Nama : Artistika Rokhayanti Yogyandari
Kelas : 6A PGPAUD
NIM : 1503827
Assalamu'alaykum
wr.wb.
Pada tulisan kali ini saya akan membahas
mengenai tugas akhir saya pada mata kuliah Pembelajaran Komputer untuk Anak
Usia Dini. Pembelajaran Komputer untuk Anak Usia Dini merupakan mata kuliah yang diampu oleh bapak Suprih
Widodo, S.Si., M.T., dan Miss Finita Dewi S.S., M.A. serta mempelajari tentang
teknologi-teknologi yang berhubungan dengan materi PAUD dan dapat digunakan
untuk sebagai media pembelajaran dan bahan ajar di PAUD. Selain itu, mata
kuliah ini juga memberikan pengetahuan mengenai apa saja teknologi yang relevan
dengan materi PAUD, serta memberikan pengalaman dalam untuk membuat bahan ajar
sesuai dengan imajinasi kita dengan menggunakan teknologi teknologi tersebut, seperti powerpoint, website game yang berisi tentang pengetahuan-pengetahuan, matching
and memory games, dan canva untuk membuat media visual
sesuai dengan imajinasi yang kita miliki. Tidak hanya sampai disitu, melalui
mata kuliah ini juga saya dapat mengenal tentang aplikasi seperti quiver
dan AR flashcards yang dapat memberikan gambar secara 3D pada layar
handphone atau tablet kita hanya dengan mengarahkan kamera pada sebuah kertas,
namun saya lebih suka dengan aplikasi quiver, karna ia dapat membuat
imajinasi kita menampilkan gambar 3D sesuai dengan warna yang kita berikan pada
gambar yang terdapat di kertas, sehingga apabila aplikasi tersebut digunakan
oleh anak, mereka akan lebih senang dengan melihat warna yang sesuai dengan
keinginannya. Mempelajari mata kuliah Pembelajaran Komputer untuk Anak Usia
Dini adalah sesuatu yang sangat mengasyikkan buat saya, terimakasih untuk Pak
Suprih dan Miss Finita yang sudah mengenalkan saya pada aplikasi dan website
yang sangat menarik bagi anak (bahkan mungkin tidak hanya bagi anak, bagi saya
pun hal-hal tersebut sangat menarik, hehe) dan berguna untuk menunjang
pembelajaran di PAUD agar pembelajaran di PAUD menjadi lebih bervariatif dengan
adanya teknologi teknologi tersebut. Banyak sekali hal yang masih ingin saya ketahui
dan pelajari mengenai teknologi yang ada saat ini seperti link-link (gratis :D)
yang relevan dengan materi PAUD ataupun materi secara universal, sehingga
semakin banyak pengetahuan yang didapat juga. Selanjutnya dibawah ini merupakan
salah satu tugas terbaik yang saya pilih
Alasan saya memilih tugas ini adalah
karna gambar yang ditampilkan pada media visual tersebut sangatlah menarik, dan
isi yang terdapat di dalamnya juga sangat simple dan mudah di mengerti
oleh anak. Media visual tersebut dapat digunakan sebagai di dalam kelas karena
membantu anak dalam berpikir simbolik sehingga ketika di dalam kelas anak akan
sering melakukan hal-hal yang terdapat pada gambar, seperti tersenyum, menolong
teman, berbagai dengan teman, berteman dengan siapa saja dan menyayangi teman. Contohnya
seperti anak sedang murung, kita dapat menggunakan media visual dan
mempraktekkan nya dengan cara menunjukkan gambar tersebut dan mengatakan pada
anak "O-ow ada yang kelihatan murung nih, coba kalo gambar nomer 1 tuh kira-kira
mereka sedang apa yaa?", lalu kira-kira anak akan menjawab "tersenyum",
kemudian guru dapat mengucapkan kata "coba ibu mau lihat senyumnya"
untuk meminta anak agar tersenyum, lalu kemudian anak pun tersenyum, dan diharapkan
dengan tersenyum mood anak dapat sedikit
membaik
Sedangkan tugas UAS yang pilih adalah
ide penelitian (skripsi), untuk powerpoint dan video telah saya kirimkan ke alamat
email finita@upi.edu dengan nama pengirim Artistika Rokhayanti Yogyandari dan subjek Tugas UAS (6A PGPAUD) melalui gmail.com
Rasanya saya tidak pernah memberikan alamat email ini untuk komunikasi dengan saya --> finita@student.upi.edu
ReplyDeleteEh ya ampun maaf Miss, salah maksudnya finita@upi.edu , saya ingetnya alamat email upi saya jadi ketambahin "student", hehe..:D maaf yaa miss, sudah dibetulkan ko, terimakasih :)
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteRefleksi 85
ReplyDeleteTugas
Relevansi media ajar dengan kurikulum PAUD:90
Kesesuaian media ajar dengan karakteristik AUD: 90
Kreativitas pembuatan media ajar: 95
UAS
Relevansi antara alat teknologi dan topik penelitian:90
Kejelasan latar belakang pemilihan topic:90
Kejelasan rencana alur penelitian:80