Tita Trisnawati
1506217
6B PGPAUD
1.
Memory
game
Memori game yang saya buat tentang tanaman bunga, bunga
yang saya kenalkan yaitu bunga teratai, bunga melati, bunga sakura, bunga
anggrek, bunga mawar, dan bunga melati.
Namun
dalam pembuatan memory game saya melewati berbagai rintangan dimana saya harus
merekam suara dan tidak menemukan tempat yang sepi, akhirnya saya berpikiran
untuk merekam suara di taman teater terbuka meskipun tetap disana juga terdapat
suara bising, dan saat itu cuaca lumayan panas. J setelah merekam suara lalu kami langsung membuat projek
tersebut sampai selesai. Ketika mau dimaikan game tersebut tidak bisa
dimainkan, dan terlihat tampilannya seperti kami sudah selesai memainkannya
padahal belum dimainkan sama sekali. Terus kami membuat ulang game tersebut dan
hasilnya masih tetap sama seperti yang pertama. Setelah itu kami membuat ulang
dilaptop yang berbeda dibarengi dek-dekan akhirnya game tersebut selesai dan
bisa dimainkan.
2.
Vlog
dongeng untuk AUD
Dongeng yang saya bacakan bukunya berjudul “Si Monyet
& Lumba-lumba”, pengarang buku ini Chandra Imam Dausyah. Dongen tersebut
menceritakan seorang pelayar yang pergi berlayar dan membaewa monyet
peliharaannya, dipertengahan jalan ada ombak besar yang menghampiri kapal
tersebut semua orang tenggelam dan monyetpun berfikiran akan tenggelam juga.
ternya tidak, monyet tersebut ditolong sama lumba-lumba dan dibawa ke sebuah
pulau singkat cerita karna disana tidak ada penghuninya selain monyet tersebut
akhirnya monyet tersebut menjari raja di pulau itu.
Pelajaran
yang dapat diambil makhluk ciptaan tuhan kita harus saling tolong menolong.
Karena kedua projek tersebut
cocok di gunakan dalam pembelajaran anak usia dini untuk melatih motorik anak, kognitif anak , bahasa dan imajinasi anak. selain itu juga ini salah satu cara mengenalkan teknologi pada AUD.
Senang sekali Bisa membuat vlog dongeng yang tadinya tidak bisa
mendongeng dan sekarang harus bisa mendongeng karena memang lewat mendongeng
itu anak dapat memahaminya. Selain itu juga saya seneng bisa membuat game, yang
nantinya bisa dugunakan dan diaplikasikan ketika saya ngajar di salahsatu
lembaga pendidikan yang sarana prasananya cukup.
Seneng banget jadi agak terbuka
mengenai teknologi, apalangi untuk anak usia dini yang tadinya
kebingungan bagaimana mengenalkan teknologi untuk AUD dan sekarang lumayan ada
penceraha hehe mudah-mudahan dengan belajar ini nanti saya kedepannya
bisa membuat TK yang canggih serba teknologi aamiin. Pokoknya terimakasih kepada mis fin yang selalu membimbing mahasiswanya
untuk melek teknologi banyak banget yang bisa diambil setelah mengikuti
matakuliah ini.
Uuhhh masih banyak sekali mis. Saya ingin belajar membuat game yang
tidak menggunakan internet. Dan tidak bisa saya
sebutkan satu-satu karna memang saya masih banyak yang ingin saya pelajari.
1. Vlog Dongeng
2. Memory Games
Refleksi 85
ReplyDeleteTugas
Relevansi media ajar dengan kurikulum PAUD: 85
Kesesuaian media ajar dengan karakteristik AUD: 85
Kreativitas pembuatan media ajar: 80
UAS
Pemilihan Cerita/ Buku yang sesuai dengan karakteristik AUD: 90
Kejelasan Suara/Intonasi dalam dongeng: 90
Kreativitas pembuatan Vlog/Dongeng Digital: 80