Wednesday, June 6, 2018

Tugas Akhir Pembelajaran Komputer Untuk Anak Usia Dini Nurul Latifah

Nama   : Nurul Latifah
Kelas   : 6B PGPAUD
NIM    : 1507351


Haloo semuanya…
Hari ini saya akan membagikan informasi untuk pembelajaran anak usia dini. Di semester 6 ini saya membuat project media visual berupa poster dan vlog dongeng untuk pembelajaran anak usia dini. Untuk media visual ini berupa poster yang membahas tentang macam-macam hobby yang biasa anak usia dini lakukan seperti membaca, melukis dan masih banyak hobi-hobi yang lain. Selain poster macam-macam hobby terdapat juga clock schedule yaitu kegiatan sehari-hari anak dalam waktu 24 jam di mulai saat anak bangun tidur dan tidur kembali.
Project saya yang kedua adalah tentang vlog dongeng… Sebelumnya teman-teman sudah tahu belum apa vlog dongeng itu??? Vlog dongeng adalah video yang berisikan seseorang yang membacakan sebuah dongeng dengan tujuan agar anak tertarik untuk membaca/ mendengarkan cerita tersebut atau bahkan membeli buku tersebut. Cerita dongeng yang saya bacakan disini berjudul “Sang Juara Tari” karya dari “Rasyid Akbar”. Dalam cerita tersebut menceritakan tentang kehidupan binatang-binatang laut yang beraneka ragam.
Alasan saya tertarik dengan membuat kedua project ini adalah rendahnya minat membaca anak-anak di Indonesia memotivasi saya untuk menanamkan minat memmbaca sejak dini kepada anak-anak dan semakin pesatnya  perkembangan ilmu teknologi. Dikarenakan anak usia dini belum semuanya bisa membaca, cara alternative untuk menanamkannya adalah dengan mendongeng. Anak-anak diperkenalkan tentang kegiatan membaca/mendengarkan dongeng yang bertujuan untuk membuat anak menjadi tertarik akan keseruan dan pentingnya membaca.

Dengan melihat fakta yang ada di masyarakat. Anak-anak sekarang lebih senang menggunakan gadget sebagai tempat untuk belajar dan bermain. Dengan project vlog dongeng ini dengan memanfaatkan teknologi anak tetap bisa membaca/medengarkan dongeng disamping lebih mudah dan praktis anak-anak akan lebih tertarik. Sedangkan untuk project poster alasannya dengan menggunakan poster yang sudah dibuat sendiri bisa membantu guru untuk meningkatkan kreatifitasnya dan memberikan kemudahan bagi guru dalam mendesain media pembelajaran bagi anak-anak. Berikut adalah project-project yang sudah saya buat.

1. Poster Macam-Macam Hobby 









Kesan yang saya rasakan setelah membuat project ini adalah sangan menyenangkan dan dapat meningkatkan kreatifitas saya sebagai calon guru. Saya dapat dengan mudah membuat poster untuk media pembelajaran tanpa membutuhkan waktu yang sangat lama. Selain itu, saya juga diberi kesempatan untuk membuat vlog yang sejak awal tidak saya minati bahkan tidak pernah terfikirkan di benak saya untuk membuat vlog. Setelah project ini, memberi inspirasi dan pengalaman baru bagi saya.
Teknologi merupakan hal yang sangat diperlukan bagi masyarakat sekarang. Dengan mengkuti perkuliahan Teknologi untuk Anak Usia Dini, saya dapat membuka fikiran saya bahwa teknologi bagi anak usia dini menyengkan dan tidak semuanya memberikan dampak negative bagi anak. Banyak hal positif, ilmu pengetahuan dan keterampilan baru yang saya dapatkan di mata kuliah ini. Yang memberikan inspirasi dan inovasi baru bagi saya sebagai calon guru dalam membuat media pembelajaran bagi anak usia.
Banyak yang masih saya harapkan dan ingin saya pelajari dalam perkuliahan ini. Saya ingin belajar membuat aplikasi-aplikasi edukasi yang cocok diperkenalkan bagi anak usia dini, membuat berbagai media-media pembelajaran yang beragam dan cocok untuk anak usia dini. Sehingga dapat menjadi inspirasi dan memberikan banyak manfaat bagi saya dan semua orang.







3 comments:

  1. Refleksi: 90

    Tugas
    Relevansi media ajar dengan kurikulum PAUD:90
    Kesesuaian media ajar dengan karakteristik AUD: 95
    Kreativitas pembuatan media ajar: 95

    UAS
    Pemilihan Cerita/ Buku yang sesuai dengan karakteristik AUD: 90
    Kejelasan Suara/Intonasi dalam dongeng: 100
    Kreativitas pembuatan Vlog/Dongeng Digital: 95


    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete