Friday, June 8, 2018

Tita Trisnawati_1506217_6B PGPAUD_UAS Mata Kuliah Pembelajaran Komputer untuk AUD

Tita Trisnawati
1506217
6B PGPAUD

1.      Memory game
Memori game yang saya buat tentang tanaman bunga, bunga yang saya kenalkan yaitu bunga teratai, bunga melati, bunga sakura, bunga anggrek, bunga mawar, dan bunga melati. 
Namun dalam pembuatan memory game saya melewati berbagai rintangan dimana saya harus merekam suara dan tidak menemukan tempat yang sepi, akhirnya saya berpikiran untuk merekam suara di taman teater terbuka meskipun tetap disana juga terdapat suara bising, dan saat itu cuaca lumayan panas. J setelah merekam suara lalu kami langsung membuat projek tersebut sampai selesai. Ketika mau dimaikan game tersebut tidak bisa dimainkan, dan terlihat tampilannya seperti kami sudah selesai memainkannya padahal belum dimainkan sama sekali. Terus kami membuat ulang game tersebut dan hasilnya masih tetap sama seperti yang pertama. Setelah itu kami membuat ulang dilaptop yang berbeda dibarengi dek-dekan akhirnya game tersebut selesai dan bisa dimainkan.
2.      Vlog dongeng untuk AUD

Dongeng yang saya bacakan bukunya berjudul “Si Monyet & Lumba-lumba”, pengarang buku ini Chandra Imam Dausyah. Dongen tersebut menceritakan seorang pelayar yang pergi berlayar dan membaewa monyet peliharaannya, dipertengahan jalan ada ombak besar yang menghampiri kapal tersebut semua orang tenggelam dan monyetpun berfikiran akan tenggelam juga. ternya tidak, monyet tersebut ditolong sama lumba-lumba dan dibawa ke sebuah pulau singkat cerita karna disana tidak ada penghuninya selain monyet tersebut akhirnya monyet tersebut menjari raja di pulau itu.
Pelajaran yang dapat diambil makhluk ciptaan tuhan kita harus saling tolong menolong.
Karena kedua projek tersebut cocok di gunakan dalam pembelajaran anak usia dini untuk melatih motorik anak, kognitif anak , bahasa dan imajinasi anak. selain itu juga ini salah satu cara mengenalkan teknologi pada AUD.
Senang sekali Bisa membuat vlog dongeng yang tadinya tidak bisa mendongeng dan sekarang harus bisa mendongeng karena memang lewat mendongeng itu anak dapat memahaminya. Selain itu juga saya seneng bisa membuat game, yang nantinya bisa dugunakan dan diaplikasikan ketika saya ngajar di salahsatu lembaga pendidikan yang sarana prasananya cukup.
Seneng banget jadi agak terbuka mengenai teknologi, apalangi untuk anak usia dini yang tadinya kebingungan bagaimana mengenalkan teknologi untuk AUD dan sekarang lumayan ada penceraha hehe mudah-mudahan dengan belajar ini nanti saya kedepannya bisa membuat TK yang canggih serba teknologi aamiin. Pokoknya terimakasih kepada mis fin yang selalu membimbing mahasiswanya untuk melek teknologi banyak banget yang bisa diambil setelah mengikuti matakuliah ini.
Uuhhh masih banyak sekali mis. Saya ingin belajar membuat game yang tidak menggunakan internet. Dan tidak bisa saya sebutkan satu-satu karna memang saya masih banyak yang ingin saya pelajari.

 1. Vlog Dongeng
                    2. Memory Games


1 comment:

  1. Refleksi 85

    Tugas
    Relevansi media ajar dengan kurikulum PAUD: 85
    Kesesuaian media ajar dengan karakteristik AUD: 85
    Kreativitas pembuatan media ajar: 80

    UAS
    Pemilihan Cerita/ Buku yang sesuai dengan karakteristik AUD: 90
    Kejelasan Suara/Intonasi dalam dongeng: 90
    Kreativitas pembuatan Vlog/Dongeng Digital: 80

    ReplyDelete