Assalamu’alaikum
warahmatullahi wabaraakatuh
Saya Aisah Rahayu, NIM 1506206, dari kelas 6A PGPAUD UPI Kampus
Purwakarta,
Project yang
dipilih
1.
Flashcard
Matching Games
2.
Vlog
Dongeng
Disini
saya akan menceritakan sebuah perjalanan singkat di semester 6 ini, mengenai
satu mata kuliah yang banyak menginspirasi mahasiswa pgpaud khususnya, karna
banyak orang diluar sana memandang bahwasanya guru paud adalah guru ecek-ecek
yang hanya dituntut untuk bernyanyi dan menari dalam satu pembelajaran yang
biasa dilakukan dikalangan awam saat ini. Namaun dengan adanya matakuliah
komputer ini, menurut saya dapat sedikit menggeser pandangan orang awam
mengenai guru paud yang hanya menari dan menari dan satu lagi yang khas dengan
guru paud, apa yah ???
Enngggg iiieng.... yah
betul, tepat sekali Kecrekan atau Tamborin yang biasanya melekat pada guru-guru
anak usia dini, hehe. Tapi teman-teman, disini saya akan lebih membahas
mengenai apa yang sudah dipelajari di dalam matakuliah Pembelajaran Komputer
untuk Anak Usia Dini yang menurut saya sangat bermanfaat dan menyenangkan untuk
dibagikan,,,,
Didalam
matakuliah Pembelajaran Komputer untuk AUD ada pembelajaran mengenai aplikasi games
yang dapat digunakan oleh anak usia dini, games ini merupakan games yang di rancang
oleh saya dan teman saya, yaitu games matching lagu dimana didalamnya terdapat
beberapa lagu nasional dan lagu daerah yang akan dicocokan oleh pemaian dengan
menarikan garis yang terdapat pada games ini untuk dicocokan dengan lagu yang
sedang di play. Cara bermainnya pun mudah dilakukan oleh anak karena hanya
mencocokan lagu dengan judulnya, dan games ini pun dapat melatih daya ingat
anak, karena harus mencocokan musik lagu dengan judul yang sudah ada.
Ada
banyak materi atau pun pembelajaran yang dapat menggunakan aplikasi Matching
Games ini, sebisa dan sekreatif kita sebagai calon guru aplikasi ini dapat
memudahkan sistem atau proses pembelajaran yang dilakukan disekolah. Misalkan
untuk penjumlahan dasar ataupun pengenalan Abjad dengan dicocokan dengan nama
benda atau hewan yang gampang bagi anak-anak dan ada disekitar lingkungan
anak-anak. Dengan mengikuti jaman mungkin pembelajaran menggunakan games akan
dapat diterapkan disekolah-sekolah dimasa yang akan datang, tidak menutup
kemungkinan karena anak-anak lebih suka memainkan games dibandingkan dengan
belajar dengan tulisan, anak-anak memang ada pada masa keemasan, sehingga kita
sebagai calon pendidik pun harus bisa memberikan stimulus yang baik agar
perkembangan anak dapat berkembang secara optimal dan sesuai dengan usianya. Selain
memiliki keeguaan untuk dapat menjadikan games edukasi aplikasi ini, memiliki
beberapa kekurangan seperti tidak ada icon untuk keluar ataupun untuk menunda.
Jadi ketika memainkan games ini diharuskan menyelesaikan semua permaian yang
sudah tersedia didalamnya. Dan tampilannyapun harus lebih mampu menarik minat
anak-anak agar anak lebih senang dengan tampilannya selain memang isinya yang
mengandung unsur belajar bagi anak anak.
Semoga
ketika kita nanti menjadi pendidik di PAUD, kita dapat mengaplikasikannya
disekolah kita dengan menyesuaikan proses pembelajaran yang ingin diajarkan dan
menyesuaikan kebutuhan anak, agar anak-anak tidak berfokus pada sata
pembelajaran games ini saja. Sekian perjalanan singkat disemester 6 ini, semoga
kita dapat memahami dan mengaplikasikan materi-materi yang telah kita pelajari
bersama disemester ini,
Etttt
teman teman belum selesai yah, hehe kita sambung lagi di kegiatan Ujian Akhir
semester ini, di UAS ini saya memilih projek vlog dongeng dan ini merupakan hal
pertama kali yang saya lakukan dan kerjakan, membahas mengenai dongen jadi
teringat dulu saat masa penjaringan mahasiswa di bumsil saya di jaring oleh
kakak-kakak mahasiswa PGPAUD dan ditanya mengenai, “ kenapa masuk PGPAUD ?” ,
“dari mana asalnya?” dan pertanyaan-pertanyaan yang lainnya hingga akhirnya
saya ditantang oleh kakak-kakak untuk mendongeng denga hanya menyiapkan cerita
selama satu menit kemudian mendongen didepan kakak-kaka PGPAUD, ini merupakan
pengalaman besar walau diiringi oleh rasa takut saat mencoba mendongeng hehe,
namun itu hanya kenang yang dapat dijadikan pengalaman, lalu kenapa saya
memilih UAS Vlog Dongeng ini, karena saya ingin mencoba hal baru walaupun masih
seadanya, saat kita banyak mencoba hal-hal baru maka disitu pula kita belajar
dan mendapatkan pengalaman baru.
Banyak pembelajaran
yang dapat diambil dari semester ini yang dapat diaplikasikan dan memperisapkan
calon pendidik dimasa depan dengan segala rintangannya, semoga apa yang sudah
diajakan oleh mrs dapat bermanfaat bagi semua,,,,,
Yang ingin saya
pelajari dari matakuliah ini adalah Matching Games karena,ingin banyak
menyiapkan bahan ajar yang akan digunakan untuk disekolah nanti, tapi materi
yang lainpun tidak kalah jika asyik dan seru untuk diterapkan nanti.
Terimakasih.....
Wasaalamu’alaikum
warahmatullahi wabaraakatuh.
Refleksi 85
ReplyDeleteTugas
Relevansi media ajar dengan kurikulum PAUD: 75
Kesesuaian media ajar dengan karakteristik AUD: 75
Kreativitas pembuatan media ajar: 75
UAS
Pemilihan Cerita/ Buku yang sesuai dengan karakteristik AUD: 90
Kejelasan Suara/Intonasi dalam dongeng: 85
Kreativitas pembuatan Vlog/Dongeng Digital: 85