Wednesday, June 6, 2018

Tugas Ujian Akhir Semester (UAS) Artistika Rokhayanti Yogyandari_6A PGPAUD_1503827


Nama  : Artistika Rokhayanti Yogyandari
Kelas  : 6A PGPAUD
NIM    : 1503827


Assalamu'alaykum wr.wb.

Pada tulisan kali ini saya akan membahas mengenai tugas akhir saya pada mata kuliah Pembelajaran Komputer untuk Anak Usia Dini. Pembelajaran Komputer untuk Anak Usia Dini merupakan mata kuliah yang diampu oleh bapak Suprih Widodo, S.Si., M.T., dan Miss Finita Dewi S.S., M.A. serta mempelajari tentang teknologi-teknologi yang berhubungan dengan materi PAUD dan dapat digunakan untuk sebagai media pembelajaran dan bahan ajar di PAUD. Selain itu, mata kuliah ini juga memberikan pengetahuan mengenai apa saja teknologi yang relevan dengan materi PAUD, serta memberikan pengalaman dalam untuk membuat bahan ajar sesuai dengan imajinasi kita dengan menggunakan teknologi teknologi tersebut, seperti powerpoint, website game yang berisi tentang pengetahuan-pengetahuan, matching and memory games, dan canva untuk membuat media visual sesuai dengan imajinasi yang kita miliki. Tidak hanya sampai disitu, melalui mata kuliah ini juga saya dapat mengenal tentang aplikasi seperti quiver dan AR flashcards yang dapat memberikan gambar secara 3D pada layar handphone atau tablet kita hanya dengan mengarahkan kamera pada sebuah kertas, namun saya lebih suka dengan aplikasi quiver, karna ia dapat membuat imajinasi kita menampilkan gambar 3D sesuai dengan warna yang kita berikan pada gambar yang terdapat di kertas, sehingga apabila aplikasi tersebut digunakan oleh anak, mereka akan lebih senang dengan melihat warna yang sesuai dengan keinginannya. Mempelajari mata kuliah Pembelajaran Komputer untuk Anak Usia Dini adalah sesuatu yang sangat mengasyikkan buat saya, terimakasih untuk Pak Suprih dan Miss Finita yang sudah mengenalkan saya pada aplikasi dan website yang sangat menarik bagi anak (bahkan mungkin tidak hanya bagi anak, bagi saya pun hal-hal tersebut sangat menarik, hehe) dan berguna untuk menunjang pembelajaran di PAUD agar pembelajaran di PAUD menjadi lebih bervariatif dengan adanya teknologi teknologi tersebut. Banyak sekali hal yang masih ingin saya ketahui dan pelajari mengenai teknologi yang ada saat ini seperti link-link (gratis :D) yang relevan dengan materi PAUD ataupun materi secara universal, sehingga semakin banyak pengetahuan yang didapat juga. Selanjutnya dibawah ini merupakan salah satu tugas terbaik yang saya pilih



Link Media Visual
Alasan saya memilih tugas ini adalah karna gambar yang ditampilkan pada media visual tersebut sangatlah menarik, dan isi yang terdapat di dalamnya juga sangat simple dan mudah di mengerti oleh anak. Media visual tersebut dapat digunakan sebagai di dalam kelas karena membantu anak dalam berpikir simbolik sehingga ketika di dalam kelas anak akan sering melakukan hal-hal yang terdapat pada gambar, seperti tersenyum, menolong teman, berbagai dengan teman, berteman dengan siapa saja dan menyayangi teman. Contohnya seperti anak sedang murung, kita dapat menggunakan media visual dan mempraktekkan nya dengan cara menunjukkan gambar tersebut dan mengatakan pada anak "O-ow ada yang kelihatan murung nih, coba kalo gambar nomer 1 tuh kira-kira mereka sedang apa yaa?", lalu kira-kira anak akan menjawab "tersenyum", kemudian guru dapat mengucapkan kata "coba ibu mau lihat senyumnya" untuk meminta anak agar tersenyum, lalu kemudian anak pun tersenyum, dan diharapkan dengan tersenyum mood anak  dapat sedikit membaik

Sedangkan tugas UAS yang pilih adalah ide penelitian (skripsi), untuk powerpoint dan video telah saya kirimkan ke alamat email finita@upi.edu dengan nama pengirim Artistika Rokhayanti Yogyandari dan subjek Tugas UAS (6A PGPAUD) melalui gmail.com



4 comments:

  1. Rasanya saya tidak pernah memberikan alamat email ini untuk komunikasi dengan saya --> finita@student.upi.edu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ya ampun maaf Miss, salah maksudnya finita@upi.edu , saya ingetnya alamat email upi saya jadi ketambahin "student", hehe..:D maaf yaa miss, sudah dibetulkan ko, terimakasih :)

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Refleksi 85

    Tugas
    Relevansi media ajar dengan kurikulum PAUD:90
    Kesesuaian media ajar dengan karakteristik AUD: 90
    Kreativitas pembuatan media ajar: 95


    UAS
    Relevansi antara alat teknologi dan topik penelitian:90
    Kejelasan latar belakang pemilihan topic:90
    Kejelasan rencana alur penelitian:80

    ReplyDelete