Thursday, June 7, 2018

Heni Anggraeni_1506736_6A PGPAUD


     Hallo Teman-teman…. Untuk tugas akhir mata kuliah (Pembelajaran Komputer Untuk AUD) ini saya membuat poster serta dongeng digital, kenapa saya pilih keduanya serta materi apa yang saya masukan ke tugas akhir ini akan saya jelaskan dibawah ya...

1. Poster
     Bisa dibilang ini adalah karya poster yang saya sukai, dalam poster ini saya membuat “Aturan Ketika Sedang Marah”, sebenarnya hal ini terinspirasi dari hasil observasi kebeberapa PAUD disekitar Purwakarta, terkadang ada beberapa anak yang melampiaskan emosinya dengan merugikan orang lain ataupun diri sendiri, seperti menyakiti teman, berbicara kasar serta merusak barang-barang yang ada disekitar. Dalam poster ini juga disebutkan apa yang harus dilakukan anak ketika sedang marah,  sehingga diharapkan dapat menstimulasi anak untuk dapat menyalurkan emosinya dengan positif, dan inilah hasil karyanya …


2. Dongeng Digital
               Dalam membuat dongeng digital ini saya menggunakan “Microsoft Power Point”. Tema yang saya ambil adalah tentang sayuran, karena saya merasa jarang sekali orang menggunakan sayuran sebagai tokoh dalam suatu dongeng, apalagi dalam bentuk dongeng digital.

Untuk ceritanya saya membuat sendiri alias mengarangnya, dan cerita yang saya ambil disesuaikan dengan gambar yang saya dapat dari internet, hehe (karena lumayan susah nyari gambar png tentang tokoh sayuran di internet). Kendala lainnya adalah harus ekstra sabar untuk menyatukan audio serta animasi gambarnya agar terlihat pas antara audio dengan animasi yang akan muncul, dan ini membutuhkan waktu yang lumayan juga.
      Tapi saya sangat antusias mengerjakan project ini, karena ketika searching di youtube, dongeng tentang sayuran ini sangat susah untuk ditemukan. Semoga dengan saya membuat dongeng digital tentang sayuran ini dapat menambah referensi pembelajaran berbasis komputer untuk AUD khususnya dalam tema sayuran. Dongeng digital ini dapat menstimulasi anak untuk suka memakan sayuran, karena terkadang ada beberapa anak yang tidak ingin memakan sayuran.




                                                   Link: https://youtu.be/fO-RMw9qJqk

3.  Kesan
Dari matakuliah ini saya banyak mendapatkan informasi mengenai teknologi yang dapat diaplikasikan di PAUD, mulai dari games, website, dan beberapa aplikasi lainnya yang dapat membekali mahasiswa PGPAUD dalam mendidik Anak Usia Dini khususnya untuk pembelajaran komputer. Selama mengikuti perkuliahan saya sangat antusias sekali apabila dikenalkan dengan aplikasi atau web yang belum diketahui sebelumnya, dan saya sangat suka sekali dengan gaya mengajar Mrs. Fin yang seru dan tidak terlalu menegangkan. Hehe…. Thank’s a lot Mrs ...







1 comment:

  1. Refleksi: 80

    Tugas
    Relevansi media ajar dengan kurikulum PAUD:85
    Kesesuaian media ajar dengan karakteristik AUD:90
    Kreativitas pembuatan media ajar:90


    UAS
    Pemilihan Cerita/ Buku yang sesuai dengan karakteristik AUD:95
    Kejelasan Suara/Intonasi dalam dongeng:100
    Kreativitas pembuatan Vlog/Dongeng Digital:100

    ReplyDelete