Monday, June 4, 2018

Project Ujian Akhir Semerter/Sarah Fauziah Amini/1503455/6A PGPAUD


Nama : Sarah Fauziah Amini
NIM : 1503455
Kelas : 6A PGPAUD


PROJECT UJIAN AKHIR SEMESTER



1. Media Ajar Visual Untuk AUD (Poster)
Media ajar visual untuk AUD berupa poster yang saya buat ini menanamkan atau mengajarkan nilai agama dan moral juga sosial emosional kepada anak agar terbiasa berperilaku atau mengucapkan hal-hal baik, seperti menyapa teman apabila bertemu dengan teman, berterimakasih apabila dibantu, maaf apabila berbuat salah, tolong apabila butuh bantuan. Selain itu poster disertai gambar dan sedikit kata-kata yang membantu symbolic thinking anak. Selain itu media ajar visual yang saya buat pun relevan untuk diaplikasikan di PAUD karena apa yang diajarkan melalui poster tersebut masih dalam konten PAUD.

Alasan saya memilih media ajar visual untuk AUD berupa poster karena tugas ini merupakan salah satu tugas terbaik yang saya buat di mata kuliah ini. Selain itu poster merupakan media ajar yang sederhana dan bahkan seringkali disepelekan, namun sebenarnya sangat berguna dan bermanfaat apabila isi dari poster tersebut disesuaikan dengan karakteristik dan konten pembelajaran AUD, karena kebanyakan sekolah PAUD yang asal menempelkan poster-poster yang sebenarnya tidak sesuai atau bahkan tidak berkaitan di PAUD. Nah, melalui poster yang saya buat ini menunjukkan bahwa alangkah lebih baiknya guru membuat poster secara mandiri dengan berdasarkan kreativitasnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anak dan materi ajar AUD, sehingga tidak perlu membeli poster yang ada dipasaran.

2. Media Ajar Untuk AUD Berbasis Teknologi Digital

Link Media Ajar Untuk AUD Berbasis Teknologi Digital :
https://drive.google.com/open?id=1Rwsu7L8eKhQQSp-_89wBhM8cMltisn4B

Media ajar untuk AUD berbasis Teknologi Digital yang saya buat dari power point ini terdapat tiga bagian yang dapat dimainkan oleh anak yakni mengenal binatang hutan, video, dan memory game. Media ini dibuat untuk memberikan pengetahuan mengenai beberapa binatang hutan kepada anak, yang dimana binatang hutan ini termasuk kepada sub tema yang ada di tema-tema pembelajaran PAUD, sehingga cocok digunakan untuk mengajar di PAUD pada tema binatang dan sub tema binatang hutan. Selain itu, media ini dibuat agar anak lebih antusias dalam belajar mengenai binatang hutan, dan juga memberikan kesan yang menarik dalam belajar bagi anak serta menstimulus perkembangan anak khususnya kognitif dan bahasa anak.
 
Saya memilih power point sebagai media ajar untuk AUD berbasis teknologi digital karena saya merasa tertantang untuk membuat media ajar untuk AUD yang berbasis teknologi karena saya perhatikan banyak sekali PAUD yang belum memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar. Maka dari itu saya menggunakan power point sebagai media ajar berbasis teknologi ini karena power point penggunaannya cukup mudah, selain itu untuk menunjukkan bahwa kecanggihan teknologi dapat membantu dan memudahkan guru dalam menyampaikan pembelajaran kepada anak dengan cara yang menarik dan memberi kesan yang menyenangkan bagi anak serta dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di PAUD, karena melalui media power point ini kita dapat memperlihatkan secara konkrit suatu hal yang tidak bisa kita dihadirkan dalam pembelajaran contohnya seperti yang saya buat mengenai binatang hutan, maka kita dapat mensiasatinya dengan gambar ataupun video yang kita tampilkan dalam media power point.

Kesan
Kesan setelah membuat project ini, saya merasa sangat senang dan sekaligus tertantang,  kesan tertantang karena pada bagian saya membuat memory game disitu saya berpikir keras bagaimana caranya agar saya dapat membuat memory game di power point, dan setelah mengutak-atik beberapa komponen  yang ada pada power point akhirnya saya bisa membuat memory game walaupun awalnya sempat bingung  sendiri:’D. Kesan senang karena saya bisa menyelesaikannya dengan waktu sehari walaupun memory game yang dibuat tidak sebagus yang pernah diajarkan pada pertemuan di kelas. Selain itu saat saya membuat media ini terbesit sebuah pemikiran “kok keren juga ya kuliah jurusan PGPAUD tapi bisa buat beginian berasa kuliah dijurusan yang berbau teknologi gitu hihi:’D”. 

Kesan saya setelah mengikuti matkul ini, saya merasa berkesan dan merasa sangat amat senang karena saya mendapatkan ilmu baru berkaitan dengan teknologi yang dapat digunakan di PAUD seperti mengenal dan membuat flashcards digital, eksplore dan evaluasi website, membuat media ajar visual untuk AUD, dan  vlog classroom display, dan augmented reality (zoo kazam dan quiver). Apa yang dikenalkan dan diajarkan pada matkul ini sangat berguna bagi saya untuk kelak diaplikasikan ketika saya sudah mengajar, karena sangat cocok relevan digunakan di PAUD. Selain itu sebelum membuat project selalu dibiasakan untuk membuat story board terlebih dahulu sehingga apa yang dibuat akan lebih terstruktur. Thank you miss.. 

Adapun yang masih ingin saya pelajari di matkul ini adalah menelusuri lebih banyak website yang berhubungan dengan dunia PAUD, sehingga dapat menjadi referensi dalam pembelajaran di PAUD. Selain itu saya ingin request matkul ini untuk belajar membuat video animasi atau ilustrasi karena sepertinya akan menarik.

1 comment:

  1. Refleksi: 95

    Tugas
    Relevansi media ajar dengan kurikulum PAUD: 90
    Kesesuaian media ajar dengan karakteristik AUD: 90
    Kreativitas pembuatan media ajar: 85

    UAS
    Relevansi media ajar dengan kurikulum PAUD: 90
    Kesesuaian media ajar dengan karakteristik AUD: 90
    Kreativitas pembuatan media ajar: 100

    ReplyDelete