Nama : Sarah Fauziah Amini
NIM : 1503455
Kelas : 6A PGPAUD
1. Media Ajar Visual Untuk AUD (Poster)
Link Media Ajar Visual Untuk AUD :
https://drive.google.com/open?id=1rP1HrIN19zyaS_G961udNMnI_IosV-V7
https://drive.google.com/open?id=1rP1HrIN19zyaS_G961udNMnI_IosV-V7
Media ajar visual untuk AUD berupa
poster yang saya buat ini menanamkan atau mengajarkan nilai agama dan moral juga sosial emosional
kepada anak agar terbiasa berperilaku atau mengucapkan hal-hal baik, seperti menyapa teman apabila bertemu dengan
teman, berterimakasih apabila dibantu, maaf apabila berbuat salah, tolong
apabila butuh bantuan. Selain itu
poster disertai gambar dan sedikit kata-kata yang membantu symbolic thinking anak. Selain itu media ajar visual yang saya buat pun relevan untuk
diaplikasikan di PAUD karena apa yang diajarkan melalui poster tersebut masih
dalam konten PAUD.
Alasan saya memilih media ajar visual untuk AUD berupa
poster karena tugas ini merupakan salah satu tugas
terbaik yang saya buat di mata kuliah ini. Selain itu poster merupakan media ajar yang sederhana dan bahkan seringkali disepelekan, namun sebenarnya sangat berguna dan bermanfaat apabila isi dari poster tersebut disesuaikan dengan karakteristik dan konten pembelajaran AUD, karena kebanyakan sekolah PAUD yang asal menempelkan poster-poster yang sebenarnya
tidak sesuai atau bahkan tidak berkaitan di PAUD. Nah, melalui poster yang saya buat ini menunjukkan bahwa alangkah lebih baiknya guru membuat poster secara mandiri dengan berdasarkan kreativitasnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anak dan materi ajar AUD, sehingga tidak perlu membeli poster yang ada dipasaran.
2. Media Ajar Untuk AUD Berbasis Teknologi Digital
Link Media Ajar Untuk AUD Berbasis Teknologi Digital :
https://drive.google.com/open?id=1Rwsu7L8eKhQQSp-_89wBhM8cMltisn4B
Media ajar untuk AUD berbasis Teknologi Digital yang saya buat dari power point ini terdapat tiga bagian yang dapat dimainkan oleh anak yakni mengenal binatang hutan, video, dan memory game. Media ini dibuat untuk memberikan pengetahuan mengenai beberapa binatang hutan kepada anak, yang dimana binatang hutan ini termasuk kepada sub tema yang ada di tema-tema pembelajaran PAUD, sehingga cocok digunakan untuk mengajar di PAUD pada tema binatang dan sub tema binatang hutan. Selain itu, media ini dibuat agar anak lebih antusias dalam belajar mengenai binatang hutan, dan juga memberikan kesan yang menarik dalam belajar bagi anak serta menstimulus perkembangan anak khususnya kognitif dan bahasa anak.
https://drive.google.com/open?id=1Rwsu7L8eKhQQSp-_89wBhM8cMltisn4B
Media ajar untuk AUD berbasis Teknologi Digital yang saya buat dari power point ini terdapat tiga bagian yang dapat dimainkan oleh anak yakni mengenal binatang hutan, video, dan memory game. Media ini dibuat untuk memberikan pengetahuan mengenai beberapa binatang hutan kepada anak, yang dimana binatang hutan ini termasuk kepada sub tema yang ada di tema-tema pembelajaran PAUD, sehingga cocok digunakan untuk mengajar di PAUD pada tema binatang dan sub tema binatang hutan. Selain itu, media ini dibuat agar anak lebih antusias dalam belajar mengenai binatang hutan, dan juga memberikan kesan yang menarik dalam belajar bagi anak serta menstimulus perkembangan anak khususnya kognitif dan bahasa anak.
Saya memilih power point sebagai media ajar untuk AUD berbasis teknologi digital karena saya
merasa tertantang untuk membuat media ajar untuk AUD yang berbasis teknologi
karena saya perhatikan banyak sekali PAUD yang belum memanfaatkan teknologi
dalam proses belajar mengajar. Maka dari itu saya menggunakan power point sebagai media ajar berbasis teknologi ini karena power point penggunaannya cukup mudah,
selain itu untuk menunjukkan bahwa kecanggihan teknologi dapat membantu dan
memudahkan guru dalam menyampaikan pembelajaran kepada anak dengan cara yang
menarik dan memberi kesan yang menyenangkan bagi anak serta dapat meningkatkan
kualitas pembelajaran di PAUD, karena melalui media power point ini kita dapat memperlihatkan secara konkrit suatu hal
yang tidak bisa kita dihadirkan dalam pembelajaran contohnya seperti yang saya
buat mengenai binatang hutan, maka kita dapat mensiasatinya dengan gambar
ataupun video yang kita tampilkan dalam media power point.
Kesan
Kesan setelah
membuat project ini, saya merasa
sangat senang dan sekaligus tertantang,
kesan tertantang karena pada bagian saya membuat memory game disitu saya berpikir keras bagaimana caranya agar saya
dapat membuat memory game di power point, dan setelah mengutak-atik beberapa komponen yang ada pada power point akhirnya saya bisa membuat memory game walaupun awalnya sempat bingung sendiri:’D. Kesan senang karena saya bisa
menyelesaikannya dengan waktu sehari walaupun memory game yang dibuat tidak sebagus yang pernah diajarkan pada
pertemuan di kelas. Selain itu saat saya membuat media ini terbesit sebuah
pemikiran “kok keren juga ya kuliah jurusan PGPAUD tapi bisa buat beginian
berasa kuliah dijurusan yang berbau teknologi gitu hihi:’D”.
Kesan saya
setelah mengikuti matkul ini, saya merasa berkesan dan merasa sangat amat
senang karena saya mendapatkan ilmu baru berkaitan dengan teknologi yang dapat
digunakan di PAUD seperti mengenal dan membuat flashcards digital, eksplore
dan evaluasi website, membuat media
ajar visual untuk AUD, dan vlog classroom display, dan augmented reality (zoo kazam dan
quiver). Apa yang dikenalkan dan diajarkan pada matkul ini sangat berguna bagi
saya untuk kelak diaplikasikan ketika saya sudah mengajar, karena sangat cocok
relevan digunakan di PAUD. Selain itu sebelum membuat project selalu dibiasakan untuk membuat story board terlebih dahulu sehingga apa yang dibuat akan lebih
terstruktur. Thank you miss..
Adapun yang
masih ingin saya pelajari di matkul ini adalah menelusuri lebih banyak website yang berhubungan dengan dunia PAUD, sehingga dapat menjadi referensi dalam pembelajaran di PAUD. Selain itu
saya ingin request matkul ini untuk
belajar membuat video animasi atau ilustrasi karena sepertinya akan menarik.
Refleksi: 95
ReplyDeleteTugas
Relevansi media ajar dengan kurikulum PAUD: 90
Kesesuaian media ajar dengan karakteristik AUD: 90
Kreativitas pembuatan media ajar: 85
UAS
Relevansi media ajar dengan kurikulum PAUD: 90
Kesesuaian media ajar dengan karakteristik AUD: 90
Kreativitas pembuatan media ajar: 100