NAMA : Siti Rohmah
NIM : 1500575
KELAS : 6A PGPAUD
Project Tugas dan Uas :
1.
Evaluasi
Games “Super Peg & Cat”
2.
Vlog
Dongeng
Pada
project pertama saya memilih mengevaluasi website, website ini berisikan games yang
berjudul “ Super Peg & cat” games dengan satu bahasa yaitu bahasa inggris
yang terdiri dari seorang anak kecil dan kucingnya. Project yang saya ambil ini games yang beredukasi, karena apa pada games ini
terdapat permainan yang tepat untuk dijadikan media pembelajaran dianak usia
dini dan dapat mengembangkan aspek
perkembangan kognitif pada anak, seperti mengajarkan matematika pada anak,
mengenalkan macam-macam bangun ruang, mengenalkan berbagai macam warna,
mengenalkan bagian-bagian rumah, belajar memecahkan masalah dan berkreativitas
sesuai dengan imajinasi anak.
Tidak
hanya itu dalam permaianan ini. menggunakan berbahasa inggris, yang mana anak
sedikit-sedikit dapat belajar bahasa inggris. selain itu permianan yang cukup
menarik dan tidak membosankan. Games super peg & cat sangat cocok untuk
diterapkan dalam proses pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini khususnya di
Indonesia.
Kesan
ketika saya memainkan permainan ini, awalnya saya belum mengerti bagaimana cara
untuk memainkannya serius bingung ini bagaimana ya? Sudah mah pakai bahasa inggris gitu ya tidak
mengerti hehe, tapi saya terus
dicoba-coba oh jadi seperti ini cara memainkannya. Ketika sudah mengerti cara
mainnya asyik juga yah sampe terus-terusan dicoba sampai keasyikannya dan
ketaggihan saking menariknya.
Pada Project kedua membuat Vlog Dongeng untuk
AUD, dongeng tersebut berjudul “Si
kancil dan Raja babi Hutan” didalam dongeng tersebut menceritakan seekor babi
hutan yang sombong, mengaku dirinya paling kuat diantara hewan-hewan lainnya
yang mengaku dirinya seekor raja hutan dan seeokor kancil yang cerdas. Yang
didalamnya terdapat pesan moral bahwa menyombongkan diri merupakan perbuatan
sia sia jika dilakukan, karena seseorang mempunyai kelebihan dan kekurangan
masing-masing, ketika seseorang mulai menyombongkan dirinya dia akan diingatkan
Tuhan bahwa dia memiliki banyak kelemahan.
Alasan
saya memilih project vlog dongeng, karena berdongeng merupakan bagian dari
dunia anak, anak yang kaya imajinasinya dapat mengembangkan daya imajinasinya
lewat vlog dongeng tersebut, apalagi dongengnya
dibantu menggunakan media yang bergambar
semakin konkrit anak memahami dongeng tersebut. Selain itu melalui dongeng anak
mengetahui berbagai macam watak dari tokoh-tokoh tersebut. Dan melalui vlog
dongeng tersebut banyak pesan /pelajaran moral yang dapat diambil oleh anak.
Dalam vlog dongeng ini harapannya anak dapat menerapkan nilai spritual dan
moralnya dalam kehidupan sehari-hari.
Kesan-kesannya masyaallah...luar biasa syuting untuk membuat
vlog dongeng ini memang tidak mudah hehe, walaupun syuting tidak kelihatan muka
tetap saja untuk pembacaan dongengnya harus sesuai intonasi. Beberapa kali
gagal, gagal terus, memang tidak bakat dalam menjadi artis ya jadi seperti ini
hehehe, sampai kecapaian sendiri diulang-ulang terus, sampai tidak enak dengan
teman yang videokan, hmm untung bisa
mengerti. Tapi akhirnya berusaha untuk lebih rileks dan santai alhamdulillah
video vlognya ada yang lumayan lah, daripada yang sebelum-belumnya.
Kesan
ketika saya mengikuti matakuliah ini WOW !...ternyata saya baru sadar dan
ketinggalan zaman sepertinya, bahwa sekarang memang tidak seperti zaman dulu
lagi, masyallah benar-benar nikmat Allah yang luar biasa, teknologi semakin
canggih dan saya merasa takjub dengan perkembangan teknologi saat ini apalagi
media pembelajaran untuk memudahkan proses pembelajaran di Pendidikan Anak Usia
Dini. Apalagi banyak sekali macam-macam teknologi untuk mempermudah proses
pembelajaran, sudah banyak pula website-website sebagai pendukung belajar anak,
atapun dalam berbentuk poster yang lainnya.
Semakin
tingginya perkembangan teknologi, saya tipe-tipe orang yang selalu mencoba
hal-hal baru. Iyah jadi suka gambang penasaran dan mencoba-coba, insyaallah
ingin mencoba terus mengembangkan yang miss finita ajarkan ataupun mencoba
hal-hal yang lain mengenai teknologi khususnya untuk pembelajaran AUD.
Refleksi 90
ReplyDeleteTugas
Kemampuan mendeskripsikan Web: 60
Kemampuan menganalisa web: 60
Kemampuan merancang implementasi web: 60
UAS
Pemilihan Cerita/ Buku yang sesuai dengan karakteristik AUD: 90
Kejelasan Suara/Intonasi dalam dongeng: 90
Kreativitas pembuatan Vlog/Dongeng Digital: 95