Monday, June 4, 2018

Sherly Noviyanti (1506731) 6A PGPAUD Project tugas dan UAS


NAMA                       : SHERLY NOVIYANTI
NIM                            : 1506731
KELAS                      : 6A PGPAUD

1.      Website
2.      Ide Penelitian

REVIEW WEBSITE
Saya memlilih website ini karena cocok digunakan di Indonesia, dan mudah digunakan untuk anak, walaupun beberapa games ini menggunakan bahasa Inggris akan tetapi secara tidak langsung anak akan belajar berbahasa Inggris, anak terbiasa mendengarkan dan dengan sendiri nya anak memahami perintah-perintah yang terdapat dalam games tersebut. Masa golden age adalah masa dimana anak mampu menyerap informasi sebanyak-banyaknya, melalui wesite inilah anak dapat belajar banyak hal dari permainan-permainan yang dapat memberikan pengetahuan dan pembelajaran secara tidak langsung, belajar tidak harus melalui buku dan guru, akan tetapi belajar pun bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun, salah satu nya yaitu dengan website ini.

Dan beberapa games yang terdapat dalam website ini ada yang relevan dengan tema atau materi di paud, seperti salah satu nya yang terdapat dalam website tersebut adalah games Jungle Jeopardy ,Nah buat temen-temen yang belum sempet menjelajah lebih dalam games ini bisa kunjungi
https://mpbn.pbslearningmedia.org/resource/plum14.sci.life.junglejeopardy/jungle-jeopardy-an-ecosystem-game/#.WxcJ6_UxXIW temen-temen bisa mengejelajah dan memperkenal kan games jungle jeopardy ini kepada anak didik kelak.
Games tersebut mengajarkan anak mengenai ekosistem dimana dalam games tersebut terdapat hewan, tumbuhan, darat, udara. Seperti tema dalam paud yaitu hewan, tumbuhan dan alam semesta, dengan bermain games ini anak akan menambah wawasannya mengenai lingkungan sekitar, serta mengetahui rantai makanan antara produsen dan konsumen.

Dan berikut link game ppt hasil analisis yang telah dibuat oleh kelompok kami yang sudah dipresentasikan di kelas :  https://drive.google.com/file/d/1Eb9OstHDNU_TsIT1gKss9kwH-S7giCK4/view?usp=sharing

IDE PENELITIAN
            Tugas UAS yang saya pilih adalah membuat video ide penelitian- Pemanfaatan teknology digital untuk pembelajaran di paud. Berlandaskan fenomena yang terjadi saat ini khusus nya di sekolah-sekolah pedesaan yaitu masih minim nya media pembelajaran berbasis teknologi dan kemudian fenomena yang selanjutnya ialah minim nya pengetahuan teknologi yang dimiliki oleh guru-guru di pedesaan,dan saya rasa pembelajaran berbasis teknologi digital ini dapat diterapkan di sekolah dan di buat oleh guru, sekali pun guru yang tidak terlalu pandai dalam menggunakan teknologi, dikarenakan proses pembuatan yang tidak terlalu sulit dan tidak memakan banyak waktu.


Untuk pengumpulan tugas UAS dikirimkan via email kepada Dosen Pengampu Mata Kuliah : Finita Dewi M.A (finita@upi.edu)



KESAN PESAN
            Setelah mengikuti mata kuliah ini  saya menjadi mengetahui bahwa ternyata banyak sekali teknologi digital yang bisa dimanfaatkan untuk anak usia dini, pada awalnya saya kurang menyukai pembelajaran komputer akan tetapi setelah saya melewati proses pembelajaran ini saya menyukai nya, banyak hal baru yang saya dapat dari mata kuliah ini dan banyak sumber-sumber belajar yang nanti nya bisa saya terapkan di paud, dan mata kuliah ini sangat menantang bagi saya, sehingga saya selalu ingin mendalami lagi. Saya berharap kedepannya saya ingin lebih dalam dalam mempelajari flash card, memory game, canva, dan mempelajari website-website edukasi lainnya.

3 comments:

  1. Ini tautan ke Tugas dan UAS nya koq tidak ada ya?

    ReplyDelete
  2. Untuk tautan UAS saya kirim nya melalui email miss. Untuk tautan tugas sudah saya tambahkan. terimakasih miss

    ReplyDelete
  3. Refleksi: 75

    Tugas - 45 - Tidak ada linknya
    Kemampuan mendeskripsikan Web:
    Kemampuan menganalisa web:
    Kemampuan merancang implementasi web:

    UAS
    Relevansi antara alat teknologi dan topik penelitian:90
    Kejelasan latar belakang pemilihan topic: 90
    Kejelasan rencana alur penelitian: 90

    ReplyDelete