Nama : Mutiara Dewi
Yanti
Kelas : 6B PGPAUD
NIM : 1506211
A.
Project merivew game “DECOMPOSE (Nature
Changer)
Dalam
merivew game ini saya jadi mengetahui bahwa game untuk anak haruslah sangat
memperhatikan berbagai macam aspek, seperti tingkat kesulitan, aspek
perkembangan untuk anak, dan lain sebagainya. Karena pada masa anak-anak, kita
sebagai orang dewasa tidak bisa membiarkan begitu saja apapun ditangkap dan
dicerna oleh anak. Anak adalah peniru yang ulung dan mereka cepat menangkap
apapun yang mereka dapatkan dari pengalamannya.
Permainan
nature changer sendiri adalah permainan petualangan yang memiliki beberapa
tokoh sebagai yang dimainkan, tokoh tersebut harus memakan apa yang menjadi
makanannya seperti contoh bila anak memilih tokoh jangkrik. Jangkrik tersebut
harus memakan daun sebanyak mungkin dan jangan sampai dimakan oleh burung.
Apabila dimakan oleh burung dengan otomatis permainan pun selesai dan banyaknya
daun yang dimakan akan menjadi skor akhir.
a. Saya
memilih project ini karena saya merasa tugas ini adalah yang paling baik
dibandingkan dengan tugas-tugas yang pernah saya kerjakan sebelumnya, karena di
dalamnya selain mereview saya juga belajar bagaimana memilih game yang baik
untuk anak. Karena memilih dengan membuat sangatlah berbeda dan harus
memperhatikan banyak hal.
Jika kita membuat, kita
dapat menyesuaikan dengan kebutuhan yang anak perlukan, menyesuaikan dengan
usia dan aspek perkembangan anak. Tingkat kesulitan bahkan tokoh-tokoh
didalamnya dan musik, background juga cara memainkannya.
Namun jika memilih kita
harus benar-benar memperhatikannya terlebih dulu, tidak sembarangan. Karena
banyak game-game yang seharusnya tidak dimainkan oleh anak-anak usia dini namun
malah dimainkan. Yang mengakibatkan banyaknya perilaku-perilaku menyimpang yang
ditiru dari game yang sembarangan diberikan kepada anak.
Karena banyak orang tua
tidak memperhatikan kebutuhan anak, hanyak memberikan apa yang anak mau agar
anak anteng dan tidak mengganggu kegiatan mereka.
B. Project UAS yaitu mebuat vlog dongeng
Saya
memilih project ini karena saya pikir ini menyenangkan, saya juga memang
tertarik untuk menjadi pendogeng. Dan diharapkan ini menjadi dasar saya untuk
belajar mendongeng agar bisa lebih baik lagi. Dongeng yang saya ambil juga
tidak begitu sulit dipahami oleh anak.
Menurut
saya menariknya mendongeng yaitu pada saat ada beberapa tokoh di dalamnya dan
saya harus membuat beberapa macam suara untuk setiap tokohnya, itu yang membuat
saya tertarik pada dongeng.
a. Saya
memilih project yang kedua karena dengan mendongeng saya dapat menyampaikan
pesan-pesan kepada anak dan dapat memberikan banyak pembelajaran kepada anak
tanpa di sadari oleh anak. Dan
mendongeng mmeiliki kesan tersendiri bagi saya.
Dengan mendongeng saya
juga dapat berimajinasi menjadi tokoh di dalam dongeng tersebut, berekspresi
mengungkapkan cerita tersebut kepada anak-anak. Dan mendongeng pun tidak hanya
dapat dilakukan dengan membaca buku, namun juga dapat menggunakan boneka tangan
atau alat bantu yang lainnya sehingga tidak membosankan, dan anak-anak senang
sehingga mau mendengarkan.
Dengan mendongeng juga
di harapkan dapat menumbuhkan minat membaca pada anak. Seperti yang diketahui
bahwa jaman sekarang anak-anak lebih menyukai gadget dari pada buku sehingga
minat baca pun menurun dan membuat anak-anak malas.
Kesan setelah membuat project
Sangat
menyenangkan, karena dapat berekspresi. Mengembangkan apa yang ingin kita coba
lakukan, dan mungkin yang belum pernah kita lakukan. Dan menjadikan pengalaman
baru serta bekal untuk mengajar nanti dan bertemu dengan anak-anak yang
sebenarnya di sekolah.
Kesan setelah mengikuti mata kuliah
ini
Pengalaman
yang luar biasa, saya jadi bisa membuat game untuk anak-anak walaupun hanya
dengan menggunakan software sederhana seperti power point, namun itu menjadi
kebanggaan tersendiri karena sebelumnya belum pernah membuat yang seperti itu.
Lebih banyak yang ingin di pelajari, terutama karena memang saya sebelumnya
sudah tertarik dengan bidang teknologi seperti namun, tidak ada yang dapat
meberikan pelajaran. Dan untuk yang seperti ini saya rasa saya memerlukan guru
terlebih dahulu sebelum mempelajarinya sendiri karena ada beberapa software
semacamnya yang memang pernah saya pelajari sendiri dan itu benar-benar
membingungkan.
Yang masih ingin dipelajari setelah
mengikuti matkul ini
Banyak
hal yang ingin saya pelajari diantaranya yaitu yang sebelumnya dipelajari
KANVA, dan lainnya seperti movie maker, corel draw, photoshop dan mungkin masih
banyak lagi namun belum saya ketahui.
Refleksi 90
ReplyDeleteTugas
Kemampuan mendeskripsikan Web: 95
Kemampuan menganalisa web: 90
Kemampuan merancang implementasi web: 80
UAS
Pemilihan Cerita/ Buku yang sesuai dengan karakteristik AUD: 90
Kejelasan Suara/Intonasi dalam dongeng: 90
Kreativitas pembuatan Vlog/Dongeng Digital:90