 90
    Kejelasan Suara/Intonasi dalam dongeng: 100
    Kreativitas pembuatan Vlog/Dongeng Digital: 95

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete