Wednesday, June 6, 2018

UAS PEMBELAJARAN KOMPUTER_IMAN RIYANA_6A PGPAUD_1507335

UAS PEMBELAJARAN KOMPUTER_IMAN RIYANA_6A PGPAUD_1507335


1. Media Ajar Visual Untuk Anak Usia Dini


Link Media visual untuk AUD bisa diakses :


Poster ini berjudul 5 alat keselamatan saat mengendarai sepeda, juga merupakan salah satu bentuk media visual yang dapat dijadikan sebagai pembelajaran, poster ini berdasarkan konten yang ada di paud yaitu tema diriku dengan sub tema kesukaanku/kegemaranku (bersepeda) dengan rentan usia TK B (5-6 tahun). Poster ini buat selain untuk mengenalkan lima alat keselamatan bersepeda yang terdiri dari helm, baju olah raga, pelindung sikut, pelindung lutut dan sepatu, juga mengajarkan pada anak secara tidak langsung bagaimana cara melindungi, minimal untuk melindungi diri sendiri, yaitu dengan memperhatikan alat-alat yang harus dikenakan pada saat bersepeda agar meminimalisir terjadinya kecelakaan (terjatuh). Dan poster ini juga membantu pemikiran simbolis anak. Yaitu simbol-simbol yang seperti gambar helm, baju olah raga, pelindung sikut, pelindung lutut dan sepatu. Poster ini dibuat menggunakan aplikasi www.canva.com dengan kategori poster, membuat poster melalui aplikasi canva ini berbasis online, artinya harus selalu terhubung dengan koneksi internet yang baik, agar pada saat memilih ataupun mencari gambar yang di inginkan cepat.
            Salah satu alasan saya memilih konsep poster ini karena anak-anak yang berada di lingkungan rumah sering bermain sepeda, dan banyak juga anak yang jatuh disebabkan karena tidak mengenakan salah satu alat keselamatan bersepeda, minimal mengenakan salah satu alat yang dapat melindungi mereka dari bahaya jatuh saat bersepeda
            Kesan saat membuat project poster ini sangat ketagihan dan kesal sekali, ketagihan untuk terus mencari dan mencari gambar dari berbagai kategori, contohnya untuk memilih wallpaper dari poster ini membuat galaunya sampai 2 hari, karena semua wallpaper nya memiliki kualitas gambar yang bagus, serta designnya menarik dan unik, kesalnya konsep yang dbuat sudah jadi di kertas, namun pada saat membuka aplikasi canva ini seketika ingin mengubah konsep, karena semua yang dibutuhkan ada di canva, terutama dalam hal memilih wallpaper, warna, terutama fontnya sangat bervarian, sehingga suka tidak sesuai dengan ekspetasi, juga canva ini menurut saya salah satu aplikasi online berbasis teknologi salah satunya unuk membuat poster yang recomnded bagi pemula. Namun untuk membuat poster atau sejenisnya akan lama bagi pemula, karena lamanya dihabiskan dengan memilih gambar-gambar yang disediakan canva.

            Kesan mengikuti perkuliahan ini sangat dibuat penasaran setiap minggunya, pasalnya pasti selalu saja ada hal-hal yang unik disetiap pekannya, salah satunya www.canva.com yang sangat berkesan bagi saya, karena bisa membuat kita seolah-olah menjadi pembuat poster yang handal, juga tidak harus kursus, asalkan tahu konsepnya serta bisa mengkombinasikan setiap gambar-gambarnya.  Juga manfaat lain yang saya rasakan yaitu bisa sharing dengan teman-teman yang ada di lingkungan rumah terkait canva ini. Kemudian saya ingin mempelajari aplikasi canva ini lebih lanjut, mungkin secara otodidak.


2. Media Ajar Untuk Anak Usia Dini Berbasis Teknologi Digital

Mohon maaf Project UAS Media ajar untuk AUD punya Iman tidak bisa di upload ke Blog, karena ukurannya terlalu besar, namun project UAS nya sudah di emailkan ke Mis Finita Dewi. Tapi teman-teman bisa mengaksesnya di link berikut :
Project Uas mata kuliah pembelajaran komputer untuk anak usia dini saya membuat media ajar berbasis teknologi menggunakan power point, dengan judul mengenalkan binatang berdasarkan tempat tinggalnya, tempat tinggal binatang yang terdiri dari darat, laut, udara, dan kutub utara. Konten media ajar ini sesuai denga Paud, dengan tema binatang, dan sub tema binatang darat, binatang air, serta binatang bersayap dengan rentan usia untuk TK A (4-5 tahun). Media ajar ini diperuntukan untuk mengenalkan binatang pada anak berdasarkan tempat tinggalnya, yaitu ada binatang darat yang terdiri dari anjing, ayam, badak, keledai, dan kelinci, juga binatang laut yang terdiri dari lumba-lumba dan ikan, ada binatang udara (bersayap) yaitu burung, serta binatang kutub utara ada beruang kutub dan pinguin. Juga mengenalkan keaksaran, yaitu adanya huruf-huruf abjad yang ada di setiap gambar binatang
            Saya memilih media ajar ini tidak semena-mena bikin, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat pembuatannya, yaitu menjaga kekonsistenan kualitas gambar yang dipilih serta jenis visiual yang dipilih, juga tak lupa isi kontennya harus sesuai dengan anak usia dini. Dengan dibuatnya media ajar ini, minimal anak-anak bisa membedakan binatang berdarkan tempat tinggalnya, membedakan binatang darat, laut, udara, serta kutub utara 
            Project media ajar menggunakan power point ini menjadi keputusan terakhir saya, karena jika flashback sudah beberapa hari serta kali ganti konsep. Kesan membuat project ini penuh dengan rasa kebingungan dan kekonyolan. Kebingungan karena sudah beberapa kali ganti konsep, dari mulai ingin membuat vlog dongeng, canva sampai yang terakhir membuat media ajar ini, dan kekonyolan yang menurut saya memang sudah direncanakan oleh Alloh Swt ini sangat indah sekali, ditanggal 24-25 Mei saya mentargetkan konsep untuk project uas ini sudah ada, 30 Mei jam 21.00 WIB saya mendedline konsep project ini sudah beres, namun apalah daya, ketika dikostan jam 21.00WIB  bukan membuka lptop atau searching namun masih bingung dan bengong memikirkan konsep yang belum ada, kemudian saya tidur semoga pas bangun subuh ketika sahur inspirasi itu datang. Namun setelah sahur, konsep itupun masih belum ada juga. 31 Mei – 3 Juni saya mendedline agar project uas ini beres, namun masih juga memikirkan konsep yang belum ada, 5 Juni saya berangkat ke kampus jam 05.00 WIB naik bis, di bis saya tidak bisa tidur, terus dan terus memikirkan konsep yang akan dibuat, sampai mamang kondektur yang menagih uang bis, saya hiraukan kmeudian sampai di jawab “kela mang” (kepala nunduk dan mengangkat tangan kanan ke depan kondektur). Beberapa menit kemudian saya meminta maaf ke mamang kondektur tadi sambil ketawa seniri. Pukul 07.00 WIB saya sampai di terminal sambil menunggu ojeg online, dengan tujuan ke kostan. Sampailah di kostan dan beres-beres, kemudian berangkat ke kampus jam 08.00 WIB untuk mengikuti pembekalan KKN yang diaksanakan di salah satu Gd yang ada di UPI. Pukul 11.45 WIB pembekalan KKN sudah beres, dan kembali memikirkan konsep untuk project yang akan dibuat. OK fix saya akan membuat vlog dongeng, namun ada urusan terlebih dahulu ke bank, jd mencari buku ceritannya setelah beres dari bank. Pukul 14.00 WIB saya akan pergi mencari buku cerita di salah satu supermarket yang menyediakan buku cerita, sesampainnya di tempat buku cerita itu ternyata buku ceritannya bilingual atau dua bahasa dan halaman ceritannyapun snagat banyak.........(dalam hati berkata “hufffttt mamacetan papanasan”). Pada akhirnya saya tidak jadi membeli buku cerita itu, saya malah membeli lampion kecil untuk melengkapi DIY yang di buat dirumah. Sambil nunggu ojeg mau pulang ketemu teman dan menyapa “Hey belum balik, jdinya uas project apa?” Saya mejawab dan sedikit ingin menahan tawa..Hmm ga jadi buku cerita. Kemudian teman saya berbicara “Udah pulang aja kerumah, disana banyak mereun buka cerita”.....Terbelisit difikiran saya, yaudah saya akan pulang ke rumah naik kereta jam 15.45 WIB, langsung melihat jam, pukul 15.05 WIB (Gelisah, keringat bercucuran).....Langsung naik ojeg dan bergegas terlebih dahulu ke kostan, sampai dikostan saya mengurungkan niat untuk pulang kerumah, entahlah apa penyebabnya yang pasti bakalan ketinggalan kereta, belum macet segala macamnya..15.30 WIB niat untuk pulang kembali ada, bergegas sangat rusuh sekali langsung pesan ojeg online..berarti saya punya waktu 15 menit ke stasiun dari kostan, dan Alhamdulillah di stasiun langsung memesan karcis.....Perjalanan KA yang sangat lama, saya berniat untuk kembali mnecari konsep, ya syukur-syukur pas pulang ke rumah tugas uas ini sudah beres, tapi diluar dugaan..begitu saya duduk di kursi KA saya bertemu dengan kaka tingkat dari situ awal pembicaraan sampai pualng kerumah berbincang-bincang...entahlah niat awal yang tadinya akan mengerjakan tugas uas itu tidak jadi...Sampai dirumah pukul 20.00 WIB saya langsung mendapatkan konsep untuk uas project ini, karena pada dasarnya inspirasi itu datang ketika hal yang tidak terduga, justru jika mencari insprirasi dipaksanakan, akan semakin bingung...Itulah yang saya rasakan.




1 comment:

  1. Refleksi: 95

    Tugas
    Relevansi media ajar dengan kurikulum PAUD: 90
    Kesesuaian media ajar dengan karakteristik AUD: 85
    Kreativitas pembuatan media ajar: 90

    UAS
    Relevansi media ajar dengan kurikulum PAUD: 90
    Kesesuaian media ajar dengan karakteristik AUD: 95
    Kreativitas pembuatan media ajar: 100

    ReplyDelete