UAS PEMBELAJARAN KOMPUTER_IMAN RIYANA_6A PGPAUD_1507335
1. Media Ajar Visual Untuk Anak Usia Dini
Link Media visual untuk AUD bisa diakses :
Poster
ini berjudul 5 alat keselamatan saat mengendarai sepeda, juga merupakan salah
satu bentuk media visual yang dapat dijadikan sebagai pembelajaran, poster ini
berdasarkan konten yang ada di paud yaitu tema diriku dengan sub tema
kesukaanku/kegemaranku (bersepeda) dengan rentan usia TK B (5-6 tahun). Poster
ini buat selain untuk mengenalkan lima alat keselamatan bersepeda yang terdiri
dari helm, baju olah raga, pelindung sikut, pelindung lutut dan sepatu, juga
mengajarkan pada anak secara tidak langsung bagaimana cara melindungi, minimal
untuk melindungi diri sendiri, yaitu dengan memperhatikan alat-alat yang harus
dikenakan pada saat bersepeda agar meminimalisir terjadinya kecelakaan
(terjatuh). Dan poster ini juga membantu pemikiran simbolis anak. Yaitu
simbol-simbol yang seperti gambar helm, baju olah raga, pelindung sikut,
pelindung lutut dan sepatu. Poster ini dibuat menggunakan aplikasi www.canva.com
dengan kategori poster, membuat poster melalui aplikasi canva ini berbasis
online, artinya harus selalu terhubung dengan koneksi internet yang baik, agar
pada saat memilih ataupun mencari gambar yang di inginkan cepat.
Salah satu alasan saya memilih
konsep poster ini karena anak-anak yang berada di lingkungan rumah sering
bermain sepeda, dan banyak juga anak yang jatuh disebabkan karena tidak
mengenakan salah satu alat keselamatan bersepeda, minimal mengenakan salah satu
alat yang dapat melindungi mereka dari bahaya jatuh saat bersepeda
Kesan saat membuat project poster ini sangat ketagihan dan
kesal sekali, ketagihan untuk terus mencari dan mencari gambar dari berbagai
kategori, contohnya untuk memilih wallpaper dari poster ini membuat galaunya
sampai 2 hari, karena semua wallpaper nya memiliki kualitas gambar yang bagus,
serta designnya menarik dan unik, kesalnya konsep yang dbuat sudah jadi di
kertas, namun pada saat membuka aplikasi canva ini seketika ingin mengubah
konsep, karena semua yang dibutuhkan ada di canva, terutama dalam hal memilih
wallpaper, warna, terutama fontnya sangat bervarian, sehingga suka tidak sesuai
dengan ekspetasi, juga canva ini menurut saya salah satu aplikasi online
berbasis teknologi salah satunya unuk membuat poster yang recomnded bagi pemula.
Namun untuk membuat poster atau sejenisnya akan lama bagi pemula, karena
lamanya dihabiskan dengan memilih gambar-gambar yang disediakan canva.
Kesan mengikuti perkuliahan ini
sangat dibuat penasaran setiap minggunya, pasalnya pasti selalu saja ada hal-hal
yang unik disetiap pekannya, salah satunya www.canva.com
yang sangat berkesan bagi saya, karena bisa membuat kita seolah-olah menjadi
pembuat poster yang handal, juga tidak harus kursus, asalkan tahu konsepnya serta
bisa mengkombinasikan setiap gambar-gambarnya.
Juga manfaat lain yang saya rasakan yaitu bisa sharing dengan
teman-teman yang ada di lingkungan rumah terkait canva ini. Kemudian saya ingin
mempelajari aplikasi canva ini lebih lanjut, mungkin secara otodidak.
2. Media Ajar Untuk Anak Usia Dini Berbasis Teknologi Digital
Mohon maaf Project UAS Media ajar untuk AUD punya Iman tidak bisa di upload ke Blog, karena ukurannya terlalu besar, namun project UAS nya sudah di emailkan ke Mis Finita Dewi. Tapi teman-teman bisa mengaksesnya di link berikut :
Project Uas
mata kuliah pembelajaran komputer untuk anak usia dini saya membuat media ajar
berbasis teknologi menggunakan power
point, dengan judul mengenalkan binatang berdasarkan tempat tinggalnya,
tempat tinggal binatang yang terdiri dari darat, laut, udara, dan kutub utara.
Konten media ajar ini sesuai denga Paud, dengan tema binatang, dan sub tema
binatang darat, binatang air, serta binatang bersayap dengan rentan usia untuk
TK A (4-5 tahun). Media ajar ini diperuntukan untuk mengenalkan binatang pada
anak berdasarkan tempat tinggalnya, yaitu ada binatang darat yang terdiri dari
anjing, ayam, badak, keledai, dan kelinci, juga binatang laut yang terdiri dari
lumba-lumba dan ikan, ada binatang udara (bersayap) yaitu burung, serta
binatang kutub utara ada beruang kutub dan pinguin. Juga mengenalkan keaksaran,
yaitu adanya huruf-huruf abjad yang ada di setiap gambar binatang
Saya memilih media ajar ini tidak
semena-mena bikin, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat
pembuatannya, yaitu menjaga kekonsistenan kualitas gambar yang dipilih serta
jenis visiual yang dipilih, juga tak lupa isi kontennya harus sesuai dengan
anak usia dini. Dengan dibuatnya media ajar ini, minimal anak-anak bisa
membedakan binatang berdarkan tempat tinggalnya, membedakan binatang darat,
laut, udara, serta kutub utara
Project media ajar menggunakan power point ini menjadi keputusan
terakhir saya, karena jika flashback
sudah beberapa hari serta kali ganti konsep. Kesan membuat project ini penuh
dengan rasa kebingungan dan kekonyolan. Kebingungan karena sudah beberapa kali
ganti konsep, dari mulai ingin membuat vlog dongeng, canva sampai yang terakhir
membuat media ajar ini, dan kekonyolan yang menurut saya memang sudah
direncanakan oleh Alloh Swt ini sangat indah sekali, ditanggal 24-25 Mei saya
mentargetkan konsep untuk project uas ini sudah ada, 30 Mei jam 21.00 WIB saya
mendedline konsep project ini sudah beres, namun apalah daya, ketika dikostan
jam 21.00WIB bukan membuka lptop atau searching namun masih bingung dan
bengong memikirkan konsep yang belum ada, kemudian saya tidur semoga pas bangun
subuh ketika sahur inspirasi itu datang. Namun setelah sahur, konsep itupun
masih belum ada juga. 31 Mei – 3 Juni saya mendedline agar project uas ini
beres, namun masih juga memikirkan konsep yang belum ada, 5 Juni saya berangkat
ke kampus jam 05.00 WIB naik bis, di bis saya tidak bisa tidur, terus dan terus
memikirkan konsep yang akan dibuat, sampai mamang kondektur yang menagih uang
bis, saya hiraukan kmeudian sampai di jawab “kela mang” (kepala nunduk dan mengangkat tangan kanan ke depan kondektur). Beberapa
menit kemudian saya meminta maaf ke mamang kondektur tadi sambil ketawa seniri.
Pukul 07.00 WIB saya sampai di terminal sambil menunggu ojeg online, dengan
tujuan ke kostan. Sampailah di kostan dan beres-beres, kemudian berangkat ke
kampus jam 08.00 WIB untuk mengikuti pembekalan KKN yang diaksanakan di salah
satu Gd yang ada di UPI. Pukul 11.45 WIB pembekalan KKN sudah beres, dan
kembali memikirkan konsep untuk project yang akan dibuat. OK fix saya akan
membuat vlog dongeng, namun ada urusan terlebih dahulu ke bank, jd mencari buku
ceritannya setelah beres dari bank. Pukul 14.00 WIB saya akan pergi mencari
buku cerita di salah satu supermarket yang menyediakan buku cerita,
sesampainnya di tempat buku cerita itu ternyata buku ceritannya bilingual atau
dua bahasa dan halaman ceritannyapun snagat banyak.........(dalam hati berkata “hufffttt mamacetan papanasan”). Pada
akhirnya saya tidak jadi membeli buku cerita itu, saya malah membeli lampion
kecil untuk melengkapi DIY yang di buat dirumah. Sambil nunggu ojeg mau pulang
ketemu teman dan menyapa “Hey belum balik,
jdinya uas project apa?” Saya mejawab dan sedikit ingin menahan tawa..Hmm
ga jadi buku cerita. Kemudian teman saya berbicara “Udah pulang aja kerumah,
disana banyak mereun buka cerita”.....Terbelisit difikiran saya, yaudah saya
akan pulang ke rumah naik kereta jam 15.45 WIB, langsung melihat jam, pukul
15.05 WIB (Gelisah, keringat bercucuran).....Langsung
naik ojeg dan bergegas terlebih dahulu ke kostan, sampai dikostan saya
mengurungkan niat untuk pulang kerumah, entahlah apa penyebabnya yang pasti bakalan
ketinggalan kereta, belum macet segala macamnya..15.30 WIB niat untuk pulang
kembali ada, bergegas sangat rusuh sekali langsung pesan ojeg online..berarti
saya punya waktu 15 menit ke stasiun dari kostan, dan Alhamdulillah di stasiun
langsung memesan karcis.....Perjalanan KA yang sangat lama, saya berniat untuk
kembali mnecari konsep, ya syukur-syukur pas pulang ke rumah tugas uas ini
sudah beres, tapi diluar dugaan..begitu saya duduk di kursi KA saya bertemu
dengan kaka tingkat dari situ awal pembicaraan sampai pualng kerumah
berbincang-bincang...entahlah niat awal yang tadinya akan mengerjakan tugas uas
itu tidak jadi...Sampai dirumah pukul 20.00 WIB saya langsung mendapatkan
konsep untuk uas project ini, karena pada dasarnya inspirasi itu datang ketika
hal yang tidak terduga, justru jika mencari insprirasi dipaksanakan, akan
semakin bingung...Itulah yang saya rasakan.
Refleksi: 95
ReplyDeleteTugas
Relevansi media ajar dengan kurikulum PAUD: 90
Kesesuaian media ajar dengan karakteristik AUD: 85
Kreativitas pembuatan media ajar: 90
UAS
Relevansi media ajar dengan kurikulum PAUD: 90
Kesesuaian media ajar dengan karakteristik AUD: 95
Kreativitas pembuatan media ajar: 100