Wednesday, June 6, 2018

Tugas UAS milik Ulfa Rachmania Nurussyam 6B PGPAUD


Hi, saya Ulfa Rachmania (NIM 1507346) dari 6B PGPAUD UPI KAMPUS PURWAKARTA. Disini saya akan bercertita sedikit mengenai satu Matkul yang saya kontrak pada Mata Kuliah ini. Nama Mata Kuliahnya Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk AUD.
Jujur saja saya memang sedikit khawatir karena pada masa ini anak – anak usia dini agak berbeda dengan masa dimana saya menjadi anak usia dini. Pada masa ini teknologi semakin canggih, sehingga dampak negatif yang sangat saya takutkan yaitu salah satunya adalah minat baca anak terhadap buku. Maka dari itu, untuk project UAS kali ini, saya membuat vlog membaca dongeng untuk anak usia dini, diharapkan dengan adanya vlog ini, anak akan tertarik kembali membaca buku dan tidak menganggap lagi buku adalah hal yang membosankan dan ketinggalan jaman.
Selain itu, alasan saya membuat vlog dongeng ini adalah, ketika saya memutuskan memuat project ini dan mencari contoh di Youtube, ternyata belum ada vlog dongeng yang berbahasa Indonesia, itu membuat saya semakin ingin membuat vlog ini.
Vlog yang saya buat telah di upload di akun Youtube saya, dengan link  https://www.youtube.com/watch?v=AeXTPFzNYoI




Pada mata kuliah ini, setiap minggu, dosen kami yaitu Miss Finita Dewi, memberi kami pembelajaran mengenai teknologi pada masa kini yang sangat keren sekali, itu membuat kami belajar banyak untuk menyampaikan ilmu kami kepada anak usia dini kelak. Sebenarnya banyak sekali pembelajaran dari Miss Finita yang sangat berkesan di hati saya (semuanya berkesan, sih. Hehe ) namun ada satu pembelajaran yang saya sangaaat suka. Membuat poster.
Pada saat itu kami di beri tugas untuk membuat poster kegiatan sehari – hari anak usia dini menggunakan aplikasi Canva di Internet. Saya kira akan sangat sulit pada awalnya, ternyata sangat menyenangkan sekali. Mungkin kalau Miss Finn (begiu kami memanggilnya, hehe) tidak menugaskan dan memberi tahu mengenai aplikasi itu, saya tidak akan bisa membuat pamflet atau poster sampai sekarang (katro sih ya, hehe). Pada waktu itu, saya membuat pamflet mengenai  kendaraan umum yang dapat dinaiki anak saat bepergian.
Kurang lebih pamfle nya seperti ini :



Itulah, ceria saya mengenai mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk AUD  pada semester ini. Saya pribadi mengucapkan terimakasih, terimakasih, terimakasih. Kalau ada ungkapan yang lebih dari kata terimakasih akan saya cari untuk Miss kami tercinta, Miss Finita Dewi.
Salam cinta,
Ulfa Rachmania

2 comments:

  1. Refleksi: 85

    Tugas
    Relevansi media ajar dengan kurikulum PAUD:90
    Kesesuaian media ajar dengan karakteristik AUD: 80
    Kreativitas pembuatan media ajar: 90

    UAS
    Pemilihan Cerita/ Buku yang sesuai dengan karakteristik AUD: 90
    Kejelasan Suara/Intonasi dalam dongeng: 100
    Kreativitas pembuatan Vlog/Dongeng Digital: 95

    ReplyDelete