Tuesday, June 5, 2018

Projek Ujian Akhir Semester Pembelajaran Komputer Untuk AUD

Nama: Fannisa Kamilia Lubna
NIM: 1506210
Kelas: 6A PGPAUD

Pada projek ujian akhir semester ini saya memilih:

1. Canva
Dalam projek ini kita membuat semacam poster yang cocok untuk PAUD. Pada projek ini saya membuat poster suaraku di dalam kelas, tujuannya untuk membantu guru mengontrol suara anak-anak didalam kelas melalui gesture tangan. Melalui gesture tangan ini diharapkan dapat memudahkan anak untuk mengikuti instruksi guru supaya tidak berisik, memelankan suaranya atau melantangkan suaranya di dalam kelas. Misalnya ketika kegiatan yang sedang dilakukan adalah menceritakan hasil karya, guru meminta anak untuk lebih melantangkan suaranya, guru memberikan gesture tangan lantangkan suaramu pada anak yang sedang bercerita dan memberikan gesture tangan tidak berisik pada anak-anak lain yang mendengarkan. Saya memilih projek ini karena poster yang saya buat belum ada versi bahasa Indonesia nya.
Kesan setelah melakukan projek ini, sangat menyenangkan dan cukup menantang. Hal menantangnya adalah kita harus membuat poster yang benar-benar dapat dipahami oleh anak, salah satunya yaitu lebih banyak visualnya. Selain itu menggunakan Canva bagi saya sedikit lebih rumit daripada menggunakan photoshop, karena harus online dan terkadang internetnya putus nyambung, sehingga hal tersebut membuat pengerjaan projek ini menjadi sedikit terhambat. Adapun setelah membuat projek menggunakan Canva, saya menjadi mempunyai lebih banyak wawasan mengenai situs online yang dapat digunakan untuk berkreasi.


2. Vlog Dongeng 
Dalam projek ini kita mebuat video membacakan sebuah buku dongeng yang cocok untuk anak-anak. Buku dongeng yang dibacakan harus mempunyai banyak gambar dan sedikit tulisan. Cerita yang dipilih juga harus mengandung nilai-nilai moral yang dapat diberikan pada anak. Pada projek ini saya memilih buku dongeng "Sam, Prajurit Tanpa Kancing" karena menurut saya buku ini memiliki kriteria-kriteria diatas. Selain itu gambar yang disajikan pun menarik karena berwarna-warni, hal tersebut menurut saya cukup dapat menarik perhatian anak untuk mau membaca dan membuka halaman selanjutnya.
Kesan dalam mengerjakan projek ini juga sangat menyenangkan. Tantangannya adalah dalam pengambilan video. Saya mengambil video ini menggunakan kamera hp dan merekamnya sendiri, dengan bantuan tumpukan buku dan penyangga handphone. Saya sangat bersemangat memilih vlog dongeng ini karena saya sangat menyukai dongeng dan mempunyai cukup banyak buku dongeng untuk anak-anak dan tinggal memilih buku mana yang akan saya ambil, saya juga suka mengedit video walaupun skill nya masih "newbie" hihi, selain itu mengingat vlog dongeng ini belum ada yang bahasa Indonesia. Maka saya harap vlog dongeng ini dapat menambah koleksi video edukasi di Youtube yang aman "dikonsumsi" oleh anak-anak di Indonesia.


Setelah mengikuti mata kuliah pembelajaran komputer untuk  aud, banyak sekali wawasan baru mengenai website yang dapat digunakan sebagai media belajar. Selain itu mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah favorit saya, karena saya sangat menyukai teknologi, saya belajar banyak sekali di mata kuliah ini, mulai dari membuat games dengan power point, membuat memory games, matching games, membuat poster sampai membuat vlog dongeng adalah hal-hal yang harus saya syukuri selama satu semester ini. Untuk kedepannya saya masih ingin berkreasi membuat poster-poster dan terutama vlog dongeng, iya mungkin siapa tahu nanti jadi youtuber dongeng, hahaha. Terimakasih Mrs. Fin :)

1 comment:

  1. Refleksi 90

    Tugas
    Relevansi media ajar dengan kurikulum PAUD: 90
    Kesesuaian media ajar dengan karakteristik AUD: 90
    Kreativitas pembuatan media ajar: 90

    UAS
    Pemilihan Cerita/ Buku yang sesuai dengan karakteristik AUD: 90
    Kejelasan Suara/Intonasi dalam dongeng: 90
    Kreativitas pembuatan Vlog/Dongeng Digital: 90

    ReplyDelete