Saturday, June 9, 2018

SITIAISYAHLUTFIA_1501223_6BPGPAUD_UASPEMBELAJARANKOMPUTERUNTUKAUD


Nama   : Siti Aisyah Lutfia
NIM    : 1501223
Kelas   : 6B PGPAUD

Hai teman – teman, Saya mahasiswi jurusan PG PAUD di UPI Purwakarta. Kali ini Saya akan membagikan dua project untuk memenuhi uas mata kuliah Pembelajaran Komputer untuk Anak Usia Dini ( AUD ).

Project pertama adalah membuat media visual untuk AUD. Media visual yang Saya buat berupa poster dengan judul Cara Menjaga Kebersihan Tubuh. Poster ini berisi kumpulan gambar dan keterangan dari gambar tersebut, dimana gambarnya mewakili hal – hal apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan tubuh.


Inilah poster yang saya buat. Untuk lebih jelasnya, silahkan akses link berikut ini :







Project yang kedua adalah membuat Vlog dongeng untuk Anak Usia Dini. Kali ini Saya mendongeng dengan judul Suara Kecil Petit karya Remon dan Arrahmanrendi ( ilustrator). Dongeng ini menceritakan tentang seekor anak ayam yang kagum dengan suara dari binatang – binatang yang dijumpainya ketika berkeliling hutan dan dia merasa suaranya tidak seindah binatang – binatang yang dijumpainya itu.

Berikut link yang harus diakses untuk melihat video yang saya buat :






Saya memilih kedua project diatas karena keduanya cukup menarik jika digunakan dalam pembelajaran di PAUD. Poster bisa kita tempel di kelas, sehingga bisa dilihat dan dibaca anak setiap hari. Sedangkan Vlog mendongeng bisa digunakan untuk media pembelajaran, cara ini merupakan alternatif lain dari mendongeng secara langsung sekaligus mengenalkan anak mengenai teknologi ( video diputar melalui laptop dan proyektor ).

Kedua project diatas dibuat dengan kesabaran yang cukup ekstra dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, untuk membuat poster ini, membutuhkan kuota yang tidak sedikit juga bensin karena Saya harus berkunjung ke rumah teman untuk membuat poster ini ( dikarenakan jaringan internet di daerah saya tidak memadai ). Untuk Vlog dongeng sendiri, dibutuhkan berkali – kali pengambilan video hingga mendapatkan video yang layak dipublikasi. Setelah selesai membuat kedua project itu, Saya merasa puas atas hasil kerja keras yang telah dilakukan.

Kedua project diatas tidak akan saya buat bila tidak ada mata kuliah Pembelajaran Komputer untuk Anak Usia Dini. Mata kuliah ini mengajarkan banyak hal mengenai teknologi yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Materi yang diajarkan selalu menarik dan tidak monoton. Oleh karena itu, mata kuliah ini dibutuhkan ntuk calon guru, khususnya guru PAUD yang dituntuk untu membuat media pembelajaran yang tepat dan menarik bagi anak.

Hal yang ingin dipelajari lebih dalam adalah game flashcard, karena Saya masih kesulitan dalam membuat ini.

            Setelah membaca blog ini, diharapkan pembaca dapat memberikan saran atau kritik yang membangun untuk kedepannya. Terima kasih.


4 comments:

  1. Refleksi 85

    Tugas
    Relevansi media ajar dengan kurikulum PAUD: 90
    Kesesuaian media ajar dengan karakteristik AUD:90
    Kreativitas pembuatan media ajar:90

    UAS
    Pemilihan Cerita/ Buku yang sesuai dengan karakteristik AUD: 95
    Kejelasan Suara/Intonasi dalam dongeng: 100
    Kreativitas pembuatan Vlog/Dongeng Digital: 90

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih..boleh di download poster nya..

    Semoga berkah

    ReplyDelete