Friday, June 8, 2018

Aisah Rahayu_1506206_6APGPAUD


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabaraakatuh
Saya Aisah Rahayu,  NIM 1506206, dari kelas 6A PGPAUD UPI Kampus Purwakarta,

Project yang dipilih
1.      Flashcard Matching Games

2.      Vlog Dongeng

Disini saya akan menceritakan sebuah perjalanan singkat di semester 6 ini, mengenai satu mata kuliah yang banyak menginspirasi mahasiswa pgpaud khususnya, karna banyak orang diluar sana memandang bahwasanya guru paud adalah guru ecek-ecek yang hanya dituntut untuk bernyanyi dan menari dalam satu pembelajaran yang biasa dilakukan dikalangan awam saat ini. Namaun dengan adanya matakuliah komputer ini, menurut saya dapat sedikit menggeser pandangan orang awam mengenai guru paud yang hanya menari dan menari dan satu lagi yang khas dengan guru paud, apa yah ???
Enngggg iiieng.... yah betul, tepat sekali Kecrekan atau Tamborin yang biasanya melekat pada guru-guru anak usia dini, hehe. Tapi teman-teman, disini saya akan lebih membahas mengenai apa yang sudah dipelajari di dalam matakuliah Pembelajaran Komputer untuk Anak Usia Dini yang menurut saya sangat bermanfaat dan menyenangkan untuk dibagikan,,,,
Didalam matakuliah Pembelajaran Komputer untuk AUD ada pembelajaran mengenai aplikasi games yang dapat digunakan oleh anak usia dini, games ini merupakan games yang di rancang oleh saya dan teman saya, yaitu games matching lagu dimana didalamnya terdapat beberapa lagu nasional dan lagu daerah yang akan dicocokan oleh pemaian dengan menarikan garis yang terdapat pada games ini untuk dicocokan dengan lagu yang sedang di play. Cara bermainnya pun mudah dilakukan oleh anak karena hanya mencocokan lagu dengan judulnya, dan games ini pun dapat melatih daya ingat anak, karena harus mencocokan musik lagu dengan judul yang sudah ada.
Ada banyak materi atau pun pembelajaran yang dapat menggunakan aplikasi Matching Games ini, sebisa dan sekreatif kita sebagai calon guru aplikasi ini dapat memudahkan sistem atau proses pembelajaran yang dilakukan disekolah. Misalkan untuk penjumlahan dasar ataupun pengenalan Abjad dengan dicocokan dengan nama benda atau hewan yang gampang bagi anak-anak dan ada disekitar lingkungan anak-anak. Dengan mengikuti jaman mungkin pembelajaran menggunakan games akan dapat diterapkan disekolah-sekolah dimasa yang akan datang, tidak menutup kemungkinan karena anak-anak lebih suka memainkan games dibandingkan dengan belajar dengan tulisan, anak-anak memang ada pada masa keemasan, sehingga kita sebagai calon pendidik pun harus bisa memberikan stimulus yang baik agar perkembangan anak dapat berkembang secara optimal dan sesuai dengan usianya. Selain memiliki keeguaan untuk dapat menjadikan games edukasi aplikasi ini, memiliki beberapa kekurangan seperti tidak ada icon untuk keluar ataupun untuk menunda. Jadi ketika memainkan games ini diharuskan menyelesaikan semua permaian yang sudah tersedia didalamnya. Dan tampilannyapun harus lebih mampu menarik minat anak-anak agar anak lebih senang dengan tampilannya selain memang isinya yang mengandung unsur belajar bagi anak anak.
Semoga ketika kita nanti menjadi pendidik di PAUD, kita dapat mengaplikasikannya disekolah kita dengan menyesuaikan proses pembelajaran yang ingin diajarkan dan menyesuaikan kebutuhan anak, agar anak-anak tidak berfokus pada sata pembelajaran games ini saja. Sekian perjalanan singkat disemester 6 ini, semoga kita dapat memahami dan mengaplikasikan materi-materi yang telah kita pelajari bersama disemester ini,
Etttt teman teman belum selesai yah, hehe kita sambung lagi di kegiatan Ujian Akhir semester ini, di UAS ini saya memilih projek vlog dongeng dan ini merupakan hal pertama kali yang saya lakukan dan kerjakan, membahas mengenai dongen jadi teringat dulu saat masa penjaringan mahasiswa di bumsil saya di jaring oleh kakak-kakak mahasiswa PGPAUD dan ditanya mengenai, “ kenapa masuk PGPAUD ?” , “dari mana asalnya?” dan pertanyaan-pertanyaan yang lainnya hingga akhirnya saya ditantang oleh kakak-kakak untuk mendongeng denga hanya menyiapkan cerita selama satu menit kemudian mendongen didepan kakak-kaka PGPAUD, ini merupakan pengalaman besar walau diiringi oleh rasa takut saat mencoba mendongeng hehe, namun itu hanya kenang yang dapat dijadikan pengalaman, lalu kenapa saya memilih UAS Vlog Dongeng ini, karena saya ingin mencoba hal baru walaupun masih seadanya, saat kita banyak mencoba hal-hal baru maka disitu pula kita belajar dan mendapatkan pengalaman baru.
Banyak pembelajaran yang dapat diambil dari semester ini yang dapat diaplikasikan dan memperisapkan calon pendidik dimasa depan dengan segala rintangannya, semoga apa yang sudah diajakan oleh mrs dapat bermanfaat bagi semua,,,,,
Yang ingin saya pelajari dari matakuliah ini adalah Matching Games karena,ingin banyak menyiapkan bahan ajar yang akan digunakan untuk disekolah nanti, tapi materi yang lainpun tidak kalah jika asyik dan seru untuk diterapkan nanti.
Terimakasih.....
Wasaalamu’alaikum warahmatullahi wabaraakatuh.



1 comment:

  1. Refleksi 85

    Tugas
    Relevansi media ajar dengan kurikulum PAUD: 75
    Kesesuaian media ajar dengan karakteristik AUD: 75
    Kreativitas pembuatan media ajar: 75

    UAS
    Pemilihan Cerita/ Buku yang sesuai dengan karakteristik AUD: 90
    Kejelasan Suara/Intonasi dalam dongeng: 85
    Kreativitas pembuatan Vlog/Dongeng Digital: 85

    ReplyDelete