Friday, June 8, 2018

Isma Khoerunisa_1507337_6B PGPAUD_UAS Mata Kuliah Pembelajaran Komputer untuk AUD


Nama : Isma Khoerunisa
NIM  : 1507337
Kelas : 6B PGPAUD

Hai Semua.....
Saya akan memaparkan mengenai Project UAS Mata kuliah Pembelajaran Komputer untuk AUD. Project yang saya kumpulkan yaitu hasil analisis game “Mega Mall”. Game tersebut mengenai berbelanja barang-barang yang sudah ditentukan. Melalui game tersebut juga anak dapat mengenal angka, mengenal bentuk serta berbelanja barang-barang yang telah ditentukan dan anak bisa memecahkan masalahnya. Serta project yang kedua yaitu Media ajar untuk Anak Usia Dini Berbasis Teknologi. Saya mengambil tema mengenai Mengenal Angka, mulai dari simbol, pengucapan angka serta mengenalkan angka melalui permainan yang sederhana.
Kenapa yaa saya memilih kedua project tersebut ? yang pertama memilih project “Mega Mall” tuh karena saya rasa game yang saya dan teman saya analisis dan yang dikenalkan melalui game tersebut jarang ditemui di game yang lainnya. Serta kenapa saya juga memilih project media ajar untuk Anak Usia Dini berbasis teknologi mengenai mengenal angka, karena kebanyakan di TK lebih menekankan kepada anak mengenai Calistung (Baca Menulis Menghitung) secara langsung, menghitungnya itu seperti penambahan dan pengurangan. Sebaiknya di jenjang TK itu mengenalkan angka, dan dpat digunakan dengan mudah.
Kesannya setelah membuat kedua project tuh ternyata, teknologi bisa memudahkan dan mewujudkan imajinasi sendiri. Hehehe. Kenapa ? karena ketika membuat project media ajar untuk Anak Usia Dini berbasis teknologi mengenai mengenal angka melalui aplikasi Microsoft PowerPoint, ternyata melalui aplikasi tersebut bisa membuat game yang sederhana. Sebelumnya saya tidak mengira bisa membuat game melalui aplikasi Microsoft Powerpoint. Teknologi itu Keren yaa. Hehe
Rasanya senang dan beruntung sekali bisa belajar mengenai teknologi melalui mata kuliah Pembelajaran Komputer untuk Anak Usia Dini. Karena saat ini semua kalangan manusia tidak bisa lepas dari namanya teknologi. Serta kita sebagai aktivis di dunia pendidikan harus bisa memanfaatkan teknologi dengan baik dan mengaplikasikan teknologi dalam proses pembelajaran supaya anak didik semakin bermotivasi dalam belajar. Dan ternyata belajar teknologi tuh tidak telalu susah seperti yang dipikirkan sebelum mengetahuinya.
Masih banyak yang ingin pelajari mengenai teknologi. Namun saya lebih menginginkan mempelajari aplikasi untuk pembuatan game yang mudah dimudahkan. Supaya lebih bisa mewujudkan imajinasi melalui game untuk Anak Usia Dini.

file Hasil Analisis dan Media Ajar untuk Anak Usia Dini Berbasis teknologi tentang Mengenal Angka :
https://drive.google.com/drive/folders/1pRm-FL_TCfF9A0fK2_Da_oB8Gtznsf4E


1 comment:

  1. Refleksi 85

    Tugas
    Kemampuan mendeskripsikan Web:90
    Kemampuan menganalisa web:80
    Kemampuan merancang implementasi web:80


    UAS
    Relevansi media ajar dengan kurikulum PAUD:90
    Kesesuaian media ajar dengan karakteristik AUD: 90
    Kreativitas pembuatan media ajar:80

    ReplyDelete