NIM :
1504698
Kelas :
6B PGPAUD
-
Deskripsi
Media
visual ini tentang aturan masuk kelas. Aturan ini dibuat agar anak dapat
terstimulus ketika hendak memasuki kelas. Ada beberapa aturan masuk kelas
seperti mengisi daftar hadir sendiri, mengisi papan ekspresi, berikan salam dan
berjaba tangan, sapa guru dan teman, dan siapkan senyum ceria. Dengan senyum
ceria anak akan terstimulus agar mood nya tetap bagus dan fokus terhadap proses
pembelajaran.
-
Mengapa memilih
media visual
Karena
isi dari kontennya sangat mewakili anak usia dini. Mudah dipahami oleh anak
dengan simbol/gambar yang sudah tertera jadi anak mudah untuk mengingatnya. Selain
itu juga media visual mudah di buat dan di kreasikan. Selain itu kenapa saya
memilih media visual karena dari hasilnya memuaskan dan membuat saya ingin
lebih mengkreasikannya lagi.
-
Kesan setelah
membuat media visual
Kesan setelah
membuat media visual itu luar biasa. Ternyata membuat media visual tidak
sesulit yang di bayangkan asal koneksi internet stabil semuanya aman. Sangat
menarik sekali gterutama untuk membuat aturan-aturan anak usia dini yang penuh
dengan simbol menggunakan media visual ini bisa mempermudah guru untuk
membuatnya.
Vlog Dongeng Untuk AUD
Dongeng
ini berjudul Pangeran yipi rajin mandi dan keramas. Pangeran dan ayahanda raja
sedang berjalan-jalan keliling negeri untuk melihat-lihat keadaan rakyatnya.
Tibalah mereka disebuah desa dipinggir hutan disana para penduduknya sedang
mengungsi membawa aneka barang. Ternyata di desa tersebut ada raksasa owi yang
sangat bau dan banyak rambutnya banyak kutu sehingga masyarakat tidak tahan
akan bau badan dari raksasa owi. Pangeran dan ayahanda raja mendatangi rumah
raksasa owi. Raksasa owi tidak memiliki teman karena tubuhnya bau dan rambutnya
kotor banyak kutunya. Pangeran yipi ingin menjadi teman raksasa owi asalkan
raksasa owi mau mandi dan keramas. Setelah itu raksasa owi bergegas untuk mandi
dan keramas sehingga tubuhnya tidak bau dan rambutnya bersih. pangeran yipi dan
anak-anak yang lainnya bermain dengan raksasa owi yang sudah bersih dan wangi.
-
Mengapa memilih vlog
dongeng untuk AUD
Karena
di zaman milenial anak-anak lebih sering membuka gadget terutama youtube
dibandingkan dengan buku bacaan. Dengan adanya vlog dongeng ini diharapkan
anak-anak dapat terstimulus untuk membaca buku dongeng.
-
Kesan setelah
membuat vlog dongeng untuk AUD
Kesan
setelah membuat vlog dongeng sangat menyenangkan. Dengan membuat vlog dongeng
diharapkan anak-anak dapat tertarik membaca buku dongeng. Selain itu dengan
membuat vlog dongeng dan mengupload nya di youtube menjadi wawasan tersendiri
dengan maraknya vlogger di jaman milenial seperti saat ini. Berawal dari tugas
kuliah membuat vlog dongeng menjadi tertarik dengan dunia vlogger. Membuat vlog
dongeng tidaklah mudah apalagi untuk orango-orang yang tidak biasa mendongeng.
A.
Kesan setelah
mengikuti matkul pembelajaran komputer untuk AUD
Setelah mengikuti matkul ini benar-benar membuka
wawasan tentang teknologi untuk anak usia dini. Dari proses pembelajaran yang
awalnya medianya itu-itu saja berupa kertas sekrang bisa di kreasikan
menggunakan teknologi yang sudah semakin canggih.
B.
Apa yang ingin
dipelajari setelah mengikuti matkul pembelajaran komputer untuk AUD
Ingin mempelajari lagi bagaimana menjadi vlogger
dongeng anak agar anak terstimulus untuk membaca buku. Selain itu ingin membuat
konten-konten di youtube yang berhubungan dengan pendidikan anak usia dini.
Membuat media pembelajaran menggunakan teknologi seperti dongeng digital dll.
Refleksi: 90
ReplyDeleteTugas
Relevansi media ajar dengan kurikulum PAUD: 85
Kesesuaian media ajar dengan karakteristik AUD: 85
Kreativitas pembuatan media ajar: 85
UAS
Pemilihan Cerita/ Buku yang sesuai dengan karakteristik AUD: 90
Kejelasan Suara/Intonasi dalam dongeng: 90
Kreativitas pembuatan Vlog/Dongeng Digital: 85