NIM : 1506741
Kelas : 6B PGPAUD
Mata Kuliah : Pembelajaran Komputer Untuk Anak Usia Dini
Dosen : Finita Dewi, S.S., M.A
Assalamu’alaikum
wr.wb
Setelah
mempelajari mata kuliah pembelajaran komputer anak usia dini dimulai dari
pertemuan ke 6 dengan miss finita, Alhamdulillah sudah dapat membuat 3 project.
Nah dari ketiga project tersebut sebenarnya ada kesan tersendiri dari
masing-masing projectnya, dimulai dari matching game yang mencocokan itu saya
menggunakan rekaman suara sendiri,
kemudian mengevaluasi web yang mencoba permainan nya dari awal sampai
akhir yang menuju ending nya sangat lama, dan yang terakhir membuat poster
dengan media canva yang begitu banyak memakan waktu untuk membuatnya.
Berdasarkan
hal tersebut, dari ketiga project yang telah dibuat saya memilih project kedua ,yaitu
project eksplorasi web pada game
break it down, saya memilih ini karena untuk mengetahui jenis permainannya sepeti
apa perlu memainkan permainannya terlebih dahulu yang dilakukannya secara
online juga yang mana harus membutuhkan jaringan internet dan terkadang
jaringan internet yang tidak stabil membuat loading ke permainannya.
Kesan
yang didapatkan ketika mengekplorasi web tersebut sungguh menguji kesabaran
karena dengan sinyal yang tidak stabil dan permainannya yang cukup lama untuk
ke hasil akhinya.
Adapun
hasil dari analisis yang telah dilkukan bahwa game tersebut cocok untuk anak
usia dini karena dapat mengembangkan aspek perkembangan anak terutama dalam
aspek kognitif yaitu mengasah
konsentrasi pada anak juga, mengenalkan konsep-konsep ekosistem juga yang ada
di lingkungan sekitar anak. Selain itu juga dapat digunakan menggunakan media
digital ataupun tidak.
Untuk project tugas akhir saya
memilih menggunakan media vlog dongeng,
karena pada awalnya saya pikir itu mudah, namun hal tersebut tidak sesuai
dengan yang saya rencanakan, dalam pembuatan vlog dongeng tersebut terjadi
berbagai macam kendala seperti banyak yang salah dalam pengucapannya
suara-suara dari luar yang bising dan lainnya. Adapun judul dongeng yang saya
pakai ialah “Kisah Anak Gembala”.
Tujuan dari membuat vlog dongeng ini
ialah untuk memudahkan juga dalam mendongeng, jadi ketika anak meminta
diceritakan dongeng bisa saja tinggal play video dongeng, selain itu dengan
mengenalkan dongeng kepada anak juga dapat mengembangkan kosa kata bahasa pada
anak, meransang rasa imajinasi dan kreativitas, dan yang paling penting mengenalkan
nilai-nilai moral pada anak.
*Keterangan
buku dongeng
Oleh
: Dhany Larito
Ilustrasi
: Tim Daffa Media
Artistik
: Tim Daffa Media
Desain
Sampul : Tim Daffa Media
Translate
: Shanty
Penerbit
: Daffa Media Jakarta
·
Kesan setelah mengikuti mata kuliah pembelajaran
komputer untuk anak usia dini, saya pribadi merasa sangat senang karena banyak
ilmu baru yang saya dapatkan terutama dalam hal digital, melihat dengan
perkembangan sekarang pastinya materi-materi yang telah dipelajari akan
terpakai untuk kedepannya.
·
Adapun yang masih ingin dipelajari
setelah mengikuti mata kuliah ini ialah segala macam bentuk aplikasi atau
beerbagai macam hal yang melibatkan media digital yang dapat digunakan dan menunjang
dalam proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran anak usia dini, karena
seiring dengan pekembangan zaman yang semakin modern dan serba digital, maka
sangat perlu sekali pembelajaran dengan media digital.
Terimakasih :)https://youtu.be/uDHXlU22JHA
<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/uDHXlU22JHA" frameborder="0" allow="autoplay; encrypted-media" allowfullscreen></iframe>
https://drive.google.com/file/d/1aX9FksaGiJvpk4R4i2eYLb_BOmwBBC-I/view?usp=sharing
LInk tidak bisa diakses, harus diset "Anyone with the link can edit"
ReplyDeleteSudah diperbaiki miss
DeleteRefleksi: 85
ReplyDeleteTugas
Kemampuan mendeskripsikan Web: 70
Kemampuan menganalisa web: 80
Kemampuan merancang implementasi web: 60
UAS
Pemilihan Cerita/ Buku yang sesuai dengan karakteristik AUD: 90
Kejelasan Suara/Intonasi dalam dongeng: 90
Kreativitas pembuatan Vlog/Dongeng Digital: 90
Alhamdulillah,terima kasih banyak mrs :)
ReplyDelete